Profil & Biografi Xi Jinping

Loading...

Xi Jinping adalah seorang politikus yang menjabat sebagai Sekretaris Jendral Partai Komunis China, Ketua Komisi Militer Pusat, dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok saat ini. Sebagai seorang petinggi sebuah negara, tidak heran jika Xi Jinping menjalani banyak pertemuan bilateral bersama para petinggi negara lainnya, tak terkecuali Presiden Indonesia, Joko Widodo. Selain itu, kami juga akan menjelaskan secara lengkap mengenai Profil Xi Jinping yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Biografi Xi Jinping 1

Awal Kehidupan dan Pendidikan
Xi Jinping lahir di Beijing pada tanggal 15 Juni 1953. Ia adalah anak kedua dari pasangan Xi Zhongxun dan istrinya Qi Xin. Ketika Xi Jinping berusia 10 tahun, ayahnya disisihkan dari Partai Komunis dan dikirim untuk bekerja di sebuah pabrik di Luoyang, Henan. Pada bulan Mei 1966, pendidikan menengah Xi Jinping terpaksa dipotong akibat Revolusi Kultural, ketika semua kelas menengah dihentikan bagi siswa yang mengkritik dan melawan guru mereka.

Pada saat usianya ke-15 tahun, ayahnya dipenjara pada tahun 1968 saat Revolusi Kebudayaan. Tanpa perlindungan ayahnya, Xi Jinping dikirim untuk bekerja di Kabupaten Yanchuan, Shaanxi, pada tahun 1969. Dia kemudian menjadi sekretaris cabang Partai tim produksi, yang pada akhirnya meninggalkan jabatan tersebut pada tahun 1975.

Biografi Xi Jinping 2

Dari tahun 1975 sampai 1979, Xi Jinping mulai belajar teknik kimia di Universitas Tsinghua Beijing sebagai “siswa Pekerja-Petani-Prajurit”. Setelah itu, Xi Jinping menjabat sebagai sekretaris mantan bawahan ayahnya, Geng Biao, seorang wakil perdana menteri dan sekretaris jenderal Komisi Militer Pusat. Hal inilah yang membuat Xi Jinping memiliki beberapa latar belakang militer. Pada tahun 1985, ia ditunjuk sebagai bagian dari delegasi China untuk mempelajari pertanian A.S.

Dari tahun 1998 sampai 2002, Xi Jinping mempelajari filsafat Marxis dan pendidikan ideologis dalam program pascasarjana “on-the-job” di School of Humaniora dan Ilmu Sosial, sekali lagi di Universitas Tsinghua, dan memperoleh gelar Doktor Hukum, yang merupakan bidang yang mencakup hukum, politik, manajemen, dan sejarah revolusioner.

Biografi Xi Jinping 3

Perjalanan Hidup
Putra dari veteran Komunis Xi Zhongxun ini naik melalui jajaran politik di provinsi pesisir China. Ia pernah menjadi gubernur Fujian dari tahun 1999 sampai 2002, yang kemudian menjadi sekretaris partai tetangga Provinsi Zhejiang dari tahun 2002 sampai 2007. Setelah pemberhentian Chen Liangyu, Xi Jinping lalu dipindahkan ke Shanghai sebagai sekretaris partai untuk periode yang singkat di tahun 2007. Ia juga bergabung dengan Komite Tetap Politbiro dan sekretariat pusat pada bulan Oktober 2007, menghabiskan lima tahun berikutnya sebagai penerus yang diduga untuk menggantikan Hu Jintao. Setelah itu, Xi Jinping adalah wakil presiden dari tahun 2008 sampai 2013 dan Wakil Ketua Komisi Militer Pusat dari tahun 2010 sampai 2012.

Sejak memegang kekuasaan, Xi Jinping telah berusaha untuk melegitimasi otoritas Partai Komunis dengan memperkenalkan langkah-langkah luas untuk menegakkan disiplin partai dan untuk memastikan kesatuan internal. Dia-lah yang memprakarsai sebuah kampanye yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melawan korupsi. Xi Jinping juga telah memberlakukan pembatasan lebih lanjut mengenai masyarakat sipil dan wacana ideologis, yang menganjurkan konsep “kedaulatan internet”.

Dianggap sebagai tokoh sentral kepemimpinan generasi kelima dari Partai Rakyat, Xi Xi Jinping telah secara signifikan memusatkan kekuatan institusional dengan mengambil berbagai posisi kepemimpinan, termasuk memimpin Komisi Keamanan Nasional yang baru dibentuk, serta komite pengarah baru mengenai ekonomi dan Reformasi sosial, reformasi militer, dan internet.

Xi Jinping juga telah memperjuangkan kebijakan luar negeri yang lebih tegas, terutama berkaitan dengan hubungan China-Jepang, klaim China di Laut Cina Selatan, dan perannya sebagai pendukung utama perdagangan bebas dan globalisasi. Dia pun berusaha memperluas pengaruh regional China melalui Belt and Road Initiative, memainkan peran utama dalam perang melawan perubahan iklim, dan menginvestasikan banyak energi dan sumber daya alam.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − two =