Profil & Biografi James Wan

Loading...

Kesuksesan film pastinya tidak lepas dari peran sutradaranya. Selain Michael Bay yang sukses dengan series Transformers, sutradara lainnya yang sudah banyak menghasilkan film box office adalah James Wan. Apabila Anda pernah menonton film horor seperti Insidious, The Conjuring, dan film thriller Saw, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama sutradara keturunan Malaysia-Singapura ini. Namun, bagi yang belum tahu, mari Anda simak Profil James Wan di bawah ini.

Biografi James Wan 1

Awal Kehidupan dan Awal Karir
James Wan lahir pada tanggal 27 Februari 1977 di Kuching, Sarawak, Malaysia, dan keturunan Cina Tionghoa. Dia sempat menempuh ilmu di Lake Tuggeranong College di Canberra, sebelum pindah ke Perth. Ia lalu pindah dari Perth ke Melbourne, di mana dia saat itu menjalani perkuliahan di Universitas RMIT.

Sebelum menjadi sutradara terkenal, James Wan sering bekerja sama dengan Leigh Whannel yang sama-sama bersekolah di Australia. Ia bahkan pernah memenangkan pengharggan Best Guerlla Film di Melbourne Underground Film Festival tahun 2000 atas karyanya dalam film “Stygian”. Namanya kian terkenal ketika mensutradarai sekaligus memproduseri 4 film thriller “Saw”.

Biografi James Wan 2

Perjalanan Karir
Selepas dari Saw, pada tahun 2007, James Wan membuat film berjudul “Dead Silence”. Film ini menceritakan tentang boneka yang sangat menyeramkan. Setelah itu, namanya kian melejit berkat kepiawaiannya mengarahkan film horor “Insidious”. Sampai detik ini, boleh dibilang jika Insidious merupakan film horor dengan level paling tinggi.

Film Insidious pun dibuat James Wan secara independen. Namun justru itulah yang memberinya keuntungan lebih. Meskipun ia mengaku sebagai penakut, James tetap memberikan yang terbaik buat film horor tersebut. Setelah Insidious, James Wan kembali dipercaya untuk mengarahkan film bergenre sama yaitu “The Conjuring” yang diadopsi dari kisah nyata.

Mandatory Credit: Photo by Stephen Lovekin/TVLine/REX/Shutterstock (5779437av) James Wan, executive producer of 'MacGyver' Portrait Studio, Comic-Con International, San Diego, USA - 21 Jul 2016

Tidak ingin dibilang sutradara spesialis horor dan thriller, pada awal tahun 2013, James Wan mengadakan negosiasi dengan Universal Pictures untuk mengarahkan series ketujuh dari franchise “Fast and Furious” setelah Justin Lin, yang menyutradarai empat sekuel sebelumnya. Hingga pada akhirnya, James Wan dipercaya untuk menggarap film ketujuh dari aksi balapan itu. Film “Fast and Furious 7” pun dirilis pada bulan April 2015. Film ini menjadi film paling sukses dalam hal pendapatan box office dan ulasan kritik di franchise Fast and Furious.

Pada tanggal 20 Oktober 2014, Gary Maddox dari The Sydney Morning Herald mengumumkan bahwa James Wan telah setuju untuk mengarahkan “The Conjuring 2” sebagai bagian dari kesepakatan jangka panjang yang signifikan dengan New Line Cinema. Kepala New Line, Toby Emmerich, menjelaskan bahwa James Wan adalah satu-satunya sutradara yang menandatangani kontrak dengan studio, karena New Line menganggapnya sebagai “kelas satu”. Film ini pun dirilis pada tanggal 10 Juni 2016.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 2 =