Profil & Biografi Moon Jae-in

Loading...

Moon Jae-in adalah Presiden Korea Selatan saat ini. Ia terpilih setelah proses pemakzulan pendahulunya, Park Geun-hye, dalam pemilihan presiden Korea Selatan tahun 2017. Sejak menjabat, secara tak langsung ia menjadi anggota dari perkumpulan Konferensi Tingkat Tinggi Grup Dua Puluh atau G20. Pertemuan terakhir dari kelompok ini diselenggarakan tanggal 7-8 Juli 2017 di kota Hamburg, Jerman, bersama lebih dari 20 petinggi negara lainnya, seperti Justin Trudeau, Angela Merkel, Joko Widodo, Donald Trump, dan masih banyak lagi.

SEOUL, SOUTH KOREA - MAY 10: South Korea's new President Moon Jae-In speaks during a press conference at the presidential Blue House on May 10, 2017 in Seoul, South Korea. Moon Jae-in of Democratic Party, was elected as the new president of South Korea in the election held on May 9, 2017. (Photo by Kim Min-Hee-Pool/Getty Images)

Sebelum menjadi Presiden, Moon Jae-in ialah seorang mantan aktivis mahasiswa, pengacara hak asasi manusia, dan sekretaris kepresidenan untuk Presiden Roh Moo-hyun. Ia juga pernah menjabat sebagai pemimpin Partai Minjoo Korea (2015-2016) dan anggota Majelis Nasional ke-19 (2012 – 2016). Dia pun merupakan kandidat mantan Partai Demokrat Bersatu dalam pemilihan presiden 2012 di mana dia saat itu kalah tipis dari Park Geun-hye.

Moon Jae-in lahir pada tanggal 24 Januari 1953 di Geoje, Korea Selatan, dan merupakan anak pertama di antara lima anak dari pasangan Moon Yong-hyung dan Kang Han-ok. Orang tuanya adalah pengungsi dari Provinsi South Hamgyeong (sekarang di Korea Utara) yang melarikan diri dari kota asal Hungnam selama evakuasi Hungnam.

Biografi Moon Jae-in 2

Keluarganya kemudian menetap di Busan dan Jae-in bersekolah di Kyungnam High School. Dia lalu mendaftarkan diri di Universitas Kyunghee di mana dia mengambil jurusan hukum. Namun sayangnya, saat berkuliah, Jae-in ditangkap, dihukum, dipenjara dan dikeluarkan dari universitas setelah dia mengorganisir sebuah demonstrasi mahasiswa menentang Konstitusi Yushin. Setelah itu, dia dikerahkan ke militer dan ditugaskan ke pasukan khusus Korea Selatan, di mana dia berpartisipasi dalam “Operasi Paul Bunyan” selama insiden pembunuhan Axe.

Setelah keluar dari pasukan khusus itu, Moon Jae-in lulus Ujian Bar dan diterima di Lembaga Penelitian dan Pelatihan Yudisial. Dia lulus kedua di kelasnya tapi tidak diterima menjadi hakim atau jaksa penuntut karena sejarah aktivisme melawan kediktatoran Yushin di bawah peraturan Park Chung-hee sebagai siswa. Karena itulah, Moon Jae-in lebih memilih menjadi pengacara.

Moon Jae-in, South Korea's president, leaves the stage during the opening ceremony of the Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) annual meeting in Jeju, South Korea, on Friday, June 16, 2017. Investment direction of the AIIB is in line with the economic growth method South Korea is seeking, Moon said. Photographer: SeongJoon Cho/Bloomberg via Getty Images

Setelah menjadi pengacara, Jae-in bermitra dan bekerja sama dengan Presiden Roh Moo-hyun pada tahun 1980-an. Bersama dengan Roh, dia mengambil kasus yang melibatkan isu hak asasi manusia dan hak-hak sipil yang membela aktivis hak-hak buruh dan mahasiswa yang dianiaya karena menentang kediktatoran militer Korea. Mereka terus berteman sampai Roh ditemukan bunuh diri tahun 2009.

Moon Jae-in terpilih sebagai pemimpin Aliansi Politik Baru untuk Demokrasi (NPAD) pada tanggal 2 Februari 2015. Kepemimpinannya itu memimpin mantan pemimpin partai NPAD dan kandidat presiden saingan Ahn Cheol-soo tahun 2012 untuk berhenti dan membentuk Partai Rakyat sentris. Kepergian Ahn tersebut membuat masa jabatan baru bagi Moon Jae-in sebagai pemimpin partai menyebabkan partai liberal yang baru menamai Partai Demokrat yang baru.

Moon Jae-in dianggap sebagai kandidat utama untuk memenangkan pemilihan presiden Korea Selatan pada tahun 2017, untuk menggantikan Park Geun-hye. Dia memenangkan nominasi Partai Demokrat terhadap anggota partai lainnya yaitu Ahn Hee-jung, Lee Jae-myung, dan Choi Sung dengan 57% suara.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − eight =