Profil & Biografi Zhou Qunfei

Loading...

Salah satu tokoh di bidang teknologi yang patut diteladani adalah Zhou Qunfei. Berawal dari pekerja buruh pabrik, kerja keras yang ia geluti akhirnya membuat Zhou menjadi wanita terkaya di dunia menurut majalah Forbes. Saat ini hartanya diestimasi mencapai USD 9,4 milyar berkat perusahaan Lens Technology yang Zhou rintis. Apabila Anda memakai ponsel besutan Steve Jobs (Apple), ada kemungkinan layar touchscreennya ialah buatan perusahaan itu.

Biografi Zhou Qunfei 1

Zhou Qunfei lahir sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara pada tahun 1970, dari keluarga miskin di Xiangxiang, provinsi Hunan, China. Sebelum dia lahir, ayahnya, mantan tentara, menjadi buta sebagian dan kehilangan satu jarinya dalam sebuah kecelakaan industri pada tahun 1960-an. Sebagai pengrajin terampil, dia membantu ekonomi keluarga tersebut dengan membuat keranjang dan kursi bambu dan memperbaiki sepeda.

Meskipun Zhou Qunfei satu-satunya dari saudara kandungnya yang bersekolah di sekolah menengah, pada akhirnya dia memutuskan berhenti saat usianya ke-16 dan pindah dengan keluarga pamannya untuk menjadi pekerja migran di Shenzhen, zona ekonomi khusus di provinsi Guangdong.

Di Shenzhen, Zhou Qunfei dengan sengaja memilih untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang berada dekat Universitas Shenzhen, jadi dia bisa mengikuti kursus paruh waktu di universitas. Dia belajar banyak mata pelajaran dan lulus ujian untuk mendapatkan sertifikasi akuntansi, operasi komputer, pemrosesan customs, dan bahkan mendapat lisensi untuk mengendarai kendaraan komersial. Penyesalan terbesarnya adalah karena ia tidak belajar bahasa Inggris.

Biografi Zhou Qunfei 2

Meskipun ia bermimpi menjadi perancang busana, Zhou mendapat pekerjaan untuk sebuah perusahaan keluarga kecil yang membuat jam tangan sekitar 180 yuan per bulan. Karena tidak puas dengan kondisi kerja, dia memutuskan untuk berhenti setelah tiga bulan dan mengajukan surat pengunduran diri yang menjelaskan alasannya, namun mengungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan kerja tersebut.

Saat Zhou Qunfei berusia 22 tahun, ia pun nekat mendirikan perusahaannya sendiri pada tahun 1993 dengan tabungannya sebesar HK $20.000. Itu pun karena sepupunya yang mendorongnya untuk memulai bisnis sendiri, sehingga perusahaan tersebut hanya mencakup saudara laki-laki, saudara perempuan, pasangan mereka, dan dua sepupu mereka yang bekerja di sebuah apartemen dengan tiga kamar tidur.

Perusahaan itu menjanjikan lensa menonton yang berkualitas lebih tinggi kepada konsumen. Di sini, Zhang mengambil alih kendali dan melibatkan dirinya di semua bagian perusahaan, termasuk memperbaiki dan menciptakan disain mesin pabrik yang lebih baik. Pada tahun 2001, kemajuan pesat dialami oleh perusahaannya karena memenangkan kontrak yang menguntungkan dalam membuat layar ponsel untuk raksasa elektronik China TCL Corporation.

Biografi Zhou Qunfei 3

Setelah itu, Zhou Qunfei mulai pembuat layar sentuh bertajuk Lens Technology pada tahun 2003 dan perusahaan tersebut segera menerima pesanan dari perusahaan ponsel lainnya seperti HTC, Nokia, dan Samsung Electronics. Setelah memproduksi layar sentuh untuk iPhone Apple sepanjang pasar 2007, Lens berkembang menjadi developer industri yang dominan. Saat ini, Lens Technology masih memasok layar sentuh ke pembuat elektronik terkemuka seperti Apple, Samsung, dan Huawei, bahkan menerima hampir 75% pendapatannya dari Apple dan Samsung.

Pada bulan April 2015, perusahaan Zhou Qunfei ini mempekerjakan sekitar 60.000 orang, diperkirakan akan menghasilkan lebih dari satu miliar layar kaca, dan memiliki 32 lokasi pabrik yang berbeda. Di tahun yang sama, ulang tahun ke 22 berdirinya start up pertamanya itu mulai berdagang di pasar saham ChiNext di Bursa Efek Shenzhen. Harga saham perusahaan naik dengan batas harian pasar sebesar 44% pada hari pertama dan 10% di hari berikutnya selama 13 hari berturut-turut antara 19 Maret dan 2 April. Karena itulah IPO Lens Technology menjadi perusahaan terbesar di China pada kuartal pertama 2015.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 3 =