Profil & Biografi Luis Fonsi

Loading...

Luis Alfonso Rodríguez López-Cepero atau lebih dikenal dengan nama panggungnya Luis Fonsi, adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan aktor asal Puerto Rico. Namanya kian terkenal lantaran lagu yang dinyanyikannya menjadi hit dengan judul “Despacito”. Lagu tersebut semakin populer karena di remake ulang oleh Justin Bieber yang berkolaborasi dengan Luis Fonsi dan Daddy Yankee.

Biografi Luis Fonsi 1

Luis Fonsi lahir pada tanggal 15 April 1978 di San Juan, Puerto Riko dan merupakan anak tertua dari Alfonso Rodríguez dan Delia “Tata” López-Cepero. Dia juga memiliki tiga adik yaitu Jean Rodríguez, yang juga adalah seorang penyanyi, Tatiana Rodríguez dan Ramon do Salotti.

Sejak anak-anak, Luis Fonsi sudah menunjukkan tanda-tanda minatnya pada dunia musik sehingga ia bertekad untuk mengarahkan hidupnya ke industri musik. Bahkan, saat kecil dulu dia sering meniru bintang dari kelompok populer Menudo, dan bergabung dengan San Juan Children’s Choir.

Setelah tinggal di daratan Amerika Serikat selama satu bulan, Luis Fonsi mulai berbicara bahasa Inggris tanpa sedikit pun aksen dari negara asalnya. Dia lalu masuk ke Dr. Phillips High School, dan berpartisipasi dalam sebuah kelompok yang disebut “Big Guys”. Mereka bernyanyi di pesta sekolah dan festival lokal. Salah satu anggota kelompok tersebut, Joey Fatone , kemudian bergabung dengan NSYNC .

Biografi Luis Fonsi 2

Setelah lulus menengah atas, pada tahun 1995, Luis Fonsi mendaftarkan diri di Florida State University untuk belajar musik. Ia juga bergabung dengan paduan suara sekolah dan bernyanyi bersama City of Birmingham Symphony Orchestra.

Karena musik adalah bagian penting dalam hidupnya, Fonsi akhirnya bersekolah di Florida State University School of Music dengan beasiswa penuh, jurusan Vocal Performance. Ia juga bergabung dengan paduan suara universitas, yang membiarkannya melakukan perjalanan dan tampil di seluruh dunia, dan merekam rekaman demo di Miami. Sejak itu, ia ditawari kontrak rekaman oleh Universal Music Latin.

Pada tahun 1998, Luis Fonsi berhasil merekam album debutnya, “Comenzaré (I Will Begin)”. Rekor tersebut menempati nomor 11 di tangga lagu Billboard ‘s Top Latin Albums dan memuat single “Si Tú Quisieras,” “Perdoname,” “Dime Como,” dan “Me Iré”. Lagu berjudul ‘Comenzaré’ menjadi hit instan di Puerto Riko dan seluruh Amerika Latin sehingga Luis Fonsi menaklukkan pasar seperti Kolombia, Republik Dominika, El Salvador, Meksiko, dan Venezuela.

Biografi Luis Fonsi 3

Karya selanjutnya dari Luis Fonsi yaitu pada tahun 2000, “Eterno”, bahkan lebih berhasil. Setelah itu juga, ia juga merekam duet dengan Christina Aguilera untuk album bahasa Spanyolnya 2000, “Mi Reflejo”. Pada tanggal 1 Mei 2000, Luis Fonsi tampil di Great Jubilee Concert untuk Dunia Bebas Hutang, sebuah konser outdoor di Roma, yang dihadiri oleh Pope John Paul II. Di tahun yang sama pula, Ednita Nazario memenangkan Grammy Award Latin untuk sebuah lagu yang disusun oleh Luis Fonsi sendiri. Ia juga tampil bersama artis lain di Gedung Putih untuk menghormati korban serangan 11 September.

Pada bulan Januari 2017, ” Despacito ” yang menampilkan Luis Fonsi feat Daddy Yankee dipromosikan dan dirilis. Video musik tersebut telah mencapai dua miliar penayangan di YouTube, dengan lagunya menjadi nomor satu di hampir setiap chart Billboard Latin.

Pada bulan April 2017, lagu tersebut diberi remix Inggris yang menampilkan penyanyi Kanada Justin Bieber. Remix yang menampilkan Bieber mencapai nomor satu di Billboard Hot 100 AS untuk pekan yang berakhir 27 Mei 2017, menjadi perolehan puncak nomor satu pertama untuk Luis Fonsi dan Yankee di chart, dan peringkat ke lima dari Justin Bieber.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + five =