Profil & Biografi Sulli

Loading...

Choi Jin-ri atau lebih dikenal dengan nama panggungnya Sulli, adalah aktris dan model asal Korea Selatan. Dia adalah mantan anggota girlband bernama f(x). Pada tanggal 7 Agustus 2015 lalu, diumumkan bahwa Sulli telah secara resmi menarik diri dari kelompok tersebut untuk melanjutkan karir aktingnya dan S.M. Entertainment akan terus memanage Sulli dalam karir aktingnya. Film terbarunya yang tayang baru-baru ini adalah “Real”, hasil kolaborasi akting bersama Kim Soo Hyun.

Biografi Sulli 1

Sulli lahir pada tanggal 29 Maret 1994, di Busan, Korea Selatan. Nama kelahirannya adalah Choi Jin-ri, nama yang diartikan sebagai “kebenaran” dalam bahasa Korea. Dia adalah satu-satunya anak perempuan di keluarganya dan memiliki dua kakak laki-laki dan seorang adik laki-laki. Ibunya pun telah mendaftarkannya di sekolah akting sejak ia usia muda. Sulli pertama kali datang ke Seoul pada tahun 2004 dan setahun kemudian, dia memulai karir aktingnya, berperan sebagai Putri Seonhwa muda Silla dalam drama SBS “Ballad of Seodong”.

Kemudian, Sulli menghadiri sebuah audisi yang diadakan oleh S.M. Entertainment, di mana dia saat itu menyanyikan lagu berjudul Chingu dari S.E.S. Setelah lolos audisi, Sulli secara resmi menjadi seorang trainee di S.M dan pada tahun yang sama, ia pindah ke asrama dengan Taeyeon dan Tiffany dari Girls ‘Generation. Dia terus tinggal di sana sampai debut Girls ‘Generation, di tahun 2007. Hingga pada tanggal 5 September 2009, Sulli akhirnya memulai debutnya sebagai anggota kelompok f(x), dengan single “La Cha Ta”.

Biografi Sulli 2

Di tengah gencarnya promosi Red Light, Sulli dengan tiba-tiba memutuskan hiatus dari industri hiburan Korea karena ia kelelahan secara mental dan fisik. Apalagi ia selalu menerima komentar negatif terus-menerus dan berita palsu yang telah disebarkan tentang dirinya. Berita hiatusnya itu diumumkan secara resmi pada tanggal 24 Juli 2014. Sampai pada bulan Agustus 2015, diumumkan bahwa Sulli telah secara resmi keluar dari kelompok tersebut.

Dalam karirnya di dunia seni peran, Sulli mulai berakting secara profesional pada usia 11 tahun, saat ia terpilih untuk bermain Putri Seonhwa muda Silla di drama televisi SBS “Ballad of Seodong”. Dia terus mengambil peran kecil dalam drama televisi dan film seperti “Vacation” (2006), “Punch Lady” (2007), “The Flower Girl is Here” (2007) dan “BABO” (2008).

Biografi Sulli 3

Pada bulan Agustus 2012, Sulli ditunjuk untuk membintangi sebagai peran utama di “To the Beautiful You”, drama yang diadaptasi dari serial manga shojo Jepang yang terkenal yaitu “Hanazakari no Kimitachie”. Serial drama ini mulai disiarkan pada 15 Agustus 2012 di channel SBS.

Sulli memainkan karakter bernama Gu Jae-hee, yang menyamar sebagai anak laki-laki untuk menghadiri sekolah yang sama dengan pria yang disukainya. Untuk mempersiapkan perannya, rambut panjang Sulli pun rela dipotong sepanjang 60 cm. Namun pengorbanannya membuat ia berhasil memenangkan New Star Award di SBS Drama Awards atas penampilannya dalam drama tersebut.

Pada bulan Agustus 2014, ia tampil dalam film petualangan periode “The Pirates” bersama Son Ye-jin dan Kim Nam-gil. Dia memainkan karakter pendukung bernama Heuk-myo, seorang gadis muda yang menjadi bajak laut setelah diselamatkan oleh kapten wanita. Kemudian, ia memainkan peran utama dalam film komedi “Fashion King”, berdasarkan seri webtoon dengan nama yang sama, di samping Joo Won dan Kim Sung-oh.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 12 =