Profil & Biografi Mark Wahlberg

Loading...

Mark Wahlberg adalah seorang aktor berusia 46 tahun yang merangkap sebagai produser, pengusaha, model, dan rapper asal Amerika. Wahlberg dikenal sebagai Marky Mark sejak awal karirnya sebagai pentolan grup Marky Mark and the Funky Bunch, yang sudah merilis album Music for the People dan You Gotta Believe. Wahlberg kemudian beralih ke akting, tampil di film-film seperti drama “Boogie Nights” dan drama komedi perang berjudul “Three Kings” selama tahun 1990-an.

Biografi Mark Wahlberg 1

Pada tahun 2000-an, ia membintangi film genre biografikal yang berjudul “The Perfect Storm”, film bergenre fiksi ilmiah “Planet of the Apes”, film bulliying “The Italian Job”, dan drama kejahatan neo-noir yang diproduseri oleh Martin Scorsese, “The Departed”. Di film tersebut, ia beradu akting dengan aktor profesional lainnya seperti Matt Damon, Leonardo DiCaprio, dan Jack Nicholson. Film ini juga yang membuat Mark Wahlberg menerima sebuah Nominasi Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Pada tahun 2010, Mark Wahlberg membintangi film komedi aksi berjudul “The Other Guys” bersama Will Ferrell, drama olahraga biografi “The Fighter”, komedi-fantasi “Ted”, film perang “Lone Survivor”, film omedi kejahatan “Pain & Gain”, film aksi fiksi ilmiah “Transformers: Age of Extinction”, film bencana alam “Deepwater Horizon”, dan film thriller “Patriots Day”.

Biografi Mark Wahlberg 2

Bukan hanya itu, Wahlberg juga menjabat sebagai produser eksekutif dari empat drama komedi HBO berjudul “Entourage” pada tahun 2004-2011, drama kejahatan tahunan “Boardwalk Empire” (2010-2014), drama komedi “How to Make It in America” (2010-2011) dan “Ballers” (2015-sekarang).

Bernama lengkap Mark Robert Michael Wahlberg, ia lahir pada tanggal 5 Juni 1971 di lingkungan Dorchester di Boston, Massachusetts. Ia merupakan anak bungsu dari sembilan bersaudara, termasuk adik dari aktor Robert Wahlberg dan aktor plus penyanyi, Donnie Wahlberg. Ibunya, Alma Elaine adalah seorang pegawai bank dan pembantu perawat, dan ayahnya, Donald E. Wahlberg, Sr., adalah seorang pengantar paket. Orang tuanya bercerai pada tahun 1982, dan setelah itu, Mark Wahlberg membagi waktunya di antara kedua orang tuanya.

Biografi Mark Wahlberg 3

Ayahnya keturunan Swedia dan Irlandia, sedangkan ibunya keturunan Irlandia, Inggris, dan Prancis-Kanada. Secara maternal, Wahlberg berhubungan jauh dengan penulis Nathaniel Hawthorne. Wahlberg memiliki pendidikan Katolik Roma yang bersekolah di Copley Square High School di Newbury Street, Boston. Dia tidak pernah lulus sekolah, sehingga dia tidak menerima ijazah SMA-nya sampai Juni 2013.

Pada tahun 1993, Mark Wahlberg membuat debut aktingnya pertama kali di film TV “The Substitute”. Setelah penampilan ini, dia mulai menghilangkan nama “Marky Mark”. Prestasi debut besarnya pun datang di tahun depan, dengan bantuan Danny DeVito untuk bermain dalam “Renaissance Man”. Sebagai seorang fanatik basket, Mark menarik perhatian para kritikus setelah tampil di “The Basketball Diaries” pada tahun 1995, memainkan peran Mickey bersama Leonardo DiCaprio, dalam sebuah film yang diadaptasi dari buku Jim Carroll dengan nama yang sama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − three =