Profil & Biografi Yao Ming

Loading...

Yao Ming adalah seorang pensiunan profesional bola basket profesional yang bermain untuk Shanghai Sharks dari Chinese Basketball Association (CBA) dan Houston Rockets of National Basketball Association (NBA). Dia terpilih untuk memulai Konferensi Barat di NBA All-Star Game delapan kali, dan Tim All-NBA sebanyak lima kali. Pada saat musim terakhirnya, dia adalah pemain aktif tertinggi di NBA, yaitu setinggi 2,29 m. Dia juga satu-satunya pemain yang berasal dari luar Amerika Serikat untuk memimpin NBA dalam pemungutan suara All-Star.

Biografi Yao Ming 1

Pemain sekelas Lamar Odom ini lahir di Shanghai, China, tanggal 12 September 1980. Ia mulai bermain untuk Shanghai Sharks sejak remaja, dan bermain di tim senior mereka selama lima tahun di Chinese Basketball Association (CBA), yang memenangkan sebuah kejuaraan di tahun terakhirnya. Setelah melakukan negosiasi dengan CBA dan Sharks untuk membebaskannya, Yao kemudian dipilih oleh Houston Rockets sebagai anggota baru dalam draft NBA 2002.

Dia mencapai NBA Playoffs sebanyak empat kali, sehingga Rockets memenangkan seri putaran pertama di postseason 2009, sejak kemenangan playoff seri pertama mereka sejak 1997. Pada bulan Juli 2011, Yao mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia bola basket profesional karena serangkaian cedera kaki dan pergelangan kaki yang memaksanya melewatkan 250 pertandingan dalam enam musim terakhirnya. Dalam delapan musim dengan Rockets, Yao menempati urutan keenam di antara pemimpin franchise dalam total poin dan jumlah rebound, dan kedua di blok total.

Biografi Yao Ming 2

Yao Ming adalah salah satu atlet China yang paling terkenal, dengan sponsor beberapa perusahaan besar. Tahun rookie-nya di NBA, ia sudah menjadi subyek sebuah film dokumenter, “The Year of the Yao”, dan dia juga ikut menulis, bersama dengan analis NBA Ric Bucher, dalam sebuah otobiografi berjudul “Yao: A Life in Two Worlds”.

Awal mula Yao Ming terjun ke industri bola basket adalah saat ia pertama kali mencoba tim junior Sharks Shanghai dari Chinese Basketball Association (CBA) saat ia berusia 13 tahun, dan berlatih sepuluh jam sehari untuk penerimaannya. Setelah bermain dengan tim junior selama 4 tahun, Yao akhirnya dapat bergabung dengan tim senior Sharks, di mana ia mengumpulkan rata-rata 10 poin dan 8 rebound dalam permainan di musim rookie-nya.

Biografi Yao Ming 3

Namun sayang, musim berikutnya harus terputus saat Yao Ming tidak sengaja mematahkan kakinya untuk kedua kalinya dalam karirnya, yang menurut Yao pasti menurunkan kemampuan lompatannya sampai 15 cm sehingga pada tanggal 20 Juli 2011, Yao mengumumkan pengunduran dirinya dari bola basket dalam sebuah konferensi pers di Shanghai. Dia juga menyebutkan adanya luka pada kaki dan pergelangan kakinya, termasuk patah ketiga pada kaki kirinya yang bertahan menjelang akhir 2010.

Kabar pensiunnya itu memicu lebih dari 1,2 juta komentar di situs jejaring sosial China, Weibo. Bereaksi terhadap masa pensiun Yao, komisaris NBA, David Stern, mengatakan bahwa Yao adalah “jembatan antara penggemar China dan Amerika” dan bahwa dia memiliki “campuran bakat, dedikasi, aspirasi kemanusiaan dan rasa humor yang luar biasa.”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 17 =