Profil & Biografi Sheryl Sandberg

Loading...

Sheryl Sandberg adalah seorang eksekutif, aktivis, dan penulis asal Amerika. Dia juga menjabat sebagai chief operating officer (COO) dari Facebook dan pendiri Leanin.org (juga dikenal sebagai Lean In Foundation). Pada bulan Juni 2012, dia terpilih menjadi anggota dewan direksi oleh anggota dewan yang ada, menjadi wanita pertama yang bertugas di dewan perusahaan raksasa teknologi milik Mark Zuckerberg itu.

Biografi Sheryl Sandberg 1

Sebelum bergabung dengan Facebook sebagai COO-nya, Sheryl Sandberg adalah wakil presiden penjualan dan operasi online global di Google, dan terlibat dalam peluncuran Google Foundation filantropi Google.org. Sebelum Google, wanita berumur 47 tahun ini menjabat sebagai kepala staf Sekretaris Keuangan Amerika Serikat Lawrence Summers. Berikut ini Profil Sheryl Sandberg secara lengkap.

Awal Kehidupan & Pendidikan
Sheryl Kara Snadberg lahir pada 28 Agustus 1969 di Washington, D.C. dalam keluarga Yahudi dan merupakan putri dari pasangan Adele dan Joel Sandberg. Ia juga menjadi anak tertua dari tiga bersaudara. Ayahnya adalah seorang dokter mata dan ibunya adalah seorang guru bahasa Perancis.

Keluarganya lalu pindah ke North Miami Beach, Florida, saat dia berusia 2 tahun. Sheryl Sandberg bersekolah di North Miami Beach High School, di mana dia “selalu berada di puncak kelasnya”, dan lulus dengan nilai rata-rata 4,646. Dia menjabat sebagai presiden di kelas dua dan menjadi anggota National Honor Society, serta berada di dewan eksekutif kelas senior. Ia juga mengajar aerobik di tahun 1980-an saat di SMA.

Pada tahun 1987, Sheryl Sandberg terdaftar di Harvard College. Dia lulus pada tahun 1991 dengan predikat summa cum laude Phi Beta Kappa bergelar sarjana di bidang ekonomi dan dianugerahi Penghargaan John H. Williams untuk mahasiswa lulusan jurusan ekonomi.

Biografi Sheryl Sandberg 2

Selama berkuliah di Harvard, dia mendirikan sebuah organisasi bernama Women in Economics and Government. Dia bertemu dengan profesor Larry Summers, yang juga menjadi penasihat dan penasihat tesisnya. Larry Summers lalu merekrutnya untuk menjadi asisten penelitiannya di Bank Dunia, di mana Sheryl bekerja selama kurang lebih satu tahun untuk proyek kesehatan di India yang menangani penyakit kusta, AIDS, dan kebutaan. Kemudian, Sheryl Sandberg mendaftarkan diri di Harvard Business School dan lulus pada tahun 1995 sehingga ia mendapatkan gelar MBA-nya.

Awal karir
Setelah lulus dari sekolah bisnis pada musim semi tahun 1995, Sheryl Sandberg bekerja sebagai konsultan manajemen untuk McKinsey & Company selama kurang lebih satu tahun (1995-1996). Dari tahun 1996 sampai 2001, dia kembali bekerja untuk Larry Summers, yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Keuangan Amerika Serikat di bawah Presiden Bill Clinton. Sandberg membantu pekerjaan Treasury dalam urusan hutang di negara berkembang selama krisis keuangan Asia.

Ketika Partai Republik mendapatkan Kepresidenan AS pada bulan November 2000, Sheryl Sandberg meninggalkan pekerjaannya. Dia kemudian pindah ke Silicon Valley pada tahun 2001 dan bergabung dengan Google Inc., menjabat sebagai Wakil Presiden Penjualan dan Operasi Global Online dari bulan November 2001 sampai Maret 2008. Dia bertanggung jawab atas penjualan online produk periklanan dan penerbitan Google serta untuk operasi penjualan produk konsumen Google dan Penelusuran Buku Google.

Karir di Facebook
Pada akhir 2007, Mark Zuckerberg, salah satu pendiri dan chief executive Facebook, bertemu dengan Sheryl Sandberg dalam sebuah pesta natal yang diadakan oleh Dan Rosensweig. Zuckerberg tidak memiliki pencarian formal untuk COO, namun menganggap Sandberg sebagai orang yang “sangat cocok” untuk peran ini. Pada bulan Maret 2008, Facebook mengumumkan untuk mempekerjakan Sheryl Sandberg dari Google untuk peran COO.

Biografi Sheryl Sandberg 3

Setelah bergabung dengan perusahaan, Sandberg dengan cepat mulai mencoba mencari cara untuk membuat Facebook lebih menguntungkan dalam bidang ekonominya. Menjelang akhir musim semi, kepemimpinan Facebook telah setuju untuk bergantung pada iklan sehingga pada tahun 2010, Facebook menjadi lebih menguntungkan. Menurut Facebook, Sheryl Sandberg mengawasi operasi bisnis perusahaan termasuk penjualan, pemasaran, pengembangan bisnis, sumber daya manusia, kebijakan publik, dan komunikasi.

Pada bulan April 2014, dilaporkan bahwa Sheryl Sandberg telah menjual lebih dari setengah sahamnya di Facebook sejak perusahaan tersebut go public. Pada saat IPO Facebook, dia memegang sekitar 41 juta saham di perusahaan tersebut. Setelah beberapa putaran penjualan, sahamnya turun sekitar 17,2 juta saham, sebesar 0,5% saham di perusahaan tersebut yang bernilai sekitar $ 1 miliar.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =