Profil & Biografi Benedict Cumberbatch

Loading...

Benedict Cumberbatch adalah aktor Inggris yang pernah tampil di film, televisi, teater dan radio. Selama karirnya di dunia industri hollywood, pria berumur 41 tahun ini paling dikenang atas perannya sebagai superhero Doctor Strange dalam film “Doctor Strange” oleh Marvel. Ia juga akan muncul dalam film “Thor Ragnarok” yang tayang 2017 ini bersama dengan Chris Hemsworth, Tom Hiddleston, dan Cate Blanchett.

Biografi Benedict Cumberbatch 1

Awal Kehidupan
Bernama lengkap Benedict Timothy Carlton Cumberbatch, ia lahir pada tanggal 19 Juli 1976 di London dan anak dari pasangan aTimothy Carlton dan Wanda Ventham. Ia dibesarkan di wilayah Royal Borough of Kensington and Chelsea. Dia memiliki saudara tiri bernama Tracy Merak, dari pernikahan pertama ibunya. Kakeknya, Henry Carlton Cumberbatch, adalah perwira kapal selam dari kedua Perang Dunia, dan tokoh terkemuka masyarakat London.

Benedict Cumberbatch menempuh ilmu di sekolah asrama sejak usia 8 tahun dan dididik di Sekolah Brambletye di West Sussex. Ia merupakan seorang ilmuwan seni di Sekolah Harrow. Dia juga menjadi anggota The Rattigan Society, klub utama Harrow untuk seni dramatis, yang dinamai oleh Old Harrovian dan Terence Rattigan.

Semasa mudanya, Benedict banyak terlibat dalam karya Shakespeare di sekolah dan membuat debut aktingnya sebagai Titania, Queen of the Fairies, dalam “A Midsummer Night’s Dream”, saat berusia 12 tahun. Guru drama Cumberbatch, Martin Tyrell, memanggilnya “aktor sekolah terbaik” yang pernah dia tangani.

Setelah meninggalkan Harrow, ia mengambil jeda tahun untuk menjadi relawan sebagai guru bahasa Inggris di sebuah biara Tibet di Darjeeling, India. Benedict kemudian kuliah di University of Manchester, di mana dia belajar Drama. Ia melanjutkan pelatihannya sebagai aktor di London Academy of Music dan Dramatic Art yang lulus dengan MA in Classical Acting.

Biografi Benedict Cumberbatch 2

Perjalanan Karir
Benedict Cumberbatch lulus dari University of Manchester dan melanjutkan pelatihannya di London Academy of Music dan Drama hingga mendapatkan Master of Arts dalam Akting Klasik. Dia pertama kali tampil di Open Air Theatre, Regent’s Park dalam produksi Shakespeare dan membuat debut West End-nya yang menggambarkan George Tesman dalam kebangkitan Richard Eyre dari Hedda Gabler pada tahun 2005. Sejak saat itu, dia mulai membintangi produksi Royal National Theater seperti “After the Dance” (2010) dan “Frankenstein” (2011). Pada tahun 2015, ia berperan sebagai William Shakespeare dalam “Hamlet” di Teater Barbican.

Karya televisi Benedict Cumberbatch mencakup “Silent Witness” (2002) dan “Fortysomething” (2003), sebelum berperan sebagai Stephen Hawking di film televisi “Hawking” pada tahun 2004. Dia juga telah membintangi Sherlock Holmes dalam serial “Sherlock” sejak tahun 2010. Selain itu, Benedict mensponsori film adaptasi Tom Stoppard tentang “Parade’s End” (2012) dan “The Hollow Crown: The Wars of the Roses” (2016).

Setelah itu, Benedict telah membintangi “Amazing Grace” (2006) sebagai William Pitt the Younger, “Star Trek Into Darkness” (2013) sebagai Khan, “12 Years a Slave” (2013) sebagai William Prince Ford, “The Fifth Estate” (2013) sebagai Julian Assange dan “The Imitation Game” (2014) seperti Alan Turing.

Dari tahun 2012 sampai 2014, melalui pengambilan suara dan gerak, ia memainkan karakter Smaug dan Necromancer dalam serial film “The Hobbit”. Benedict lalu memainkan karakter Komik Marvel Dr Stephen Strange di Marvel Cinematic Universe, yang pertama kali muncul di film “Doctor Strange” tahun 2016 lalu.

Biografi Benedict Cumberbatch 3

Pria tampan ini telah menerima banyak penghargaan dan nominasi untuk akting termasuk tiga nominasi Laurence Olivier Award, memenangkan Aktor Terbaik dalam sebuah Play for Frankenstein. Dia juga telah menerima empat nominasi Primetime Emmy Award, memenangkan Outstanding Lead Actor di Miniseries atau Movie untuk “Sherlock”.

Penampilannya di The Imitation Game membuatnya mendapatkan nominasi Academy Award untuk Aktor Terbaik. Selain itu, Benedict Cumberbatch juga telah menerima enam nominasi BAFTA, lima nominasi Screen Actors Guild Award dan dua nominasi Golden Globe Award. Pada tahun 2014, majalah Time menyertakannya dalam Time 100 tahunannya sebagai salah satu “Orang Paling Berpengaruh di Dunia”. Dia ditunjuk sebagai CBE oleh Ratu Elizabeth II pada bulan Juni 2015 untuk jasanya dalam seni pertunjukan dan amal.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 7 =