Profil & Biografi Elon Musk

Loading...

Salah satu pria terkaya di dunia saat ini ialah Elon Musk. Pria berumur 46 tahun itu di juluki sebagai “The Real Life Tony Stark” berkat penghasilannya sebagai pendiri sekaligus CEO dari perusahaan SpaceX, Tesla, OpenAl dan SolarCity. Kekasih Amber Heard ini juga seorang pendiri X.com yang bergabung dengan Confinity dan menciptakan nama PayPal. Ingin tahu perjalanan hidup dari seorang ‘Iron Man’ dunia nyata ini? Mari kita simak Profil Elon Musk sebagai berikut.

Biografi Elon Musk 3

Awal Kehidupan
Elon Reeve Musk lahir pada tanggal 28 Juni 1971, di Pretoria, Transvaal, Afrika Selatan. Ia adalah putra dari pasangan Maye Musk, seorang model dan ahli gizi dari Kanada, dan Errol Musk, seorang Insinyur elektromekanis, pilot dan pelaut. Dia memiliki adik laki-laki bernama Kimbal (lahir 1972), dan seorang adik perempuan, Tosca (lahir 1974). Setelah orang tuanya bercerai pada tahun 1980, Elon Musk kebanyakan tinggal dengan ayahnya di pinggiran kota Pretoria.

Pada saat usia 10 tahun, ia mengembangkan minat pada dunia komputasi dengan Commodore VIC-20. Dia belajar sendiri pemrograman komputer pada usia 12 tahun, lalu menjual kode untuk permainan video berbasis BASIC yang dia ciptakan bernama Blastar, ke majalah yang disebut PC and Office Technology, dengan harga sekitar $ 500.

Namun sayangnya, Elon Musk selalu di bully di sepanjang masa kecilnya, dan pernah dirawat di rumah sakit karena sekelompok anak laki-laki tega melemparkannya ke tangga dan kemudian memukulinya sampai dia kehilangan kesadaran.

Elon Musk, chairman and chief executive officer of Tesla Motors Inc., speaks in front of a Tesla Model S electric car on day two of the 2010 North American International Auto Show in Detroit, Michigan, U.S., on Tuesday, Jan. 12, 2010. The 2010 Detroit auto show runs through January 24 and features 60 new vehicle premieres. Photographer: Daniel Acker/Bloomberg via Getty Images

Pendidikan
Elon Musk bersekolah di sekolah swasta, yaitu Waterkloof House Preparatory School berbahasa Inggris. Ia kemudian lulus dari Pretoria Boys High School dan pindah ke Kanada pada bulan Juni 1989, tepat sebelum ulang tahunnya yang ke 18, setelah mendapatkan kewarganegaraan Kanada melalui ibunya yang juga kelahiran Kanada.

Pada saat usia ke-17, Elon Musk diterima di Queen’s University di Kingston, Ontario, untuk studi sarjana. Setelah menghabiskan dua tahun di Queen’s University, ia dipindahkan ke University of Pennsylvania, di mana pada bulan Mei 1997, dia menerima gelar Bachelor of Science di bidang fisika dari Fakultas Seni Rupa dan Ilmu Pengetahuan, dan gelar Bachelor of Science di bidang ekonomi dari Wharton School of Business.

Pada tahun 1995 atau pada saat Elon Musk berusia 24 tahun, ia pindah ke California untuk memulai PhD di bidang ilmu fisika dan material terapan di Universitas Stanford. Namun ia akhirnya meninggalkan program tersebut untuk mengejar cita-citanya sebagai pengusaha di bidang Internet, energi terbarukan dan luar angkasa.

Biografi Elon Musk 3

Karir
Profil Elon Musk tanpa penjelasan karir memang tidaklah lengkap. Karir awal Elon bermula saat ia setelah meninggalkan Stanford dan bekerja sama dengan saudaranya,Kimbal untuk menciptakan sebuah perusahaan IT bernama Zip2. Mereka menghabiskan dua tahun pertama sebagai grind, namun akhirnya surat kabar lokal dan nasional mulai menggunakan Zip2 untuk menawarkan layanan tambahan kepada pelanggannya.

Pada tahun 1999, mesin pencari AltaVista membeli Zip2 seharga $ 307 juta tunai dan $ 34 juta dalam ekuitas sehingga menjadi sebuah rekor pembayaran tunai saat itu. Pada bulan Maret 2000, Elon Musk bekerja sama dengan Peter Thiel dan Max Levchin di X.com, yang kemudian menjadi PayPal. Saat itu, ia diangkat sebagai chairman dan CEO PayPal pada tahun 2001.

Elon Musk lalu bergabung dengan insinyur Martin Eberhard dan Marc Tarpenning di Tesla Motors pada tahun 2004. Dia berpartisipasi dalam desain mobil listrik pertama, Tesla Roadster. Mobil listrik ternyata belum memicu revolusi yang diharapkan Musk, karena harga kendaraan yang sangat tinggi, namun perusahaan tersebut cukup berhasil untuk go public pada tahun 2010.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − ten =