Profil & Biografi Hanung Bramantyo

Loading...

Siapa yang tidak kenal dengan Hanung Bramantyo? Apalagi jika Anda termasuk penyuka film-film dalam negeri, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Hanung Bramantyo tersebut. Ya, dia adalah seorang sutradara berbakat yang terpilih menjadi Sutradara Terbaik berkali-kali dalam Festival Film Indonesia. Beberapa film terkenal yang menjadi arahannya ialah Ayat-Ayat Cinta, Rudy Habibie, Perahu Kertas, Get Married, Brownies, Talak 3, Surga yang Tak Dirindukan, dan paling terbaru adalah Kartini yang diperankan oleh Dian Sastro.

Biografi Hanung Bramantyo 1

Sutradara bernama lengkap Setiawan Hanung Bramantyo ini lahir pada tanggal 1 Oktober 1975 di Yogyakarta. Ia pernah kuliah di Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Indonesia, namun sayangnya ia tidak dapat menyelesaikan masa perkuliahannya. Setelah itu, Hanung pindah ke Jurusan Film Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenan Jakarta untuk mempelajari dunia film lebih dalam.

Film pertama kali yang digarap oleh suami Zaskia Adya Mecca tersebut ialah “Topeng Kekasih” pada tahun 2000. Sejak itulah, Hanung Bramantyo semakin sering menjadi sutradara suatu film. Terhitung lebih dari 20 judul film yang pernah ia arahkan. Di usianya yang menginjak 41 tahun, Hanung telah banyak meraih penghargaan atas film-filmnya.

Biografi Hanung Bramantyo 2

Dalam acara Festival Film Indonesia tahun 2005 lalu, Hanung Bramantyo terpilih menjadi Sutradara Terbaik untuk film arahannya berjudul “Brownies”. Ia juga dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik untuk film cerita lepasnya yang bertajuk “Sayekti dan Hanafi”, namun penghargaan itu dimenangkan oleh Guntur Soehardjanto.

Dua tahun kemudian, Hanung Bramantyo kembali terpilih sebagai Sutradara Terbaik lewat film arahannya berjudul “Get Married”. Karya spektakuler Hanung lainnya dibuktikan lewat film berjudul “Ayat-Ayat Cinta” pada tahun 2008, sebuah film religi yang diadopsi dari novel Best Seller karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama pula. Di dalam film tersebut, Hanung Bramantyo mengajak Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Zazkia A. Mecca dan Melanie Putri untuk membintangi film yang juga sukses ditayangkan di Malaysia dan Singapura itu.

Biografi Hanung Bramantyo 3

Dalam kehidupan pribadinya, Hanung Bramantyo pernah menikah dengan Yanesthi Hardini dan telah dikaruniai seorang putra bernama Barmastya Bumi Brawijaya. Namun sayangnya, hubungan antara Hanung dan Yanesthi bercerai dan proses penceraian tersebut berlangsung di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Hingga pada awal Februari 2009, sutradara film pendek JK tersebut dinyatakan telah resmi menduda. Selepas itu, Hanung dikabarkan menjalin hubungan spesial dengan artis Zaskia Adya Mecca. Mereka berdua akhirnya menikah di Masjid At Taqwa pada 14 September 2009, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dari pernikahan itu, Hanung Bramantyo dan Zaskia di anugerahi 3 orang anak yaitu Kana Sybilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo, dan Bhai Kaba Bramantyo. Setelah menikah, Hanung Bramantyo semakin ramai menggarap film-film terkenal lainnya seperti Perahu Kertas, Talak 3, dan Rudy Habibie.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 11 =