Profil & Biografi Yao Chen

Loading...

Yao Chen merupakan seorang aktris dan filantropi asal Tiongkok. Pada tahun 2014, majalah Time menunjuk Yao Chen sebagai salah satu orang paling berpengaruh dalam daftar ‘Time 100’ mereka. Pada tahun 2014, dia terdaftar sebagai wanita powerful ke nomor 83 di dunia oleh Forbes. Bahkan media Amerika menamainya “China’s answer to Angelina Jolie” yang berarti Angelina Jolie dari China.

Biografi Yao Chen 1

Lahir pada tanggal 5 Oktober 1979 di Quanzhou, Provinsi Fujian, China, Yao Chen memulai karirnya dengan membintangi sebagai putri seorang seniman bela diri yang tangguh di sebuah produksi televisi “My Own Swordsman” tahun 2005. Serial ini sangat populer dan melejit untuk terkenal di China. Setelah itu, pada tahun 2008, dia berperan sebagai pemimpin gerilyawan ikonik di seri “Lurk”. Drama mata-mata ini menjadi hit besar di China sehingga Yao Chen memenangkan penghargaan Aktris Terbaik di Huading Awards dan Golden Eagle Award.

Pada tahun 2009, Yao Chen membuat debut teatrikalnya dengan memerankan sosok pahlawan wanita kerah putih dalam “A Story of Lala’s Promotion”. Dia juga memiliki peran pendukung dalam film komedi romantis “Sophie’s Revenge” yang dibintangi oleh Zhang Ziyi. Dalam perpindahan dari gayanya yang biasa, penggambaran Yao tentang wanita perampok uang mendapat pujian dari penonton.

Biografi Yao Chen 2

Yao Chen kemudian membintangi komedi romantis “Color Me Love”. Perannya sebagai editor majalah mode yang sukses. Film ini adalah salah satu peran filmnya yang paling terkenal. Pada tahun yang sama, ia juga membintangi Feng Xiaogang ‘s “If You Are the One 2”. Kemudian, Yao membintangi drama sosial Chen Kaige yang berjudul “Caught in the Web” (2012), berperan sebagai jurnalis yang mencari kebenaran. Tahun berikutnya, Yao membintangi bersama Andy Lau dalam film thriller aksi “Firestorm”.

Film-film terbaru yang diperankan oleh Yao Chen adalah film blockbuster “Monster Hunt” (2015), “Chronicles of the Ghostly Tribe” (2015), dan “Journey to the West 2” (2017). Ia juga dinominasikan sebagai Aktris Pendukung Terbaik di Penghargaan Seratus Bunga untuk penampilannya di Monster Hunt. Bahkan, dia telah membintangi “MBA Partners” dan berperan sebagai wanita muda yang ambisius.

Biografi Yao Chen 3

Yao Chen dinobatkan sebagai Patron Kehormatan UNHCR untuk China dan telah mengunjungi pengungsi di tempat-tempat seperti Filipina, Thailand, Somalia, Sudan dan Ethiopia. Jumlah pengikut microblogging selama kunjungan ini meningkat secara dramatis, karena berkat komunikasiya yang tulus, tak kenal takut dan keterlibatan jujurnya dengan kejadian dunia saat ini. Pada tahun 2013, Yao Chen ditunjuk sebagai duta besar goodwill UNHCR pertama di China.

Bukan hanya itu, Yao Chen termasuk di antara orang-orang yang menjadi penerima penghargaan Crystal Award 2016 atas karyanya untuk nama badan pengungsi PBB dalam meningkatkan kesadaran akan krisis pengungsi dunia. Pada tahun yang sama, dia juga terpilih sebagai salah satu “Young Global Leaders” pada tahun 2016 oleh World Economic Forum. Yao Chen pula telah dianugerahi Penghargaan Pengaruh Terbaik pada ajang “You Bring Charm” World award ceremony.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =