Profil & Biografi Enrique Peña Nieto

Loading...

Enrique Peña Nieto adalah seorang politikus Meksiko yang menjabat sebagai Presiden Meksiko ke-57 saat ini. Dididik sebagai pengacara, Peña Nieto pernah menjabat sebagai Sekretaris Administrasi untuk Negara Bagian Meksiko (2000-2002), sebagai Perwakilan Distrik ke-13 Negara Bagian Meksiko (2003-2004), dan sebagai Gubernur Negara Bagian (2005-2011) sebelum menjadi Presiden. Ia termasuk peserta G20 dan hadir dalam KTT G20 Hamburg 2017 yang diselenggarakan tanggal 7-8 Juli 2017. Dalam sesi foto bersama para petinggi negara lainnya, Enrique Peña Nieto berdiri di samping Joko Widodo.

Biografi Enrique Peña Nieto 1

Dia terpilih menjadi Presiden pada tanggal 1 Juli 2012, memenangkan 39% suara dan mengembalikan Partai Revolusioner Institusional (PRI) untuk berkuasa setelah absen dua belas tahun. PRI telah mengatur Meksiko tanpa gangguan selama 71 tahun sampai dikalahkan oleh Partai Aksi Nasional (PAN) pada tahun 2000.

Enrique Peña Nieto lahir pada tanggal 20 Juli 1966 di Atlacomulco, Negara Bagian Meksiko, sebuah kota 55 mil (89 km) barat laut Mexico City. Dia adalah anak tertua dari empat bersaudara. Ayahnya, Gilberto Enrique Peña del Mazo, adalah seorang insinyur listrik, sedangkan ibunya, María del Perpetuo Socorro Ofelia Nieto Sánchez ialah seorang guru sekolah.

Biografi Enrique Peña Nieto 2

Dia juga merupakan keponakan dari dua mantan gubernur Negara Bagian México, di pihak ibunya, Arturo Montiel, dan dari pihak ayahnya, Alfredo del Mazo González. Dia menempuh ilmu di Denis Hall School di Alfred, Maine, selama satu tahun di SMP pada tahun 1979 untuk belajar bahasa Inggris. Setelah tinggal di Atlacomulco selama 11 tahun pertama hidupnya, keluarga Peña Nieto resmi pindah ke kota Toluca.

Peña Nieto dilantik sebagai Presiden Meksiko pada tanggal 1 Desember 2012 di kongres federal dan kemudian terbang ke sebuah parade militer untuk secara resmi menguasai angkatan bersenjata. Selama pidato peresmiannya di Istana Nasional, Peña Nieto mengajukan agenda dan reformasi untuk pemerintahan baru tersebut. Sebelum dan sesudah peresmian, para pemrotes melakukan kerusuhan di luar Istana Nasional dan bentrok dengan pasukan Polisi Federal, merusak struktur hotel dan membakar di pusat kota Mexico City.

Biografi Enrique Peña Nieto 3

Lebih dari 90 pemrotes ditangkap dan beberapa lainnya terluka. Walikota Marcelo Ebrard menyalahkan kelompok anarkis atas kekerasan tersebut. Namun, menurut laporan media, ada bukti bahwa agen provokasi bekerja dengan polisi, membayar 300 peso Meksiko atas tindakan vandalisme mereka. Hal ini dibuktikan lewat foto yang menunjukkan seorang pengacau sedang menunggu dalam kelompok di belakang garis polisi sebelum terjadi demo.

Padahal aksi protes sebelumnya berjalan sangat damai, namun pada kesempatan ini, yang tampaknya timbul berbagai tindak kekerasan sehingga polisi menembakkan peluru karet. Berbeda dengan demonstrasi, tidak ada perayaan publik tentang kepresidenan yang baru. Sehari setelah peresmiannya, Peña Nieto mengumumkan Pakta untuk Meksiko, sebuah kesepakatan yang telah dia hadapi dengan para pemimpin dua partai besar lainnya tentang tujuan pemerintah untuk beberapa tahun ke depan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 1 =