Profil & Biografi Fifth Harmony

Loading...

Fifth Harmony adalah grup penyanyi wanita asal Amerika yang berbasis di Miami, dengan anggota berjumlah 4 yakni Ally Brooke, Normani Kordei, Dinah Jane, dan Lauren Jauregui. Sama seperti Little Mix, grup ini menandatangani kontrak rekaman bersama label Simon Cowell, Syco Records, dan label LA Reid, Epic Records setelah menempati posisi ketiga di musim kedua kompetisi menyanyi televisi Amerika The X Factor pada tahun 2012.

Biografi Fifth Harmony 1

Meraih popularitas menjadi bintang oleh media sosial, debut EP mereka, “Better Together” dan dua album studio mereka, “Reflection” dan “7/27”, semuanya masuk dalam daftar sepuluh besar Billboard 200 di Amerika Serikat. Album studio ketiga mereka juga akan dijadwalkan rilis pada 25 Agustus 2017.

Awal Mula Karir
Sebenarnya, Fifth Harmony berjumlah 5 anggota namun Camila Cabello memutuskan keluar pada Desember 2016. Awalnya, Ally Brooke, Camila Cabello, Normani Kordei, Dinah Jane dan Lauren Jauregui mengikuti audisi solo pada kompetisi musim gugur kedua The X Factor di Amerika.

Mereka gagal maju ke kategori “Remaja”, dan juga Ally Brooke yang gagal maju dalam kategori “Young Adults” sehingga mereka digabungkan untuk membentuk kelompok gadis lima orang di The Fillmore, di Miami, Florida pada tanggal 27 Juli 2012, sehingga memenuhi syarat untuk Kategori “Grup”. Demi Lovato, salah satu juri, bersama Simon Cowell membantu membentuk kelompok tersebut.

Biografi Fifth Harmony 2

Pada babak semifinal, Fifth Harmony menampilkan “Anything Could Happen” karya Ellie Goulding dan karya Shontelle berjudul “Impossible” untuk kedua kalinya selama kompetisi berlangsung. Hasil pemungutan suara malam itu membawa Fifth Harmony ke posisi tiga terakhir bersama Tate Stevens dan Carly Rose Sonenclar.

Di tiga pertunjukan live teratas, Fifth Harmony menampilkan “Anything Could Happen” untuk kedua kalinya sebagai lagu “Song of the Series” mereka. Lagu kedua mereka berduet dengan juri Demi Lovato, menyanyikan lagu “Give Your Heart a Break”. Lagu terakhir mereka malam itu adalah “Let It Be” oleh The Beatles, yang disebut sebagai lagu “$ 5 juta”. Setelah putaran pertama final mereka, sayangnya tidak mendapat cukup suara dari masyarakat untuk maju ke dua besar, dan mereka finish di tempat ketiga pada 20 Desember 2012.

Perjalanan Karir
Setelah keluar dari The X Factor, Fifth Harmony merilis single perdana mereka berjudul “Miss Movin ‘On”, sebelum EP mereka bertajuk “Better Together” yang mendapatkan emas bersertifikat di Amerika Serikat. Video musiknya memenangkan grup MTV Video Music Award untuk Artist to Watch.

This undated publicity image released by Epic Records shows members of Fifth Harmony, from left, Normani Kordei, Camila Cabello, Lauren Jauregui, Ally Brooke, and Dinah Jane Hansen. Fifth Harmony is one of a new crop of girl groups currently on the music scene. (AP Photo/Epic Records)

Fifth Harmony juga kembali merilis album debut mereka “Reflection” pada tahun 2015, yang lagi-lagi menerima sertifikasi emas di dalam negeri. Lagu andalan dalam album ini adalah “Boss”, “Sledgehammer” dan “Worth It”.

Lagu ini mendapatkan sertifikasi triple platinum di Amerika Serikat dan mencapai posisi sepuluh besar di tiga belas negara. Tahun berikutnya, “Work from Home”, yang menjadi single utama dari album kedua mereka, “7/27”, menjadi single dari grup pertama yang masuk dalam daftar 10 besar di Billboard Hot 100 dan lima besar pertama oleh sebuah grup wanita dalam satu dekade.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh Fifth Harmony yaitu meliputi empat iHeartRadio Music Awards, tiga MTV Europe Music Awards, tiga MTV Video Music Awards, American Music Award, penghargaan Billboard Women in Music dan enam Teen Choice Awards. Pada Desember 2016 lalu, di Amerika Serikat, Fifth Harmony telah menjual total 424.000 album, tujuh juta lagu digital dan menghasilkan 1,6 miliar on-demand stream, menurut Nielsen Soundscan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =