Profil & Biografi BlackPink

Loading...

BLACKPINK atau BLΛƆKPIИK, adalah girlband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment dan grup gadis pertama yang memulai debutnya di bawah agensi tersebut sejak tujuh tahun setelah 2NE1. Kelompok ini terdiri dari empat anggota yaitu Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rosé. Mereka secara resmi memulai debutnya pada 8 Agustus 2016 dengan single album Square One.

Biografi BlackPink 1

Pada tanggal 22 Juni 2017 lalu, BlackPink merilis sebuah single digital baru berjudul “As If It’s Your Last”. Lagu itu digambarkan sebagai “genre campuran musik house, reggae dan moombahton”, sebuah perubahan suara dari rilis mereka sebelumnya. Dalam 17 jam setelah rilis, video musik untuk “As If It’s Your Last” memperoleh lebih dari 11 juta penayangan di YouTube.

Perolehan ini menjadikannya sebagai video musik tercepat yang melebihi 10 juta penayangan oleh grup K-pop, yang memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh BTS untuk single “Not Today” dari 10 juta penayangan dalam waktu 21 jam. Selanjutnya, video musik tersebut menjadi video online kedua yang paling banyak dilihat dalam 24 jam pertama dengan lebih dari 13,3 juta tayangan dalam waktu 24 jam setelah rilis, yang kedua setelah PSY, “Gentleman”.

Biografi BlackPink 2

BlackPink menjadi grup wanita pertama yang memulai debutnya di bawah YG Entertainment dalam tujuh tahun setelah 2NE1, dengan album perdana mereka bertajuk Square One yang dirilis pada 8 Agustus 2016. Judul lagu pertama, “Whistle”, lagu hip hop yang diproduksi oleh Teddy Park dan Future Bounce dan ditulis oleh Teddy Park, iKon B.I, dan Bekuh BOOM. Judul lagu kedua, “Boombayah”, diproduksi oleh Teddy Park dan ditulis oleh Bekuh BOOM.

Dua judul lagu tersebut berhasil menempati nomor satu dan dua di chart Billboard World Digital Songs, dan BlackPink sejauh ini merupakan tindakan tercepat untuk melakukannya dan artis atau grup Korea ketiga memegang dua posisi teratas setelah PSY and Big Bang. “Whistle” menduduki puncak tangga lagu digital, download, streaming, dan mobile di Gaon pada bulan Agustus 2016. Mereka juga mencapai nomor satu di mingguan, popularitas, video musik, dan bagan musik musik K-pop dari situs streaming musik terbesar China QQ Music.

Biografi BlackPink 3

Penampilan pertunjukan musik BlackPink yang pertama ditayangkan pada tanggal 14 Agustus 2016 di SBS Inkigayo. Mereka memenangkan tempat pertama di Inkigayo 13 hari setelah debut mereka, dan memecahkan rekor untuk waktu terpendek bagi girlband untuk memenangkan program musik setelah debut. Mereka membungkus promosi mereka untuk Square One pada 11 September 2016 dengan kemenangan lain di Inkigayo.

BlackPink merilis single kedua mereka dalam album Square Two dengan single utama “Playing with Fire” dan “Stay” pada tanggal 1 November 2016. Lagu-lagunya diproduksi oleh Teddy Park bersama R.Tee dan Seo Won Jin. Mereka tampil di panggung comeback mereka di Inkigayo pada tanggal 6 November dan di Mnet’s M Countdown pada tanggal 10 November 2016. “Playing with Fire” adalah single kedua mereka yang menduduki nomor satu di chart Billboard World Digital Songs. Di Korea Selatan, lagu ini juga memuncak di nomor tiga sementara “Stay” berhasil mencapai tempat ke-10.

Tahun debut BlackPink berhasil mendapatkan beberapa penghargaan untuk Best New Artist of the Year di acara penghargaan besar Korea, termasuk Melon Music Awards, The Golden Disc Awards dan di Seoul Music Awards. Selain itu, Billboard menamai mereka grup K-pop terbaik kedua tahun 2016.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 5 =