Profil & Biografi Kim Jongkook

Loading...

Kim Jongkook yang lahir pada tanggal 25 April 1976 di Hapcheon, Korea Selatan ini adalah seorang penyanyi dan aktor. Dia awalnya adalah bagian dari duo penyanyi bernama Turbo, namun kemudian mengejar karir yang sukses sebagai artis solo. Selain menjadi penyanyi yang memenangkan penghargaan triple Daesang, ia juga merupakan anggota aktif dalam variety show SBS Running Man dari tahun 2010 hingga kini bersama 7 anggota lainnya yaitu Yoo Jaesuk, Haha, Ji Sukjin, Lee Kwangsoo, Song Jihyo, Yang Sechan, dan Jeon Somin.

Biografi Kim Jongkook 1

Kim Jongkook pertama kali terjun ke industri musik Korea pada tahun 1995 sebagai anggota duo, Turbo, yang menjadi sangat populer untuk musik catchy mereka. Setelah duo tersebut dibubarkan beberapa tahun kemudian, Jongkook menjadi penyanyi solo pada tahun 2001 yang berkonsentrasi pada musik balada.

Kim Jongkook menghadapi kesulitan untuk menetap sebagai penyanyi solo. Masalah seperti kurang lagu dari komposer, kurang mendapat dukungan dari agensinya dan juga perubahan rasa dari para fans menyebabkan album pertamanya sebagai artis solo pun gagal. Namun ia berhasil comeback dengan album keduanya bertemakan Evolution pada tahun 2004, yang melahirkan single hit “One Man”. Jongkook kemudian menjadi pemain tetap dari variety show populer, X-Man, yang semakin meningkatkan popularitasnya ditahun itu.

Biografi Kim Jongkook 2

Pada tahun 2005, Kim Jongkook merilis album ketiganya, This Is Me. Album ini terjual lebih dari 300.000 eksemplar dan menjadi salah satu album terlaris di Korea tahun itu. Single utama, “Lovable” menduduki puncak berbagai tangga musik, dan termasuk soundtrack untuk game online seperti Pump It Up dan Audition Online. Jongkook menyapu Penghargaan Daesang (Artis Tahun Ini) dari ketiga stasiun TV utama Korea, SBS, KBS dan MBC serta menjadi artis kedua untuk mencapai prestasi ini sejak Cho Yong-pil di tahun 1980-an.

Sejak 2010, Kim Jongkook ditetapkan untuk menjadi pemeran variety show SBS ‘Running Man. Setahun kemudian, ia memenangkan “Best TV Star Award” di SBS Entertainment Awards. Jongkook juga memperoleh popularitas dari pertunjukan tersebut, yang menjadikannya sebagai salah satu bintang Korea yang paling banyak dicari di Singapura, setelah showcasenya terjual habis dengan lebih dari 1.700 penggemar yang hadir.

Biografi Kim Jongkook 3

Pada tanggal 1 November 2012, setelah merilis beberapa lagu terpilih dari album barunya, Kim Jongkook kembali ke panggung musik dengan merilis album studio ketujuh, Journey Home. Temannya di Running Man, Haha dan Gary berpartisipasi dalam album tersebut dan juga mantan anggota Running Man, Song Joong-ki, yang membintangi video musik untuk single utama “Men Are All Like That”. Pada tahun yang sama, ia mulai menjadi host program dokumenter Crisis Escape No. 1, yang memenangkan penghargaan “Entertainer Terbaik” di KBS Entertainment Awards 2013.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =