Profil & Biografi Emmanuel Macron

Loading...

Emmanuel Jean-Michel Frédéric Macron yang lahir pada tanggal 21 Desember 1977 ini adalah Presiden Perancis yang baru diangkat tahun 2017 ini. ia juga merupakan anggota tetap dari kelompok G20 atau The Group of Twenty Finance Ministers and Central Bank Governors. Pertemuan terakhir KTT G20 diadakan di Hamburg, Jerman, tanggal 7-8 Juli 2017 yang dihadiri lebih dari 20 pemimpin negara, termasuk Donald Trump, Vladimir Putin, dan Joko Widodo.

French Economy and Industry minister Emmanuel Macron is pictured during a press conference following a meeting amid a crisis in France's agricultural sector in Paris on February 8, 2016. French farmers have carried out a string of demonstrations for nearly two weeks against the falling prices of their products, demanding structural measures to strengthen price rates. / AFP / PATRICK KOVARIK (Photo credit should read PATRICK KOVARIK/AFP/Getty Images)

Sebelum masuk politik, dia adalah pegawai negeri senior dan bankir investasi. Macron belajar filsafat di Paris Nanterre University, menyelesaikan Master of Public Affairs di Sciences Po, dan lulus dari École nationale d’administration pada tahun 2004. Dia lalu bekerja sebagai Inspektur Keuangan di Inspektorat Jenderal Keuangan, kemudian menjadi bankir investasi di Rothschild & Cie Banque.

Emmanuel Macron diangkat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di pemerintahan pertama François Hollande pada bulan Mei 2012, telah menjadi anggota Partai Sosialis dari tahun 2006 sampai 2009. Dia ditunjuk sebagai Menteri Ekonomi, Industri dan Digital pada tahun 2014 di bawah Pemerintahan Kedua, di mana dia mendorong reformasi bisnis yang ramah.

Biografi Emmanuel Macron 2

Pria berumur 39 tahun ini lalu mengundurkan diri pada Agustus 2016 untuk menjadi salah satu calon Presiden dalam pemilihan presiden Prancis 2017. Pada bulan November 2016, Macron menyatakan bahwa dia akan mencalonkan diri di bawah bendera “En Marche !”, sebuah gerakan politik sentris yang dia dirikan pada bulan April 2016. Akhirnya ia pun memenangkan pemilihan pada tanggal 7 Mei 2017.

Dengan kemenangannya itu membuat Emmanuel Macron menjadi presiden termuda dalam sejarah Prancis. Setelah peresmiannya, Macron menunjuk walikota Le Havre Édouard Philippe menjadi Perdana Menteri. Dalam pemilihan legislatif bulan Juni 2017, partai Macron, berganti nama menjadi “La République En Marche!”, bersama dengan sekutunya, Gerakan Demokratik memperoleh suara mayoritas, memenangkan 350 kursi dari 577, dengan partainya sendiri memenangkan sebanyak 308 kursi.

Biografi Emmanuel Macron 3

Sebelum menjadi Presiden, Emmanuel Macron mendirikan sebuah partai politik independen, “En Marche!”, di Amiens pada tanggal 6 April 2016. Karena termasuk gerakan politik liberal progresif, partai Macron pun ditegur oleh Presiden Hollande. Pada tanggal 30 Agustus 2016, Macron mengundurkan diri dari pemerintah menjelang pemilihan presiden 2017 dan sebulan kemudian, Macron secara resmi mengumumkan pencalonannya untuk kepresidenan Prancis setelah berbulan-bulan spekulasi. Dalam pidatonya, Macron menyerukan “revolusi demokratik” dan berjanji untuk “membebaskan Prancis”.

Lalu Emmanuel Macron mengumpulkan banyak pendukung, mulai dari François Bayrou dari Gerakan Demokratik, MEP Daniel Cohn-Bendit, kandidat ahli ekologi François de Rugy, dan anggota parlemen Sosialis Richard Ferrand, sekretaris jenderal “En Marche!”, dan juga masih banyak lagi. Apalagi Masjid Agung Paris mendesak para Muslim Prancis untuk memilih secara massal untuk Macron.

Macron juga memiliki teman berpengaruh di antara komunitas bisnis Prancis, contohnya Delphine Arnault dari Louis Vuitton dan mitranya Xavier Niel, yang memiliki sekitar 33% harian Le Monde. Bukan hanya itu, banyak politisi asing menyuarakan dukungan untuk Macron dalam upayanya melawan pesaingnya yaitu Marine Le Pen, termasuk Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan mantan Presiden AS Barack Obama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =