Profil & Biografi Saoirse Ronan

Loading...

Saoirse Una Ronan lahir pada tanggal 12 April 1994 di The Bronx, New York, US. Ia adalah seorang aktris berkebangsaan Irlandia dan Amerika. Ronan juga masuk dua kali nominasi Academy Award dan menerima nominasi Aktris Pendukung Terbaik untuk film Atonement (2007), dan nominasi Aktris Terbaik untuk Brooklyn tahun 2015 lalu. Dia pun telah menerima tiga nominasi BAFTA Award, dua nominasi Golden Globe, dua nominasi Screen Actors Guild dan dua penghargaan Satellite.

Biografi Saoirse Ronan 1

Saoirse Ronan memulai debut film layar lebarnya di film komedi romantis berjudul I Could Never Be Your Woman (2007). Sejak itu, ia mulai banyak memerankan peran lainnya termasuk dalam film City of Ember (2008), The Lovely Bones (2009) bersama aktor Mark Wahlberg, Hanna (2011), The Way Back (2010), Byzantium (2012), Host (2013), How I Live Now (2013), dan The Grand Budapest Hotel (2014).

Pada bulan Januari 2016, Saoirse Ronan termasuk dalam daftar Forbes ’30 Under 30 ‘baik dalam edisi Eropa dan Amerika Serikat. Pada bulan Maret 2016, ia pun memulai debutnya di Broadway dalam film The Crucible, dengan memerankan karakter sebagai Abigail Williams, yang mendapat banyak pujian dari para kritikus. Ronan juga muncul di sampul majalah Time pada bulan Juni 2016, satu dari sepuluh pemimpin muda yang terpilih sebagai ‘Pemimpin Generasi Berikutnya’.

Mandatory Credit: Photo by Rob Latour/REX/Shutterstock (5541676at) Saoirse Ronan 21st Annual Critics' Choice Awards, Arrivals, Los Angeles, America - 17 Jan 2016 WEARING ANTONIO BERARDI

Kemudian, Saoirse Ronan tampil sebagai Agatha, di Wes Anderson The Grand Budapest Hotel, yang dibintangi oleh Bill Murray, Ralph Fiennes, Adrien Brody, Jude Law dan Owen Wilson, dan di Lost River. Film ini juga merupakan film debut sutradara Ryan Gosling. Pada tahun 2014, Ronan memainkan karakter Leia dalam thriller psikologis Stockholm, Pennsylvania yang disutradarai oleh Nikole Beckwith.

Selain itu, Ronan juga memainkan sebagai peran utama Eilis Lacey di film Brooklyn yang diakui secara universal dan disutradarai oleh John Crowley. Hal ini diadopsi dari novel dengan judul yang sama oleh Colm Toibin. Film ini lalu dirilis pada tanggal 6 November 2015, dan penampilan Ronan mendapatkan pengakuan kritisnya yang positif. Pada bulan Januari 2016, Ronan menerima nominasi untuk Academy Award for Best Actress, saat film ini dinominasikan untuk Academy Award for Best Picture dan Best Adapted Screenplay.

PARK CITY, UT - JANUARY 26: Actress Saoirse Ronan of "Brooklyn" poses for a portrait at the Village at the Lift Presented by McDonald's McCafe during the 2015 Sundance Film Festival on January 26, 2015 in Park City, Utah. (Photo by Larry Busacca/Getty Images)

Pada bulan yang sama, Ronan lalu pindah ke New York City untuk memulai latihan demi penampilan debutnya di Broadway, mengambil peran sebagai Abigail Williams di Arthur Miller’s The Crucible. Drama ini disutradarai oleh Ivo van Hove, dibuka pada tanggal 31 Maret setelah satu bulan preview, dan tampil untuk 125 pertunjukan, sampai 17 Juli 2016.

Proyek Mendatang Saoirse Ronan yaitu ia akan membintangi drama komedi debutan Greta Gerwig berjudul Lady Bird. Pada akhir 2017 nanti, ia juga akan membintangi peran utama sebagai Florence Ponting dalam adaptasi film bernama On Chesil Beach oleh Ian McEwan dan sebagai Marguerite Gachet dalam film animasi penuh bertajuk Loving Vincent. Dia kemudian membintangi Mary Stuart dalam film adaptasi Mary Queen of Scots yaitu Focus Features and Working Title. Pembuatan film ini dijadwalkan dimulai pada musim panas 2017, untuk rilis tahun 2018 nanti.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − six =