Profil & Biografi Jonathan Ive

Loading...

Jonathan Ive adalah perancang industri Inggris yang saat ini menjabat sebagai perancang utama (chief director officer/CDO) Apple dan kanselir Royal College of Art di London. Ia juga telah mengawasi Apple Industrial Design Group dan memberikan kepemimpinan serta arahan bagi tim Human Interface Software di seluruh perusahaan Steve Jobs itu. Pria berumur 50 tahun ini menjadi perancang banyak produk perangkat keras dan perangkat lunak dari Apple.

Biografi Jonathan Ive 1

Kehidupan Pribadi
Jonathan Paul Ive lahir pada tanggal 27 Februari 1967 di Chingford, London, Inggris. Ayahnya, Michael Ive, adalah seorang perajin perak yang mengajar di Middlesex Polytechnic, dan kakeknya adalah seorang insinyur. Jonathan Ive pernah kuliah di Chingford Foundation School, Walton High School, di Stafford. Selama masa SMA, ia sangat menyukai mobil dan minat inilah yang menyebabkan karirnya kemudian sebagai seorang desainer.

Jonathan Ive telah mempelajari desain industri di Newcastle Polytechnic, dimana dia lulus dengan gelar Bachelor of Arts kelas satu pada tahun 1989. Setelah lulus, ia tidak yakin dengan bidang apa yang menjadi spesialisasinya, namun setelah bertemu dengan berbagai ahli desain, ia tertarik pada desain produk. Dia lalu diberi pekerjaan di biro desain London, kelompok Roberts Weaver, sponsor perguruan tinggi.

Desaigner ini telah menikahi seorang penulis dan sejarawan Inggris bernama Heather Pegg pada tahun 1987. Mereka berdua dianugerahi anak laki-laki kembar. Keluarganya pun lalu tinggal di distrik Pacific Heights di San Francisco, California, AS.

The Designer Awards held at the Design Museum. Pic shows designer Tord Boontje. Pic shows winner Jonathan Ive Picture Steve Waters

Perjalanan Karir
Setelah setahun bersama Roberts Weaver, Jonathan Ive bergabung dengan sebuah agen perancang startup London bernama Tangerine, yang berada di Hoxton Square, di mana ia merancang beragam produk, seperti oven microwave, toilet, latihan dan sikat gigi.

Namun, ia semakin frustrasi saat ia harus merancang toilet, bidet dan wastafel untuk Standard Ideal Klien, dan atasan perusahaan tersebut menolak karya Ive, yang menyatakan bahwa produknya terlalu mahal dan terlihat terlalu modern.

Ia pun tidak senang bekerja untuk klien yang tidak suka rancangannya dan tidak memiliki prinsip yang sama. Apple adalah klien Tangerine yang Ive hargai dan dia telah bertindak dalam peran konsultasi untuk perusahaan komputer saat berada di Tangerine, menciptakan desain PowerBook. Bahkan, Apple berusaha merekrutnya sebagai karyawan penuh waktu selama dua tahun tanpa jenjang karir.

Biografi Jonathan Ive 3

Jonathan Ive lalu bekerja sebagai konsultan untuk Kepala Desain Industri Apple dan akhirnya menjadi karyawan Apple penuh waktu pada tahun 1992. Dia merancang generasi kedua Newton, MessagePad 110, membawanya ke Taipei untuk pertama kalinya. Sesaat sebelum Steve Jobs kembali ke Apple, Jonathan Ive hampir mengundurkan diri dari perusahaan. Namun, Jon Rubinstein, bos Ive saat itu, berhasil mempertahankannya sebagai karyawan dengan menjelaskan bahwa Apple “akan membuat sejarah” setelah kebangkitan perusahaan tersebut.

Jonathan Ive resmi menjadi Senior Vice President Industrial Design pada tahun 1997 setelah kembalinya Steve Jobs, dan kemudian memimpin tim desain industri yang bertanggung jawab atas sebagian besar produk perangkat keras perusahaan. Tugas pertamanya adalah iMac, yang akan membantu membuka jalan bagi desain lainnya seperti iPod dan akhirnya iPhone dan iPad.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =