Profil & Biografi J.K Rowling

Loading...

Joanne Rowling, CH, OBE, FRSL atau lebih dikenal dengan nama pena JK Rowling dan Robert Galbraith, adalah seorang novelis Inggris, produser film, televisi, dan penulis skenario. Ia paling dikenal sebagai Penulis seri fantasi Harry Potter. Buku-buku tersebut mendapat perhatian dunia, mendapat banyak penghargaan, dan terjual lebih dari 400 juta kopi. Mereka telah menjadi seri buku terlaris dalam sejarah dan menjadi dasar serangkaian film, di mana J.K Rowling secara keseluruhan menyetujui naskah dan menjadi produser film terakhir dalam serial ini.

Biografi J.K Rowling 1

J.K Rowling lahir pada tanggal 31 Juli 1965 di Yate, Gloucestershire, Inggris. Ia bekerja sebagai peneliti dan sekretaris bilingual untuk Amnesty International ketika dia memikirkan gagasan untuk seri Harry Potter saat berada di kereta tertunda dari Manchester ke London pada tahun 1990. Setelah 7 tahun berlalu, J.K Rowling melihat kematian ibunya, kelahiran anak pertamanya, perceraian dari suami pertamanya dan merasakan kemiskinan sampai dia menyelesaikan novel pertama dalam serial ini, “Harry Potter and the Philosopher’s Stone” pada tahun 1997.

Kemudian, ada enam sekuel berikutnya dan yang terakhir yaitu “Harry Potter and the Deathly Hallows” tahun 2007. Dari seri pertama sampai terakhir, pemeran Harry Potter masih diperankan oleh Daniel Radcliffe. Bukan hanya itu, Rowling juga telah menulis empat buku untuk pembaca dewasa seperti “The Casual Vacancy” (2012) dan-dengan nama samaran Robert Galbraith, novel fiksi kejahatan “The Cuckoo’s Calling” (2013), “The Silkworm” (2014) dan “Career of Evil” (2015).

Biografi J.K Rowling 2

Bisa dikatakan jika J.K Rowling telah menjalani kisah hidup “rags to riches”, di mana dia berjuang untuk hidup dengan memanfaatkan biaya dari negara terhadap status multi-jutawan dalam lima tahun. Tetapi berkat kepandaiannya menulis novel, ia menjadi penulis buku terlaris Inggris, dengan penjualan melebihi £ 238 juta. The 2016 Sunday Times Rich List memperkirakan kekayaan Rowling sebesar £600 juta, menempatkannya sebagai orang terkaya nomor dua di Inggris.

Majalah Time menamai J.K Rowling sebagai runner-up untuk Person of the Year tahun 2007, nominasi untuk inspirasi sosial, moral, dan politik yang telah diberikannya kepada penggemarnya. Pada bulan Oktober 2010, ia juga dinobatkan sebagai “Wanita Paling Berpengaruh di Inggris” oleh editor majalah terkemuka. Selain itu, wanita berumur 51 tahun ini pun mendukung kegiatan amal termasuk Comic Relief, One Parent Families, Multiple Sclerosis Society of Great Britain dan Lumos (sebelumnya the Children’s High Level Group).

Biografi J.K Rowling 3

J.K Rowling telah menerima gelar kehormatan dari Universitas St Andrews, Universitas Edinburgh, Universitas Napier Edinburgh, Universitas Exeter, Universitas Aberdeen dan Harvard University, untuk saat dia berbicara di Upacara permulaan 2008. Pada tahun 2009, Rowling dinobatkan menjadi Chevalier de la Légion d’honneur oleh Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy. Dia juga ditunjuk sebagai Anggota Ordo Sahabat Kehormatan (CH) dalam “the 2017 Birthday Honours” untuk layanan literatur dan filantropi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 3 =