Profil & Biografi Gabriel Barbosa

Loading...

Gabriel Barbosa Almeida atau lebih dikenal sebagai Gabriel atau Gabigol, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai pemain depan untuk klub Internazionale dan tim nasional Brasil. Ia bersama dengan Neymar sering mencetak gol untuk tim mereka sehingga tak heran bila Brazil sering memenangkan pertandingan sepak bola dunia.

SAO PAULO, BRAZIL - AUGUST 13: Gabriel Barbosa of Brazil stand for the national anthen before the match between Brazil and Colombia mens football quarter final at Arena Corinthians on August 13, 2016 in Sao Paulo, Brazil. (Photo by Alexandre Schneider/Getty Images)

Lahir di São Bernardo do Campo, São Paulo, pada tanggal 30 Agustus 1996, Gabriel bergabung dengan setup muda Santos FC pada tahun 2004, tepatnya saat ia berusia 8 tahun. Gol produktifnya dengan klub muda itu membuat Gabriel mendapatkan julukan Gabigol. Pada tanggal 25 September 2012, dia menandatangani kontrak secara profesional, dengan klausul pembelian € 50 juta, dan membuat debut tim pertamanya pada tanggal 17 Januari tahun berikutnya, dalam pertandingan persahabatan melawan Grêmio Barueri.

Pada tanggal 26 Mei 2013, Gabriel Barbosa membuat debut liganya saat berusia 16 tahun, bermain imbang 0-0 melawan Flamengo. Dia mencetak gol profesional pertamanya pada 22 Agustus, membuat sukses pertandingan dalam melawan Grêmio, untuk Copa do Brasil tahun itu. Gabriel mencetak gol pertamanya di Série A pada tanggal 20 April 2014, mencetak gol timnya hanya dalam pertandingan kandang 1-1 melawan Sport Recife. Dia menandatangani kontrak lima tahun dengan klub baru pada tanggal 23 September, dan menyelesaikan musim dengan 21 gol, lebih sepuluh di atas jumlah gol dari Leandro Damião.

Inter Milan's Brazilian forward Gabriel Barbosa runs during the Italian Serie A football match Inter Milan vs Bologna at the San Siro stadium in Milan on September 25, 2016. / AFP / GIUSEPPE CACACE (Photo credit should read GIUSEPPE CACACE/AFP/Getty Images)

Setelah memulai kampanye 2015 di bangku cadangan, Gabriel Barbosa ditunjuk sebagai pilihan pertama setelah kepergian Robinho. Ajaibnya, dia mampu mencetak sepuluh gol di Brasileirão tahun itu, dan merupakan pencetak gol terbanyak di Copa do Brasil dengan delapan gol, dan pemenang di leg pertama final piala nasional melawan Palmeiras. Penampilannya yang mengesankan untuk musim ini bersama Santos juga membuat Gabriel ditunjuk oleh majalah olahraga Spanyol Don Balón sebagai salah satu dari 101 talenta muda terbaik di dunia sepakbola pada tahun 2015.

Gabriel Barbosa memulai musim 2016 dengan dua gol berturut-turut, melawan São Bernardo dan Ponte Preta. Pada 24 April di tahun lalu, dia mencetak gol ganda dalam pertandingan kandang 2-2 melawan Palmeiras (menang 3-2 atas adu penalti), saat timnya mencapai finalis Paulistão untuk delapan kali berturut-turut.

Biografi Gabriel Barbosa 3

Pada tanggal 26 Maret 2016, Gabriel menerima panggilan pertamanya ke skuad penuh, menggantikan Neymar yang ditangguhkan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Paraguay. Namun, ia hanya pengganti yang tidak terpakai dalam hasil imbang 2-2 di Estadio Defensores del Chaco di Asunción.

Beberapa bulan kemudian, Gabriel kembali dipanggil oleh manajer Dunga untuk berpartisipasi dalam Copa América Centenario yang akan diadakan di Amerika Serikat. Dia membuat debut internasional penuhnya pada 29 Mei, menggantikan pencetak gol Jonas dan mencetak gol terakhir dalam kemenangan 2-0 atas Panama.

Di tanggal 27 Agustus 2016, Gabriel lalu menandatangani kontrak dengan Internazionale dalam kontrak lima tahun dengan sebuah kesepakatan yang dilaporkan bernilai € 29,5 juta. Dia mencetak gol pertamanya untuk Inter pada 19 Februari, setelah keluar dari bangku cadangan, gol penentu dalam kemenangan atas 1-0 melawan Bologna.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − eight =