Profil & Biografi CL

Loading...

Lee Chaerin atau lebih dikenal dengan nama panggungnya CL, adalah rapper, penyanyi dan penulis lagu asal Korea Selatan. Lahir di Seoul, Korea Selatan, dia menghabiskan sebagian besar masa mudanya di Jepang dan Prancis. Dia dilatih agensi JYP Entertainment sebelum bergabung dengan YG Entertainment, dan menjadi Leader dari girlband bernama 2NE1. Namun sayangnya, 2NE1 harus bubar pada tahun 2016 lalu. Setelah itu, CL menjadi penyanyi solo yang aktif manggung di Korea Selatan dan Amerika.

Biografi CL 1

Lee Chaerin lahir pada tanggal 26 Februari 2017 di Seoul, Korea Selatan. Ia memakai nama panggung ‘CL’ dan ditempatkan sebagai pemimpin dan lead rapper 2NE1, di samping Bom, Sandara Park dan Minzy. Kelompok ini kemudian berkolaborasi dengan label-mate Big Bang untuk lagu “Lollipop” sebelum secara resmi memulai debutnya di SBS’s The Music Trend pada tanggal 17 Mei 2009 di mana mereka menampilkan “Fire”.

Girlband tersebut meraih kesuksesan yang signifikan dengan single berjudul “I Do not Care” dari permainan perpanjangan pertama mereka, 2NE1, yang memenangkan penghargaan “Song of the Year” di Mnet Asian Music Awards 2009, yang menjadikannya sebagai rookie pertama. Grup ini juga memenangkan penghargaan daesang di tahun debut yang sama.

Biografi CL 2

Pada bulan Agustus 2009, CL berkolaborasi dengan label-mate G-Dragon dan Teddy Park dari 1TYM untuk single “The Leaders”, tampil di album solo G-Dragon yang pertama, Heartbreaker. Pada bulan yang sama, setelah 2NE1 selesai dengan promosi “I Do not Care”, CL berkolaborasi dengan sesama member Minzy untuk lagu “Please Do not Go,” yang berhasil berada pada nomor enam di Gaon Chart pada akhir November.

Single solo CL yang pertama berjudul “The Baddest Female”, dirilis pada tanggal 28 Mei 2013. Untuk album kedua 2NE1 Crush, CL menulis lirik dan menggabungkan musik untuk lagu “Crush”, “If I Were You”, dan “Baby I Miss You”. Dia juga melakukan lirik untuk lagu solo “MTBD”, serta lagu “Scream”.

Biografi CL 3

Pada bulan Oktober 2014, diumumkan bahwa CL berencana untuk debut sebagai artis solo pada tahun berikutnya di Amerika Serikat, bekerja sama dengan Scooter Braun sebagai manajernya. Pada bulan Mei 2015, CL tampil di single Diplo berjudul “Doctor Pepper”, bersama Riff Raff dan OG Maco. Pada bulan November 2015, CL merilis single pertamanya “Hello Bitches”, sebagai teaser untuk single utama dalam EP miliknya yaitu Lifted.

Single utama, “Lifted” dirilis pada 19 Agustus 2016. Lagu tersebut muncul di 30 lagu iTunes ‘Hip-Hop/Rap teratas dalam tiga jam setelah dirilis, memuncak pada nomor 21. Banyak pihak mengatakan bahwa CL adalah wanita sebagai “masa depan Kpop di Amerika”. Pada tanggal 29 Oktober 2016, dia memulai tur pertamanya di Amerika Utara, tur Hello Bi+ches 2016, di Hammerstein Ballroom di New York City, dan berakhir di Toronto pada tanggal 14 November 2016.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =