Profil & Biografi John Legend

Loading...

John Roger Stephens atau lebih dikenal dengan nama panggungnya sebagai John Legend, ialah seorang penyanyi, penulis lagu, musisi dan aktor Amerika. Sebelum merilis album debutnya, ia berkolaborasi dengan artis yang sudah mapan. Sebelum ia menjadi terkenal seperti sekarang ini, John sudah bernyanyi dalam single “Getting Nowhere” dari Magnetic Man, “Blame Game” karya Kanye West, di “Selfish” oleh Slum Village, dan Dilated Peoples berjudul ‘”This Way”.

LAS VEGAS, NV - MAY 17: Recording artist John Legend, winner of Top Radio Song for "All of Me" and Top Streaming Song (Audio) for "All of Me," poses in the press room during the 2015 Billboard Music Awards at MGM Grand Garden Arena on May 17, 2015 in Las Vegas, Nevada. (Photo by Steve Granitz/WireImage)

Penampilan kolaboratif John lainnya bersama artis senior adalah “Encore” bersama Jay Z, vokal pendukung lagu Alicia Keys dalam “You Do not Know My Name,” bersama Kanye West dari lagu Remix Britney Spears “Me Against the Music”, dan “High Road” bersama Fort Minor .

Kemudian, John pernah bermain piano di “Everything Is Everything” untuk penyanyi Lauryn Hill. Dalam karya solonya sendiri, ia mendapatkan posisi puncak Billboard Hot 100 single untuk lagunya berjudul “All of Me” pada tahun 2013. Ia juga memenangkan Academy Award untuk Best Original Song pada tahun 2015 karena menulis lagu “Glory” dari film “Selma”. John pun sudah memenangkan sepuluh Grammy Awards dan Golden Globe Award.

Biografi John Legend 2

John Legend lahir pada tanggal 28 Desember 1978 di Springfield, Ohio. Pada usia empat tahun, ia tampil dengan paduan suara gereja dan beberapa tahun kemudian, John mulai bermain piano. Pada usianya beranjak 12 tahun, John bersekolah di SMA Utara, dimana dia pun lulus salutatorian di kelasnya empat tahun kemudian. Menurut Legend, dia pernah ditawari untuk masuk ke Universitas Harvard dan beasiswa ke Georgetown University atau Morehouse College. Namun akhirnya, Ia lebih memilih kuliah di University of Pennsylvania, di mana ia belajar bahasa Inggris dengan penekanan pada sastra Afrika-Amerika.

Saat berada di perguruan tinggi, Legend menjabat sebagai presiden dan direktur musik jazz co-ed dan membentuk kelompok cappella yang disebut Counterparts. Vokalnya pada rekaman grup “One of Us” karya Joan Osborne mendapat pujian kritis untuk mendaratkan lagu tersebut dalam daftar lagu CD Kompilasi Cappovo 1998 Terbaik.

NEW YORK, NY - MAY 11: John Legend poses during the AOL BUILD Speakers Series at AOL Studios In New York on May 11, 2015 in New York City. (Photo by Daniel Zuchnik/WireImage)

John juga merupakan anggota masyarakat senior bergengsi Sphinx Senior Society dan Onyx Senior Honor Society saat menjadi sarjana di Penn. Saat kuliah, Legend diperkenalkan ke Lauryn Hill oleh seorang teman. Hill mempekerjakannya untuk bermain piano di “Everything Is Everything”, sebuah lagu dari albumnya The Miseducation of Lauryn Hill.

Selama periode ini, John mulai sering mengadakan sejumlah pertunjukkan di sekitar Philadelphia, yang akhirnya memperluas jumlah penontonnya ke New York, Boston, Atlanta, dan Washington, DC. Ia pun lulus kuliah pada tahun 1999, dan kemudian mulai memproduksi, menulis, dan merekam musiknya sendiri. Sejak itulah, dia merilis dua album secara independen yaitu Demo self-titled (2000) dan Live at Jimmy’s Uptown (2001), yang dia jual di acaranya. Setelah lulus dari University of Pennsylvania, John mulai bekerja sebagai konsultan manajemen untuk Boston Consulting Group. Dia kemudian mulai mengerjakan demo musik dan mulai mengirim karyanya ke berbagai label rekaman.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 14 =