Profil & Biografi Coco Chanel

Loading...

Siapa yang tidak tahu dengan brand Chanel? Brand ini sudah sangat terkenal di pelosok dunia dan telah meluncurkan berbagai produk kecantikan, mulai dari pakaian, tas, sepatu, kosmetik, parfum dan masih banyak lagi. Apalagi banyak model dunia yang mengenakan barang-barang Chanel seperti duo Hadid, Gigi dan Bella Hadid, Kendall Jenner, dan lainnya, sehingga tak heran jika Chanel dianggap sebagai brand terkemuka saat ini. Namun tahukah Anda siapa yang menciptakan merk Chanel tersebut? Ya, sosok berjasa tersebut ialah seorang wanita tangguh bernama Coco Chanel.

Biografi Coco Chanel 1

Gabrielle Bonheur Chanel atau lebih dijuluki sebagai Coco Chanel adalah seorang perancang busana dan pengusaha asal Prancis. Dia adalah pendiri dan pemberi nama dari merek Chanel. Ia dinobatkan sebagai tokoh bersejarah yang membebaskan wanita dari batasan berpakaian “siluet korset” yang kemudian mempopulerkan gaya chic yang sporty sebagai standar gaya feminin.

Pencipta fashion yang produktif, Coco Chanel memperluas pengaruhnya di luar pakaian couture, dengan mewujudkan estetika desainnya dalam perhiasan, tas tangan, dan wewangian. Aroma khas buatannya disebut dengan Chanel No. 5, telah menjadi produk ikonik dunia hingga saat ini. Dia adalah satu-satunya perancang busana yang terdaftar di daftar majalah TIME dari 100 orang paling berpengaruh di abad 20. Bahkan Chanel sendiri yang merancang monograf brand Chanel bertanda CC, yang berarti Coco Chanel sejak tahun 1920-an.

Gabrielle Chanel, 1931

Wanita yang lahir pada tanggal 19 Agustus 1883 ini dikenal karena seorang wanita penuh tekad, ambisi, dan energi seumur hidupnya, yang terus dia terapkan pada kehidupan profesional dan sosialnya. Coco Chanel berhasil meraih kesuksesan finansial sebagai pengusaha dan melambungkan derajat sosial di masyarakat Prancis yang lebih tinggi, berkat koneksi yang dia dapatkan melalui pekerjaannya.

Sejak tahun 1971 dimulai, Coco Chanel yang menginjak 87 tahun jatuh sakit. Walaupun begitu, ia masih rutin melakukan persiapan katalog musim semi di tahun itu. Dia lalu pergi untuk perjalanan panjang pada sore hari Sabtu tanggal 9 Januari 1971. Namun setelah itu, Coco Chanel pun merasa sakit sehingga ia pergi tidur lebih awal. Takdir berkata lain, wanita ini pun meninggal pada esok harinya, tanggal 10 Januari 1971, di Hotel Ritz, tempat dimana ia tinggal selama lebih dari 30 tahun.

Biografi Coco Chanel 3

Pemakamannya diadakan di Église de la Madeleine yang mana peti matinya ditutupi dengan bunga putih kamelia, gardenias, anggrek, azalea dan beberapa mawar merah. Dia meninggal dengan gaya Chanel yang sebenarnya, seolah ingin mengumumkan: “You see, this is how you die.” Makamnya terletak di Pemakaman Bois-de-Vaux, Lausanne, Swiss, dan sebagian besar warisannya diberikan kepada keponakannya André Palasse, yang tinggal di Swiss, dan kedua putrinya, yang tinggal di Paris.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =