Profil & Biografi Tim Cook

Loading...

Salah satu tokoh yang paling mempengaruhi dunia teknologi ialah Tim Cook. Pria berumur 56 tahun dengan nama lengkap Timothy Donald Cook ini adalah seorang eksekutif bisnis asal Amerika, insinyur engineer dan developer. Sejak tahun 2011 lalu, Tim Cook menjabat sebagai Chief Executive Officer Apple Inc., yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Operating Officer perusahaan, di bawah sang pendirinya Steve Jobs.

Biografi Tim Cook 1

Tim Cook bergabung dengan Apple pada bulan Maret 1998 sebagai wakil presiden senior operasi di seluruh dunia dan kemudian menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif untuk penjualan dan operasi di seluruh dunia. Dia lalu diangkat menjadi Chief Executive pada tanggal 24 Agustus 2011. Selama masa jabatannya sebagai Chief Executive, Tim Cook telah menganjurkan reformasi politik pengawasan internasional dan domestik, keamanan dunia maya, perpajakan perusahaan baik di dalam maupun di luar negeri, manufaktur Amerika, dan pelestarian lingkungan.

Pada tahun 2014, Tim Cook menjadi Chief Executive pertama perusahaan Fortune 500 yang secara terbuka mengaku dirinya sebagai gay. Ia juga bertugas di dewan direksi Nike, Inc. dan National Football Foundation. Di awal tahun 2012-an, Tim Cook dianugerahi kompensasi satu juta saham, direkrut pada tahun 2016 dan 2021, oleh dewan direksi Apple, dan pada bulan Maret 2015, dia mengatakan bahwa berencana untuk menyumbangkan seluruh kekayaannya untuk amal.

Biografi Tim Cook 2

Bernama lengkap Timothy Donald Cook, ia lahir pada tanggal 1 November 1960 di Mobile, Alabama, Amerika Serikat. Dia dibaptis di Gereja Baptis dan dibesarkan di dekat Robertsdale. Ayahnya, Donald, adalah seorang pekerja galangan kapal, dan ibunya, Geraldine, bekerja di apotek. Tim Cook lulus dari Robertsdale High School dan memperoleh gelar Bachelor of Science (B.S.) dalam bidang teknik industri dari Auburn University pada tahun 1982, dan Master of Business Administration (MBA) dari Duke University Fuqua School of Business pada tahun 1988.

Setelah lulus dari Universitas Auburn pada tahun 1982, Tim Cook menghabiskan 12 tahun berbisnis komputer pribadi IBM, yang pada akhirnya menjabat sebagai direktur fulfillment Amerika Utara. Pada saat inilah, ia memperoleh gelar MBA dari Duke University, sehingga menjadi Fuqua Scholar pada tahun 1988. Kemudian, dia menjabat sebagai Chief Operating Officer divisi reseller komputer Intelligent Electronics, dan pada tahun 1997, ia menjadi Wakil Presiden untuk Materi Perusahaan di Compaq selama 6 bulan.

Biografi Tim Cook 3

Pada tahun 1998, Steve Jobs meminta Tim Cook untuk bergabung dengan Apple. Dalam sebuah pidato di Auburn University, Tim Cook mengatakan bahwa dia memutuskan untuk bergabung dengan Apple setelah bertemu dengan Jobs untuk pertama kalinya. Posisi pertamanya diperusahaan itu ialah Senior Vice President untuk operasi di seluruh dunia.

Pada bulan Januari 2007, Tim Cook dipromosikan untuk memimpin operasi dan menjabat sebagai Chief Executive di tahun 2009, sementara Jobs pergi karena masalah kesehatan. Pada bulan Januari 2011, dewan direksi Apple menyetujui cuti medis ketiga yang tidak diminta oleh Jobs. Selama waktu itu, Tim Cook bertanggung jawab atas sebagian besar operasi Apple sehari-hari, sementara Jobs membuat keputusan yang paling besar.

Setelah Steve Jobs mengundurkan diri sebagai CEO dan hanya menjadi ketua dewan pengurus, Tim Cook diangkat sebagai Chief Executive Officer Apple Inc. yang baru pada tanggal 24 Agustus 2011. Enam minggu kemudian, pada tanggal 5 Oktober 2011, Jobs meninggal karena komplikasi dari kanker pankreas.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =