Profil & Biografi Pavel Durov

Loading...

Baru-baru ini tersiar kabar yang sedang heboh di Indonesia karena web Telegram diblokir oleh pemerintah Indonesia. Oleh karena itulah, nama pendiri Telegram pun semakin ramai diperbicarakan oleh masyarakat Tanah Air. Banyak pula yang mengatakan pendiri sekaligus CEO Telegram tersebut memiliki wajah yang rupawan dengan usia yang masih muda karena seumuran dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Pria yang dimaksud adalah Pavel Durov.

Biografi Pavel Durov 1

Pavel Valeryevich Durov adalah seorang pengusaha Rusia yang dikenal sebagai pendiri situs jejaring sosial VK, dan kemudian Messenger Telegram. Dia adalah adik dari Nikolai Durov. Sejak dipecat sebagai CEO VK pada tahun 2014, dua bersaudara Durov telah berkeliling dunia hingga mereka meresmikan sebagai warga Saint Kitts dan Nevis. Pada tahun 2017, Pavel pun bergabung dengan WEF Young Global Leaders sebagai perwakilan Finlandia.

Jika berbicara tentang Pavel Durov, banyak yang mengatakan bahwa kakeknya bernama Semyon Petrovich Tulyakov ikut berpartisipasi dalam Perang Dunia II. Dia bertugas di Resimen Infanteri ke-65, berpartisipasi dalam pertempuran di depan Leningrad di Krasnoborsky Gatchinsky dan petunjuk lainnya, terluka tiga kali, menerima Order of the Red Star, gelar Order of the Patriotic War II, Dan pada Hari Kemenangan ke-40, Ordo Tingkat Perang Patriotik Besar I. Setelah perang, dia ditangkap.

Biografi Pavel Durov 2

Pavel Durov lahir di Leningrad (sekarang St. Petersburg) pada tanggal 10 Oktober 1984 namun menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Turin, Italia. Ayahnya Valery (yang memegang gelar PhD dalam filologi) bekerja di sana. Dia menempuh ilmu di sebuah sekolah dasar Italia, dan setelah kembali ke Rusia pada tahun 2001, ia menghadiri Gimnasium Akademi di St. Petersburg.

Pada tahun 2006, ia lulus dari Departemen Filologi Universitas Negeri Saint Petersburg, di mana ia menerima gelar kelas satu. Kehidupan awal Pavel Durov dan karirnya dijelaskan secara rinci dalam buku berbahasa Rusia berjudul “The Durov Code. Kisah Sejati VK dan Penciptanya” pada tahun 2012.

MUNICH, GERMANY - JANUARY 24: Pavel Durov of Vkontakte speaks during the Digital Life Design conference (DLD) at HVB Forum on January 24, 2012 in Munich, Germany. ence and culture which connects business, creative and social leaders, opinion-formers and investors for crossover conversation and inspiration. (Photo by Nadine Rupp/Getty Images)

Pria berumur 32 tahun ini kemudian memulai VKontakte, yang kemudian dikenal sebagai VK, pada tahun 2006, yang pada awalnya dipengaruhi oleh Facebook. Pada saat itu, dia dan saudaranya Nikolai membangun situs VKontakte, perusahaan tersebut tumbuh dengan modal $ 3 juta.

Namun sayangnya, pada bulan Desember 2013, Pavel Durov mendapat tekanan untuk menjual 12% saham VK-nya kepada Ivan Tavrin, pemilik perusahaan internet besar Mail.ru, yang kemudian menjualnya ke Mail.ru, sehingga otomatis memberikan 52% Kepemilikan mayoritas VK. Pada tahun 2014, Mail.ru membeli seluruh saham yang tersisa dan menjadikan Ivan Tavrin sebagai pemilik tunggal VK.

Setelah meninggalkan Rusia, Pavel Durov memperoleh kewarganegaraan Saint Kitts dan Nevis dengan menyumbangkan $ 250.000 ke Yayasan Diversifikasi Industri Gula di negara tersebut, dan memperoleh uang tunai sebesar US $ 300 juta di bank-bank Swiss. Hal ini memungkinkan dia untuk fokus menciptakan perusahaan berikutnya, Telegram, yang awalnya berbasis di Berlin dan berfokus pada layanan pesan terenkripsi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − six =