Profil & Biografi John Mayer

Loading...

John Clayton Mayer lahir pada tanggal 16 Oktober 1977 di Bridgeport, Connecticut, U.S. Ia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika, gitaris, dan produser. Ia menghadiri Berklee College of Music di Boston, namun kemudian pindah ke Atlanta pada tahun 1997 dengan Clay Cook. Bersama-sama, mereka membentuk band two-man yang disebut Lo-Fi Masters. Setelah mereka bubar, John Mayer terus menyanyi sebagai penyanyi solo.

Biografi John Mayer 1

Setelah penampilannya di South Southwest by Southwest Festival 2001, ia lalu menandatangani kontrak ke Aware Records, dan kemudian Columbia Records, yang merilis EP pertamanya, “Inside Wants Out”. Setelah itu, John Mayer merilis dua album penuhnya yaitu “Room for Squares” (2001) dan “Heavier Things” (2003). Keduanya memiliki respon yang baik secara komersial, hingga mencapai multi-platinum. Pada tahun 2003, ia memenangkan Grammy Award untuk Best Male Pop Vocal Performance untuk single “Your Body Is a Wonderland”.

Meski John Mayer memulai karirnya terutama melakukan akustik rock, ia mulai bergerak menuju genre blues yang pada awalnya memengaruhinya sebagai musisi. Pada tahun 2005, ia berkolaborasi dengan artis blues seperti B. B. King, Buddy Guy, dan Eric Clapton. Karena itulah, mantan kekasih Katy Perry ini merilis sebuah album live di tahun 2005 yang berjudul “Try !”, dan album studio ketiganya bertajuk “Continuum” di tahun 2006. Kedua album mendapat pujian kritis yang baik, dan albumnya “Continuum” meraih Grammy Award 2007 untuk Best Pop Vocal Album. Dia juga memenangkan Best Male Pop Vocal Performance untuk “Waiting on the World to Change”.

Biografi John Mayer 2

Setelah mengalami beberapa insiden kontroversial dengan media, John Mayer menarik diri dari kehidupan publik pada tahun 2010 dan mulai mengerjakan sebuah album tindak lanjut, yang disebut “Born and Raised”, yang terinspirasi dari musik pop tahun 1970-an Laurel Canyon. Namun, ternyata gangguan granuloma muncul pada pita suaranya sehingga menunda peluncuran album tersebut sampai Mei 2012, dan akhirnya memaksanya membatalkan tur yang direncanakan. Meski begitu, album ini cukup mendapatkan respon yang baik, walaupun kurang sukses secara komersil dibandingkan karya sebelumnya.

Biografi John Mayer 3

Setelah perawatan ekstensif untuk masalah vokalnya, Mayer mulai tampil sebagai penyanyi lagi pada Januari 2013, dan tahun itu ia merilis album “Paradise Valley”. Album ini dinamai dari tempat tinggalnya di Montana dan menampilkan pengaruh musik country. Pada tahun 2014, ia telah menjual lebih dari 20 juta album di seluruh dunia. Setelah mengembangkan minat pada Grateful Dead yang berhubungan dengan Bob Weir, Mayer membentuk Dead & Company dengan tiga mantan musisi Grateful Dead. Pertunjukan band ini telah diterima dengan baik, dengan tur di tahun 2015, 2016, dan 2017.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 2 =