Profil & Biografi Recep Tayyip Erdoğan

Loading...

Recep Tayyip Erdogan merupakan Presiden Turki saat ini yang telah memegang jabatan tersebut sejak tahun 2014. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Perdana Menteri Turki dari tahun 2003 sampai 2014 dan sebagai Walikota Istanbul dari tahun 1994 sampai 1998. Erdogan juga termasuk sebagai anggota tetap G20 yang baru-baru ini menyelenggarakan KTT G20 2017 di Hamburg Jerman, yang dihadiri oleh lebih dari 25 petinggi negara dunia, termasuk Donald Trump, Angela Merkel, Justin Trudeau, dan Joko Widodo.

Biografi Recep Tayyip Erdoğan 1

Erdogan mendirikan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) pada tahun 2001, yang kemudian membawanya ke pemilihan umum pada tahun 2002, 2007 dan 2011 sebelum memutuskan pemilihannya sebagai Presiden pada tahun 2014. Ia berasal dari latar belakang Islamis dan sebagai demokrat konservatif, seorang yang pemerintahannya telah mengawasi kebijakan ekonomi konservatif dan liberal ekonomi, serta sebuah agenda yang sering disebut sebagai Erdoğanisme.

Bernama lengkap Recep Tayyip Erdoğan, ia lahir pada tanggal 26 Februari 1954 di lingkungan Kasımpaşa, Istanbul, dimana keluarganya saat itu pindah dari Provinsi Rize.
Erdoğan menghabiskan masa kecilnya di Rize, di mana ayahnya adalah anggota Penjaga Pantai Turki. Liburan musim panasnya sebagian besar dihabiskan di Güneysu, Rize, tempat keluarganya berasal. Sepanjang hidupnya ia sering kembali ke kampung halamannya ini, dan pada tahun 2015, ia mendirikan sebuah masjid di sebuah puncak gunung di dekat desa.

Biografi Recep Tayyip Erdoğan 2

Saat remaja, Erdoğan pernah menjual roti limun dan wijen di jalanan distrik kota yang lebih keras untuk mendapatkan uang ekstra. Dibesarkan di sebuah keluarga Muslim yang taat, Erdoğan lulus dari sekolah dasar Kasımpaşa Piyale pada tahun 1965, dan Imam Hatip School, sekolah menengah kejuruan religius, pada tahun 1973. Dia lalu menerima ijazah SMA-nya dari Eyüp High School. Dia kemudian belajar Bisnis Administrasi di Sekolah Aksaray Ilmu Ekonomi dan Komersial, yang sekarang dikenal sebagai Fakultas Ekonomi dan Ilmu Administrasi Universitas Marmara.

Pada masa mudanya, Erdoğan pernah bermain sepak bola semi profesional di klub lokal. Fenerbahce ingin dia pindah ke klub tapi ayahnya mencegahnya. Saat mempelajari administrasi bisnis dan bermain sepak bola semi profesional, Erdoğan terlibat dalam politik dengan bergabung dengan National Turkish Student Union, sebuah kelompok aksi anti-komunis.

Biografi Recep Tayyip Erdoğan 3

Pada tahun 1974, Erdoğan mulai menulis, mengarahkan dan memainkan peran utama dalam permainan “Maskomya”, yang menampilkan Freemasonry, Communism and Judaism sebagai kejahatan. Pada tahun 1976, dia menjadi kepala cabang muda Beyoğlu dari Partai Keselamatan Nasional Islam, dan akhirnya dipromosikan menjadi ketua cabang partai pemuda Istanbul.

Kemudian, Erdoğan menikahi Emine Gülbaran pada tanggal 4 Juli 1978. Mereka memiliki dua putra yaitu Ahmet Burak dan Necmettin Bilal, dan dua anak perempuan, Esra dan Sümeyye. Ayahnya, Ahmet Erdogan, meninggal pada tahun 1988 dan ibunya yang berusia 88 tahun, Tenzile Erdogan, meninggal pada tahun 2011. Dia juga pernah menjadi anggota Komunitas İskenderpaşa, sebuah komunitas sufistik Turki tentang tarekat Naqsybandi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =