Profil & Biografi Michael Bay

Loading...

Michael Benjamin Bay yang lahir pada tanggal 17 Februari 1965 di California ini adalah seorang pembuat film Amerika yang dikenal karena mengarahkan dan memproduksi film aksi dengan anggaran besar yang ditandai dengan pemotongan cepat, visual gaya dan penggunaan efek khusus yang ekstensif, termasuk penggambaran ledakan yang sering terjadi. Film terbaru hasil garapannya yaitu Transformer: The Last Knight, yang masih diperankan oleh Mark Wahlberg, Isabela Moner, dan Josh Duhamel.

Biografi Michael Bay 1

Film yang telah diproduksi dan disutradarai oleh Michael Bay, termasuk Armageddon (1998), Pearl Harbor (2001) dan seri film Transformers (2007-sekarang), yang telah menghasilkan pendapatan kotor lebih dari 7,8 miliar dolar di seluruh dunia. Ia adalah salah satu pendiri rumah produksi komersial The Institute, alias The Institute for the Development of Enhanced Perceptual Awareness.

Pada tahun 2007, Michael Bay mengarahkan kemampuannya dan bekerja sama dengan Steven Spielberg untuk memproduksi film “Transformers”. Film ini dirilis di Amerika Serikat dan Kanada pada tanggal 3 Juli 2007 dan berhasil menghasilkan $8,8 juta hanya untuk perilisan trailernya saja. Bahkan pada hari pertama peluncuran umum, Bay telah menghasilkan uang sebesar $ 27,8 juta, sebuah rekor untuk kehadiran box office terbaru.

Biografi Michael Bay 2

Michael Bay kembali menjadi sutradara dan produser eksekutif dari film “Transformers: Revenge of the Fallen”, yang dirilis pada 24 Juni 2009 dan menghasilkan pendapatan kotor di atas $832 juta di seluruh dunia. Meskipun mendapatkan banyak ulasan negatif oleh para kritikus, termasuk ulasan kritis oleh kritikus film Amerika seperti Roger Ebert, Michael Phillips dan David Denby, film ini diterima dengan baik oleh khalayak ramai dan justru menjadi salah satu film terlaris tahun 2009.

Pada tahun 2010, Michael Bay mendapatkan tujuh nominasi Golden Raspberry Award dan memenangkan tiga penghargaan yaitu Gambar Terburuk, Sutradara Terburuk dan Skenario Terburuk. Namun penghargaan “terburuk” itu malah mendapatkan rekor penjualan DVD dan Blu-ray Disc terlaris padatahun 2009, yang kedua setelah “Twilight” dalam format DVD dan nomor satu sepanjang masa dalam format Blu-ray sampai dilampaui oleh penjualan Blu-ray dari film “Avatar” karya James Cameron pada bulan April 2010.

Biografi Michael Bay 3

Kemudian, di tanggal 13 Februari 2012, Paramount Pictures mengumumkan bahwa Michael Bay akan memproduksi dan mengarahkan film Transformers seri keempat. Setelah usai, sekuel keempat tersebut berjudul “Transformers: Age of Extinction” yang dirilis pada bulan Juni 2014. Dibintangi oleh Mark Wahlberg, film ini kemudian menghasilkan $1,1 miliar di box office global.

Setelah kesuksesannya itu, Paramount Pictures kembali merilis film berjudul “13 Hours”, yang diproduksi oleh Michael Bay. Ia mengarahkan film tersebut berdasarkan pada sebuah kisah nyata dan mengikuti enam anggota tim keamanan yang berjuang untuk mempertahankan senyawa diplomatik Amerika di Benghazi, Libya. Saat menjadi film terlaris di box office selama karir Bay, film ini menghasilkan penjualan DVD secara besar-besaran pada rilis digitalnya pada bulan Mei 2016, menghasilkan pendapatan video rumahan lebih dari $ 40 juta.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 5 =