Profil & Biografi Anthony Ginting

Loading...

Anthony Sinisuka Ginting adalah pemain bulutangkis berkebangsaan Indonesia. Dia adalah peraih medali perunggu tunggal Putra Remaja Olimpiade Nanjing 2014 dan World Junior Championships boys. Saat ini, ia berasal dari klub SGS PLN Bandung yang memulai karier pebulutangkis sejak duduk dibangku SD. Anthony juga pernah memenangkan kompetisi MILO School Competition kategori tunggal putra SD pada tahun 2008 silam.

anthony sinisuka ginting profil

Junior dari pebulutangkis internasional Liliyana Natsir ini keturunan Batak-Karo yang lahir pada tanggal 20 Oktober 1996 di Cimahi. Ia diperkenalkan ke dunia bulutangkis oleh ayahnya saat ia berada di taman kanak-kanak. Dia adalah anak keempat dari lima bersaudara. Kemudian, ia pun bergabung dengan SGS PLN, sebuah klub bulutangkis di Bandung, Jawa Barat. Dia baru mulai mengikuti turnamen sekitar usia 9 tahun, atau dua tahun setelah dia dibina. Pria berumur 20 tahun ini mengidolakan Taufik Hidayat, peraih medali tunggal tunggal atlet Olimpiade Athena 2004.

Pada tahun 2013 lalu, Anthony Ginting berpartisipasi dalam Indonesian Masters Grand Prix Gold, Vietnam International Challenge, Maldives International Challenge, Malaysia International Challenge dan Asia Junior Championships di Kota Kinabalu, Malaysia. Setahun kemudian, ia bergabung dengan kamp. pelatihan nasional awal tahun, dan mulai menunjukkan prestasinya dengan melangkah ke babak perempatfinal Kejuaraan Junior Asia 2014 di Taipei, Chinese Taipei pada bulan Februari.

Biografi Anthony Ginting 2

Di perempatfinal, Anthony Ginting harus menelan pahit karena kalah 13-21, 15-21 dari Kanta Tsuneyama asal Jepang. Ia kemudian berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia BWF 2014 di Alor Setar, Malaysia di mana ia memenangkan medali perunggu tunggal putra laki-laki setelah kalah di semifinal dari pesaingnya asal China, Shi Yuqi, dengan skor 19-21, 15-21.

Ginting juga berkompetisi di Summer Youth Olympics 2014 di Nanjing, China dan membawa pulang medali perunggu setelah mengalahkan Aditya Joshi dari India pada pertandingan perunggu dengan permainan lurus dengan skor 21-17, 21-16. Selain bersaing di beberapa turnamen tantangan internasional, Anthony Ginting juga bermain di turnamen BWF Grand Prix seperti Chinese Taipei Open, Vietnam Open dan Indonesian Masters.

Biografi Anthony Ginting 3

Memulai perjalanannya sebagai rookie dalam event BWF Superseries dari babak kualifikasi, Anthony Ginting lalu pindah ke perempatfinal setelah menciptakan sebuah rubber games dengan kemenangan 14-21, 22-20, 21-13 atas petenis India teratas dan unggulan keempat, Srikanth Kidambi, di babak kedua Premier Superseries Premier BCA 2015.

Kemudian, Anthony Ginting kembali berpartisipasi dalam Chinese Taipei Open Grand Prix di China pada tahun 2015 sebagai pebulutangkis baru, namun ia sanggup mencapai perempatfinal setelah mengalahkan unggulan kedua Indonesia bernama Dionysius Hayom Rumbaka, dengan set langsung 21-16, 21-14 di babak ketiga turnamen tersebut. Sampai saat ini, Ginting telah banyak memperoleh prestasi dari mulai debutnya di Semfinalis Kejurnas 2012 hingga QF BCA Indonesia Open Superseries Premier 2015.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − eighteen =