Profil & Biografi James Arthur

Loading...

Nama penyanyi James Arthur memang sempat tenggelam sejak tiga tahun lalu, setelah ia tidak berada di bawah naungan label musik Syco, yang dipimpin oleh Simon Cowell. Simon juga banyak ‘menciptakan’ penyanyi berbakat seperti Zayn Malik dan Harry Styles. Setelah kembali ke Syco, James Arthur mendapatkan kepopularitasnya kembali. Ia pun merilis lagu “Say You Won’t Let Go” yang merajai beberapa tangga lagu. Bukan hanya itu saja Profil James Arthur, masih banyak lagi yang perlu Anda ketahui dari pria berumur 29 tahun ini.

Biografi James Arthur 1

Kehidupan Personal
James Andrew Arthur lahir di Middlesbrough pada tanggal 2 Maret 1988 dari pasangan, Shirley Ashworth, dan Neil Arthur. Neil adalah seorang pengantar paket, tapi juga pernah menjadi DJ dan drummer selama bertahun-tahun, sementara Shirley adalah model fashion yang kemudian menjadi sales profesional penjualan dan pemasaran.

Neil dan Shirley berpisah saat James berusia satu tahun dan masing-masing menetap dengan pasangan baru beberapa tahun setelah perceraian mereka. Mereka hampir tidak berbicara satu sama lain selama lebih dari 20 tahun, namun mereka setuju untuk menghadiri audisi James Arthur di X Factor sebagai satu keluarga untuk mendukungnya. James Arthur juga memiliki empat saudara perempuan bernama Neve Rafferty, Sian Arthur, Jamin Rafferty, serta Charlotte Arthur dan juga satu saudara laki-laki bernama Neil Arthur.

Pendidikan
James Arthur bersekolah di Ings Farm Primary School di Redcar, North Yorkshire. Saat berusia 9 tahun, dia pindah bersama ibunya, Shirley, dan ayah tirinya Ronald Rafferty ke Bahrain di mana dia belajar di British School of Bahrain selama 4 tahun. Ketika mereka berpisah, James yang berusia 14 tahun, pindah kembali ke Inggris bersama ibunya Shirley dan ketiga saudaranya Sian, Jasmin dan Neve tinggal di Coast Road, Redcar. Sekembalinya, dia melanjutkan studi di Ryehills School di Redcar.

Biografi James Arthur 2

Setelah memenangkan The X Factor, James Arthur diundang untuk kembali ke Bahrain secara formal untuk membuka studio latihan musik dan drama Sekolah Inggris Bahrain dan auditorium berisi 400 kursi di sekolah tersebut, keduanya merupakan bagian dari perluasan fasilitas di sekolah tempat dia belajar selama empat tahun. Studio itu pun baru selesai pada tahun 2014.

Perjalanan Karir
James Andrew Arthur adalah seorang penyanyi dan penulis lagu asal Inggris yang memenangkan seri kesembilan The X Factor pada tahun 2012. Singel debutnya, “Impossible”, dirilis oleh Syco Music setelah final dan memulai debutnya di nomor Satu di UK Singles Chart di minggu pertama peluncurannya.

Sejak itu, ia telah berhasil menjual lebih dari 1,4 juta kopi di Inggris, menjadikannya satu pemenang paling sukses dalam sebuah pertunjukan dan telah terjual lebih dari 2,5 juta kopi di seluruh dunia. Single keduanya berjudul “You’re Nobody ’til Somebody Loves You” mencapai nomor 2 di UK Singles Chart. Dia merilis album debutnya yang berjudul self-titled pada bulan November 2013. Album debutnya ini juga memuncak di nomor dua di UK Albums Chart.

Biografi James Arthur 3

Setelah merilis album debutnya, James Arthur justru terlibat dalam serangkaian kontroversi. Hal ini menyebabkan iTunes menawarkan pengembalian dana untuk album tersebut. Rilis tunggal “Recovery” dibuat pada nomor 19, sementara penjualan untuk single keempat “Get Down” hampir tidak menghasilkan angka 100 teratas.

Karena itulah, James Arthur terpaksa berpisah dengan label rekaman Simon Cowell Syco pada tahun 2014. Pada tahun 2015, dia menandatangani kesepakatan baru dengan Columbia Rekaman untuk merilis album studio keduanya di tahun 2016, berjudul Back from the Edge. Namun pada akhirnya, ia masuk kembali ke Syco pada 2016. James Arthur lalu merilis single berjudul “Say You Will not Let Go” pada tanggal 9 September 2016 sebagai lead single dari album studio keduanya Back from the Edge, yang dirilis pada 28 Oktober 2016.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =