Profil & Biografi Stephenie Meyer

Loading...

Stephenie Meyer merupakan seorang penulis young-adult fiction dan produser film asal Amerika, yang terkenal dengan serial romantisnya, Twilight. Novel Twilight telah mendapatkan pengakuan di seluruh dunia dan terjual lebih dari 100 juta kopi, dengan terjemahan ke dalam 37 bahasa yang berbeda. Ia juga menjadi penulis buku terlaris tahun 2008 dan 2009 di Amerika yang telah menjual lebih dari 29 juta buku pada tahun 2008, dan 26,5 juta buku pada tahun 2009. Twilight adalah buku terlaris tahun 2008 di toko buku AS sehingga di angkat menjadi sebuah film yang diperankan oleh Robert Pattinson dan Kristen Stewart.

Mandatory Credit: Photo by MediaPunch/REX/Shutterstock (5239246c) Stephenie Meyer Stephenie Meyer book signing, New York, America - 12 Oct 2015

Bahkan, Stephenie Meyer menduduki peringkat nomor 49 dalam daftar majalah Time dari “100 Orang Paling Berpengaruh di tahun 2008”, dan masuk dalam daftar Forbes “100 selebriti paling terkenal di dunia” pada tahun 2009. Pada tahun 2010, Forbes menempatkannya sebagai selebriti No 59 yang paling kuat dengan penghasilan tahunan sebesar $ 40 juta.

Stephenie Meyer lahir pada tanggal 24 Desember 1973 di Hartford, Connecticut sebagai anak kedua dari enam bersaudara Stephen dan Candy Morgan. Dia dibesarkan di Phoenix, Arizona bersama lima saudara kandungnya yaitu Seth, Emily, Jacob, Paul, dan Heidi. Meyer bersekolah di Chaparral High School di Scottsdale, Arizona.

Setelah itu, ia kuliah di Universitas Brigham Young di Provo, Utah, di mana dia menerima gelar BA dalam bahasa Inggris pada tahun 1997. Kemudian, Meyer bertemu dengan suaminya, Christian, saat ia berusia 4 tahun di Arizona, dan menikahinya pada tahun 1994 saat berusia 20 tahun. Mereka pun memiliki tiga putra laki-laki. Christian Meyer, mantan auditor, sekarang sudah pensiun untuk merawat anak-anaknya.

Biografi Stephenie Meyer 2

Stephenie Meyer adalah anggota Gereja Yesus Kristus dari Latter-day Saints. Dia telah menyatakan bahwa dia benar-benar terobsesi dengan keyakinannya yang tidak minum alkohol atau rokok. Meyer malah tidak memiliki pengalaman sebagai penulis apapun dan bahkan tidak pernah menulis sebuah cerita pendek sebelum Twilight. Dia telah mempertimbangkan untuk pergi ke sekolah hukum karena dia merasa tidak memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penulis. Sebelum menjadi seorang penulis, pekerjaan profesional Meyer hanyalah sebagai resepsionis di sebuah Perusahaan properti.

Meyer mengatakan bahwa gagasan untuk membuat Twilight berasal dari mimpi pada tanggal 2 Juni 2003. Mimpi itu tentang seorang gadis manusia dan vampir yang sedang mencintainya tapi haus akan darahnya. Berdasarkan mimpi inilah, Meyer menulis draf dari apa yang menjadi Bab 13 dari buku ini. Dalam hitungan tiga bulan, dia telah mengubah mimpinya menjadi sebuah novel yang lengkap, meskipun dia tidak pernah bermaksud menerbitkan Twilight dan hanya menulis untuk kesenangannya sendiri. Namun, tanggapan dari kakaknya terhadap buku itu sangat antusias dan dia meyakinkan Meyer untuk mengirim manuskrip itu ke agensi sastra.

NEW YORK - AUGUST 01: Stephenie Meyer poses on stage at the Breaking Dawn Concert Series with Justin Furstenfeld at the Nokia Theatre at Times Square on August 1, 2008 in New York City. (Photo by Brad Barket/Getty Images)

Dari 15 surat yang dia tulis, hanya lima orang yang menjawab, sembilan orang lainnya mengajukan penolakan, dan yang terakhir adalah tanggapan positif dari Jodi Reamer dari Writers House. Delapan penerbit lalu memperebutkan hak untuk menerbitkan Twilight dalam lelang tahun 2003. Pada bulan November, Meyer telah menandatangani kontrak tiga buku senilai $ 750.000 dengan Little, Brown and Company.

Twilight pun diterbitkan pada tahun 2005 dengan cetakan cetak sebanyak 75.000 eksemplar. Prestasi ini mencapai nomor 5 di daftar Penjual Terbaik New York Times untuk Children’s Chapter Books dalam waktu satu bulan setelah diluncurkan, dan kemudian naik ke posisi 1. Hak asing atas novel tersebut dijual ke lebih dari 26 negara untuk diterjemahkan. Novel ini juga dinamai sebagai Buku Terbaik di sepanjang tahun terbit dan Pilihan Editor New York Times.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − four =