Profil & Biografi P!nk

Loading...

Alecia Beth Moore atau lebih dikenal dengan nama panggungnya sebagai Pink (sering ditulis sebagai P!nk) adalah seorang penyanyi, penulis lagu, penari dan aktris asal Amerika. Dia masuk ke label rekaman pertamanya bersama R&B girl group, Choice, pada tahun 1995. Labelnya, LaFace Records melihat potensi dalam diri Pink, sehingga mereka menawarkan untuk berkarir solo. Choice pun dibubarkan pada tahun 1998. Pink bangkit sebagai penyanyi dengan album solo debutnya berjudul Can’t Take Me Home tahun 2000.

Biografi P!nk 1

Albumnya ini mendapatkan platinum double-platinum di Amerika Serikat dan menghasilkan dua lagu Billboard Hot 100 lewat “There You Go” dan “Most Girls”. Dia mendapatkan pengakuan lebih lanjut dengan lagunya “Lady Marmalade” untuk menjadi soundtrack film “Moulin Rouge!”yang dimainkan oleh Nicole Kidman. Single ini memberinya penghargaan Grammy Award pertamanya dan juga menjadi single pertamanya di puncak Billboard Hot 100.

Album ketiga Pink yang bertajuk “Try This” (2003) berhasil menghasilkan penjualan yang jauh lebih rendah, namun mendapatkan Grammy Award untuk Best Female Rock Vocal Performance. Pink menghidupkan kembali popularitasnya dengan album studio keempat dan kelima, “I’m Not Dead” (2006) dan “Funhouse” (2008), yang diantaranya berisi single hit nomor satu di Amerika Serikat berjudul “So What”.

Biografi P!nk 2

Diakui karena vokal dan performanya yang kuat, Pink telah menjual lebih dari 42 juta album di seluruh dunia, termasuk lebih dari 16 juta album di Amerika Serikat. Penghargaan karirnya meliputi tiga penghargaan Grammy Awards, Brit Award, Daytime Emmy Award dan enam MTV Video Music Awards. Pada tahun 2009, Billboard menamai Pink sebagai the Pop Songs Artist of the Decade.

Wanita yang lahir pada tanggal 8 September 1979 ini juga merupakan penyanyi solo wanita yang lagunya paling banyak dimainkan di Inggris selama dekade 2000-an, setelah Madonna. VH1 menempatkan Pink pada peringkat nomor 10 di daftar 100 Wanita Terhebat di dunia Musik, sementara Billboard memberikan penghargaan kepadanya sebagai Woman of the Year pada tahun 2013. Pada ajang penghargaan BMI Pop Awards ke-63, Pink menerima Penghargaan Presiden BMI untuk “prestasinya yang luar biasa dalam penulisan lagu dan dampak global terhadap budaya pop dan industri hiburan. ”

NEW YORK, NY - DECEMBER 10: Singer-songwriter P!nk attends Billboard's annual Women in Music event at Capitale on December 10, 2013 in New York City. (Photo by Larry Busacca/Getty Images)

Pada bulan Februari 2016, Pink akan meliput lagu Beatles, “Lucy in the Sky with Diamonds “, untuk seri Netflix yang akan datang, Beat Bugs. Pada bulan yang sama pula, diumumkan bahwa dia telah merekam cover lagu “White Rabbit” untuk film “Alice Through the Looking Glass”, sementara pada bulan April 2016, Pink juga ikut menyumbangkan lagu “Just like Fire” ke soundtrack film tersebut.

Pada bulan Juli 2016, diumumkan bahwa Pink telah menuliskan sebuah lagu untuk penyanyi Prancis-Kanada, Celine Dion, yang berjudul “Recovering” untuk dimasukkan ke dalam album bahasa Inggrisnya yang akan datang. Di tanggal 10 Maret 2017 lalu, Pink bekerja sama dengan Stargate (tim produksi) dan bintang Australia, Sia, pada single debut duo mereka dengan single “Waterfall”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =