Profil & Biografi Drake

Loading...

Aubrey Drake Graham atau sering dipanggil dengan nama panggungnya, Drake, adalah seorang rapper, penyanyi-penulis lagu, produser rekaman, dan aktor asal Kanada. Awalnya ia mendapatkan pengakuan sebagai aktor serial televisi drama remaja berjudul “Degrassi: The Next Generation” di pada tahun 2000-an. Demi mengejar karir sebagai rapper, Drake meninggalkan serial tersebut pada tahun 2007 setelah merilis mixtape debutnya, “Room for Improvement”. Dia lalu merilis dua proyek independen lagi, “Comeback Season” dan “So Far Gone”, sebelum menandatangani kontrak bersama Lil Wayne’s Young Money Entertainment pada bulan Juni 2009.

Biografi Drake 1

Mantan kekasih Rihanna ini akhirnya merilis album studio debutnya bertajuk “Thank Me Later” pada tahun 2010. Album ini memulai debutnya di urutan 1 di Billboard 200 A.S. dan segera mendapatkan sertifikat platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA). Dua single rilis berikutnya adalah “Take Care” tahun 2011 dan “Nothing Was the Same” tahun 2013 juga mendapatkan sertifikasi empat kali lipat dan triple platinum di Amerika Serikat. Drake pun berhasil meraih Grammy Award pertamanya untuk Best Rap Album.

Drake kemudian merilis album keempatnya, “Views”, pada tahun 2016 yang memecahkan beberapa rekor dalam sepanjang karirnya. Album yang dipengaruhi dancehall ini duduk di atas Billboard 200 selama sepuluh minggu berturut-turut sehingga menjadi album pertama oleh artis solo pria yang melakukannya selama lebih dari 10 tahun. Lagunya berjudul “One Dance” menduduki puncak tangga lagu di beberapa negara, termasuk A.S., Inggris dan Kanada, yang menjadi nomor satu pertamanya sebagai artis solo.

Biografi Drake 2

Pencapaian ini membuat Drake memimpin Billboard Hot 100 dan Billboard 200 secara bersamaan selama delapan minggu, mendekati rekor yang dipegang oleh Whitney Houston. Pria yang lahir tanggal 24 Oktober 1986 tersebut mendapatkan penghargaan platinum empat kali lipat di A.S., dan menghasilkan lebih dari sejuta unit kopi album di minggu pertama peluncurannya. Single “Hotline Bling” memberi Drake kemenangan Grammy Awards kedua dan ketiga, untuk Best Rap / Sung Performance dan Best Rap Song, pada acara ke-59 organisasi tersebut.

Drake memegang beberapa rekor chart Billboard. Dia memiliki lagu paling banyak (154 lagu) di antara artis solo dalam sejarah Billboard Hot 100 dalam daftar lagu yang paling sering diputar dalam satu minggu dan debut paling Hot 100 dalam seminggu. Drake juga memiliki single nomor satu di Hot Rap Songs, Hot R & B / Hip-Hop Airplay dan Rhythmic Charts. Di samping penghargaan Grammy Award-nya, Drake telah memenangkan tiga Juno Awards dan enam American Music Awards.

Biografi Drake 3

Selain menjadi penyanyi dan rapper, Drake juga telah mengembangkan usaha lain, termasuk label rekaman OVO Sound-nya dengan kolaborator lama Nuh “40” Shebib. Drake bertindak sebagai produser, berproduksi dengan nama samaran Champagne Papi. Dengan menggunakan brand “OVO”, Drake memiliki lini pakaian sendiri dan programnya sendiri di Beats 1 Radio. Dia juga saat ini memegang jabatan sebagai duta besar global untuk franchise NBA, Toronto Raptors.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =