Profil & Biografi Jung Yonghwa

Loading...

Jung Yonghwa adalah seorang musisi, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman dan aktor asal Korea Selatan. Dia adalah pemimpin, vokalis utama dan gitaris ritme band rock bernama CNBLUE. Yonghwa juga membuat debut televisinya di serial TV “You’re Beautiful” tahun 2009, dan sejak itu membintangi drama televisi “Heartstrings” (2011) bersama Park Shin Hye, “Marry Him If You Dare” tahun 2013 dan “The Three Musketeers” (2014). Pada tahun 2015, ia pun memulai debut solonya dengan album One Fine Day.

Biografi Jung Yonghwa 1

Jung Yonghwa lahir pada tanggal 22 Juni 1989 di Seoul, Korea Selatan. Keluarganya terdiri dari orang tua dan saudara laki-lakinya, yang empat tahun lebih tua darinya. Dia lalu pindah ke Busan pada tahun 1991 dan tinggal di sana hingga sekolah menengah atas, di mana dia pertama kali mulai menulis musik. Setelah masuk perguruan tinggi, Yonghwa kembali lagi ke Seoul, di mana dia bergabung dengan studio rekaman FNC Music.

Pada tahun 2009, Yonghwa pergi ke Jepang untuk belajar musik dengan 3 teman bandnya di CN Blue. Sementara di sana, mereka melakukan pertunjukan jalanan dan merilis album independen. Kelompok ini memulai debutnya di Jepang dengan mini album bertajuk “Now or Never” pada 19 Agustus 2009 dengan label indie AI Entertainment. Mereka secara resmi memulai debutnya di Korea pada tahun 2010 dengan mini album “Bluetory”, dan judul lagu “I’m a Loner” menjadi hit secara instan di Korea.

Biografi Jung Yonghwa 2

Pada tanggal 14 Januari 2011, Yonghwa merilis single digital solo pertamanya, “For First Time Lovers”. Lagu ini ditampilkan pada musim kedua We Got Married, dimana Yonghwa berada di acara itu dia menulis lagu untuk Seohyun. Setelah dirilis, lagu itu pun menduduki puncak tangga lagu Korea Selatan seperti Bugs, Daum, Soribada dan Naver Music. Lagu debut solo ini berada di urutan 12 di Gaon Singles Chart, menduduki puncak nomor 1 di minggu berikutnya hingga bertahan selama dua minggu berturut-turut.

Pada bulan Januari 2015, Jung Yonghwa memulai debutnya sebagai artis solo dengan album One Fine Day, yang meraih posisi nomor 1 di chart Billboard’s World Albums. Album ini menampilkan artis JJ Lin, Yang Dong-Geun, Verbal Jint, YB Yoon Do-hyun dan Peter Malick. One Fine Day juga menerima ulasan yang secara umum menguntungkan dari kritikus musik, yang mencatat pertumbuhan Yonghwa sebagai penyanyi dan penulis lagu. Karena itulah, Yonghwa kemudian memulai rangkaian konser solo pertamanya di Asia.

Biografi Jung Yonghwa 3

Kemampuan menulis lagunya diakui secara luas oleh publik. Pada Weekly Idol, Yonghwa berada di peringkat 1 di “Top 15 Multi-talented Idols” untuk kemampuan menyanyikan lagu-lagunya, kemampuan rapping, serta kemampuannya di bidang hiburan selain dari industri musik. Dia juga telah menduduki peringkat 3 di “Top 7 Next PSY World Star”, dan nomor 3 di ” Top 10 Idols Who Would Be Successful as a Producer “.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 2 =