Profil & Biografi Mauricio Macri

Loading...

Mauricio Macri adalah Presiden Argentina saat ini dan telah menjabat sejak tahun 2015 lalu menggantikan Cristina Fernandez de Kirchner. Setelah menjadi mantan insinyur sipil, Macri memenangkan pemilihan presiden pertama dalam sejarah Argentina dan merupakan presiden non-Radikal yang terpilih secara demokratis sejak 1916. Dia adalah kepala pemerintahan Buenos Aires dari tahun 2007 sampai 2015, dan mewakili kota di Kongres Argentina dari tahun 2005 sampai 2007.

Biografi Mauricio Macri 1

Mauricio Macri lahir di Tandil, Provinsi Buenos Aires, pada tanggal 8 Februari 1959. Ia adalah anak dari Francesco Macri, seorang pengusaha terkemuka Italia di sektor industri dan konstruksi, dan dibesarkan di rumah bangsawan. Ia menerima gelar sarjana teknik sipil dari Pontificial Catholic University Argentina, lalu melanjutkan pendidikannya di Columbia Business School di New York City. Macri juga pernah menjadi presiden Boca Juniors, salah satu dari dua klub sepak bola paling populer di Argentina, pada tahun 1995. Pada tahun 2005, dia mendirikan Partai Republik (Propuesta Republicana, yang juga dikenal sebagai PRO).

Walaupun Mauricio Macri adalah calon presiden potensial dalam pemilihan umum 2011, ia malah mencalonkan kembali sebagai walikota. Dia menerima sekitar 47 % suara dalam pemilihan walikota, yang menyebabkan pemilihan pada tanggal 31 Juli 2011 melawan Daniel Filmus, dimana saat itu Macri dipilih kembali untuk masa jabatan kedua berturut-turut.

mauricio macri, presidente electo. conferencia de prensa foto: Silvana Colombomauricio macri, presidente electo. conferencia de prensa foto: Silvana Colombo

Pada tanggal 22 November 2015, setelah pertandingan di putaran pertama pemilihan presiden pada tanggal 25 Oktober, Mauricio Macri menerima 51,34 % suara untuk mengalahkan kandidat Front for Victory, Daniel Scioli, dan diresmikan pada tanggal 10 Desember 2015 di Kongres Argentina. Pada tahun 2016 lalu, Mauricio Macri dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia dan presiden paling berkuasa di Amerika Latin oleh majalah berita A.S. “Time”.

Pengalaman profesional Mauricio Macri dimulai di SIDECO Americana, sebuah perusahaan konstruksi yang merupakan bagian dari perusahaan induk Socma Group ayahnya, di mana dia bekerja selama tiga tahun sebagai analis junior dan menjadi analis senior. Pada tahun 1984, ia lalu bekerja di departemen kredit Citibank Argentina di Buenos Aires.

Argentina's President Mauricio Macri gives a statement at the government house in Buenos Aires, Argentina, Thursday, April 7, 2016. An Argentine prosecutor on Thursday asked for an investigation into President Mauricio Macri's role in offshore companies, adding to the global fallout from a massive leak of documents from a Panama law firm. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Mauricio Macri kemudian bergabung dengan Socma Group pada tahun yang sama, dan kemudian menjadi General Manager pada tahun 1985. Pada tahun 1992, dia menjadi wakil presiden Sevel Argentina (yang memproduksi mobil Fiat dan Peugeot dengan lisensi di Argentina sebagai bagian dari Socma), dan menjadi presiden dua tahun kemudian.

Namun ternyata Mauricio Macri pernah merasakan pengalaman yang mengerikan. Pada tahun 1991, ia diculik selama 12 hari oleh petugas Polisi Federal Argentina. Ia di sekap dalam sebuah ruangan kecil dengan toilet kimia dan sebuah lubang di atapnya untuk menerima makanan. Macri pun akhirnya dibebaskan saat keluarganya membayar uang tebusan jutaan dolar. Karena kejadian inilah, ia menyatakan niatnya untuk masuk ke dalam dunia politik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 8 =