Profil & Biografi Jacob Zuma

Loading...

Jacob Zuma adalah Presiden Afrika Selatan saat ini yang dipilih oleh parlemen setelah kemenangan partainya dalam pemilihan umum tahun 2009. Dia terpilih kembali dalam pemilihan 2014 dan menjabat sampai tahun 2017. Jacob Zuma juga menjadi anggota tetap dari Grup Dua Puluh (G20) bersama petinggi negara lainnya seperti Justin Trudeau, Xi Jinping, dan Emmanuel Macron. Berikut ini Profil Jacob Zuma secara lengkap.

Biografi Jacob Zuma 1

Kehidupan Pribadi
Jacob Gedleyihlekisa Zuma lahir di Nkandla, Afrika Selatan pada tanggal 12 April 1942. Ayahnya adalah seorang polisi yang meninggal saat Zuma masih muda, dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Jacob Zuma juga tidak menerima pendidikan formal. Sebagai seorang anak, Zuma terus bermain aktif di sekitar Provinsi Natal dan pinggiran kota Durban di daerah Umkhumbane (dekat Chesterville). Dia memiliki dua saudara laki-laki bernama Michael dan Yusuf.

Jacob Zuma terkenal dengan pria yang poligamis karena sudah menikah sebanyak enam kali. Menurut laporan The Daily Telegraph tahun 2012 lalu, Jacob Zuma memiliki 20 orang anak. Hingga kini, pria berumur 75 tahun itu masih bertahan dengan 3 istrinya yaitu Nompumelelo Ntuli, Thobeka Stacy Mabhija, dan Gloria Bongekile Ngema.

Perjalanan Karir
Jacob Zuma adalah Presiden African National Congress (ANC), partai politik yang memerintah, dan Wakil Presiden Afrika Selatan dari tahun 1999-2005. Ia juga sering disebut dengan inisial namanya JZ dan nama klannya Msholozi. Selain itu, Jacob Zuma menjadi Presiden ANC pada tanggal 18 Desember 2007 setelah mengalahkan Thabo Mbeki yang sedang berkuasa dalam konferensi ANC di Polokwane.

Biografi Jacob Zuma 2

Dia terpilih kembali sebagai pemimpin ANC pada konferensi ANC di Mangaung pada tanggal 18 Desember 2012, mengalahkan penantang Kgalema Motlanthe oleh mayoritas besar. Jacob Zuma juga anggota dari Partai Komunis Afrika Selatan (SACP), namun hanya sebentar bertugas di Politbiro partai sampai ia meninggalkan partai tersebut pada tahun 1990.

Pada tanggal 20 September 2008, Thabo Mbeki mengumumkan pengunduran dirinya setelah dipanggil kembali oleh Komite Eksekutif Nasional Kongres Nasional Afrika. Hal ini terjadi setelah Hakim Pengadilan Tinggi Afrika Selatan, Christopher Nicholson, memutuskan bahwa Mbeki telah secara tidak benar mengganggu operasi National Prosecuting Authority (NPA), termasuk penuntutan Jacob Zuma karena korupsi.

Jacob Zuma lalu menghadapi tantangan hukum yang signifikan. Dia didakwa melakukan pemerkosaan pada tahun 2005, namun dibebaskan. Dia juga berjuang dalam pertempuran hukum yang panjang mengenai tuduhan pemerasan dan korupsi, yang diakibatkan oleh penasihat keuangannya, Schabir Shaik, atas korupsi dan kecurangan.

Biografi Jacob Zuma 3

Pada tanggal 6 April 2009, NPA menjatuhkan tuntutan tersebut, dengan alasan campur tangan politik, walaupun keputusan tersebut berhasil ditantang oleh partai-partai oposisi, dan dakwaannya sekarang ada sebelum NPA dipertimbangkan kembali.

Setelah upgrade yang didanai oleh negara bagian yang luas ke wisma pedesaannya di Nkandla, Pelindung Publik menemukan bahwa Jacob Zuma telah memperoleh keuntungan yang tidak semestinya dari pengeluaran tersebut, dan Mahkamah Konstitusi dengan suara bulat memegang Economic Freedom Fighters v Speaker of the National tahun 2016 bahwa Jacob Zuma telah gagal untuk menegakkan Konstitusi negara, yang mengakibatkan seruan pengunduran dirinya dan usaha impeachment yang gagal di Majelis Nasional.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 19 =