Profil & Biografi Satya Nadella

Loading...

Satya Nadella adalah Chief Executive Officer (CEO) Microsoft saat ini. Ia diangkat sebagai CEO pada tanggal 4 Februari 2014, menggantikan Steve Ballmer. Sebelum menjadi CEO Microsoft, Satya adalah seorang Executive Vice President dari perusahaan Microsoft Cloud, yang bertanggung jawab untuk membangun dan menjalankan platform komputasi perusahaan, alat pengembang dan layanan komputasi awan.

Biografi Satya Nadella 1

Awal Kehidupan
Bernama lengkap Satya Narayana Nadella, ia lahir dalam keluarga berbahasa Telugu di Hyderabad, India (sekarang di negara bagian Telangana) pada tanggal 19 Agustus 1967. Ayahnya, Bukkapuram Nadella Yugandher, diidentifikasi sebagai seorang Marxis dan merupakan pegawai sipil dari Indian Administrative Service.

Satya Nadella menempuh ilmu di Hyderabad Public School, Begumpet, sebelum meraih gelar BE di bidang Teknik Elektro dari Institut Teknologi Manipal (sekarang menjadi bagian dari Universitas Mangalore) pada tahun 1988. Ia lalu pergi ke A.S. untuk belajar Master of Science dalam Ilmu Komputer di University of Wisconsin-Milwaukee, menerima gelar pada tahun 1990. Kemudian, ia menerima gelar MBA dari University of Chicago.

Kehidupan Pribadi
Pada tahun 1992, Satya Nadella menikahi Anupama, anak perempuan dari teman kerja ayahnya di Indian Service Service (IAS), K.R. Venugopal. Kedua keluarga sudah saling mengenal selama tiga puluh tahun dan pernikahan itu diatur oleh orang tua mereka. Pasangan ini memiliki tiga orang anak yaitu seorang putra dan dua anak perempuan, dan tinggal di Bellevue, Washington.

Biografi Satya Nadella 2

Satya Nadella adalah pembaca setia puisi Amerika dan India. Dia juga memiliki ketertarikan pada kriket, setelah bermain di tim sekolahnya. Dia juga pernah menyebutkan sesuatu tentang kepemimpinan dan kerja tim dari kriket. Dia memiliki tongkat kriket yang ditandatangani oleh Sachin Tendulkar sebagai milik pribadinya yang favorit.

Pada bulan Juni 2016, diumumkan bahwa Satya Nadella akan menerbitkan buku pertamanya, dengan tanggal penerbitan yang direncanakan pada musim gugur 2017. Dengan judul ‘Hit Refresh’, buku ini akan mengeksplorasi hidupnya, Microsoft dan bagaimana teknologi akan membentuk masa depan. Keuntungan dari buku ini akan diajukan ke Microsoft Philanthropies di mana ia akan melanjutkan untuk membantu organisasi nirlaba.

Perjalanan Karir
Satya Nadella awalnya bekerja dengan Sun Microsystems sebagai anggota staf teknologi sebelum bergabung dengan Microsoft pada tahun 1992. Di Microsoft, ia telah memimpin proyek-proyek besar yang mencakup peralihan perusahaan ke komputasi awan dan pengembangan salah satu infrastruktur awan terbesar di dunia.

Biografi Satya Nadella 3

Setelah itu, Satya Nadella bekerja sebagai wakil presiden senior Riset dan Pengembangan (R & D) untuk Divisi Layanan Online dan wakil presiden Divisi Bisnis Microsoft. Kemudian, dia menjadi presiden Server dan Bisnis Alat Microsoft yang memimpin transformasi budaya bisnis dan teknologi perusahaan dari layanan klien ke infrastruktur dan layanan awan.

Dia bahkan diberi award karena membantu membawa database Microsoft, Windows Server dan alat pengembang ke awan Azure-nya. Pendapatan dari Cloud Services tumbuh menjadi $ 20,3 miliar pada bulan Juni 2013 dari $ 16,6 miliar saat dia mengambil alih di tahun 2011. Pada tanggal 4 Februari 2014, Satya Nadella diumumkan sebagai CEO baru Microsoft, chief executive ketiga dalam sejarah perusahaan, mengikuti Bill Gates dan Steve Ballmer.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =