Profil & Biografi Hrithik Roshan

Loading...

Hrithik Roshan adalah seorang aktor India yang muncul dalam berbagai film Bollywood. Putra dari pembuat film Rakesh Roshan ini telah banyak memerankan beragam karakter dan dikenal dengan kemampuan menarinya. Dia adalah salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di India, selain Shahrukh Khan, dan telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk enam buah Filmfares.

Biografi Hrithik Roshan 1

Hrithik Roshan lahir pada tanggal 10 Januari 1974 di Mumbai dari keluarga Punjabi yang terkenal di Bollywood. Ayahnya ialah sutradara film bernama Rakesh Roshan, yang juga seorang putra dari direktur musik Roshanlal Nagrath. Ibunya sendiri bernama Pinky, ialah seorang putri produser dan sutradara J. Om Prakash. Pamannya, Rajesh, adalah seorang komposer musik. Roshan juga memiliki kakak perempuan bernama Sunaina, dan bersekolah di Bombay Scottish School.

Hrithik Roshan sudah sering berkolaborasi dengan ayahnya. Dia tampil secara singkat sebagai aktor anak di beberapa film sepanjang tahun 1980-an, dan kemudian bekerja sebagai asisten direktur di empat film karya ayahnya. Peran utamanya yang pertama adalah di box office sukses berjudul “Kaho Naa … Pyaar Hai” tahun 2000, dimana saat itu ia menerima beberapa penghargaan. Penampilannya di drama terorisme tahun 2000 “Fiza” dan melodrama “Kabhi Khushi Kabhie Gham” membuat reputasinya meroket meskipun diikuti oleh beberapa film yang kurang mendapat sambutan dari masyarakat India.

Biografi Hrithik Roshan 2

Film fiksi ilmiah tahun 2003 berjudul “Koi … Mil Gaya”, yang membuat Hrithik Roshan memenangkan dua Penghargaan Filmfare dalam nominasi Aktor Terbaik dan Aktor Terbaik dari para Kritikus, adalah puncak kesuksesan dalam karirnya. Dia juga bahkan tampil dengan sempurna dalam dua film sekuel yang sangat sukses yakni “Krrish” (2006) dan “Krrish 3” (2013).

Hrithik Roshan kembali mendapat pujian atas aktingnya sebagai pencuri di film petualangan aksi tahun 2006 berjudul “Dhoom 2”, seorang kaisar Mughal Akbar dalam roman sejarah 2008 “Jodhaa Akbar” dan seorang pria lumpuh dalam drama tahun 2010 berjudul “Guzaarish”. Kesuksesannya semakin berlanjut berkat drama “ Zindagi Na Milegi Dobara”, film bertema balas dendam berjudul “Agneepath” dan komedi aksi “Bang Bang!” pada tahun 2014.

Biografi Hrithik Roshan 3

Hrithik Roshan juga tampil di panggung dan memulai debutnya di layar televisi lewat “Just Dance” (2011). Beberapa waktu kemudian, ia menjadi bintang film dengan bayaran tertinggi di televisi India. Dia juga terlibat dengan sejumlah kasus kemanusiaan melalui beberapa merek dan produk yang telah meluncurkan lini pakaiannya sendiri. Pria berumur 43 tahun ini telah menikah bersama Sussanne Khan, dan dianugerahi dua orang anak.

Untuk perannya dalam film “Kaho Naa … Pyaar Hai”, “Koi … Mil Gaya”, “Dhoom 2” dan “Jodhaa Akbar”, Hrithik Roshan memenangkan Penghargaan Filmfare sebagai Aktor Terbaik. Dia juga memenangkan penghargaan Best Male Debut untuk “Kaho Naa … Pyaar Hai” dan Aktor Terbaik (Kritikus) untuk perannya dalam film “Koi … Mil Gaya”. Film terkenal lainnya yang pernah ia perankan adalah “Kabhi Kushi Kabhie Gham” tahun 2001, “Krrish” tahun 2006, “Lakshya” tahun 2004, dan “Kaabil” tahun 2017 ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =