Profil & Biografi George Clooney

Loading...

Salah satu aktor senior yang masih aktif sampai sekarang adalah George Clooney. Pria berumur 56 tahun ini adalah seorang aktor, pembuat film, aktivis, pengusaha, dan filantropis asal Amerika. Dia telah menerima tiga penghargaan Golden Globe untuk karyanya sebagai aktor dan dua Academy Awards, satu untuk berakting di “Syriana” (2006) dan yang lainnya untuk co-producing “Argo” (2012), yang merekrut Ben Affleck sebagai pemeran utama.

LONDON, ENGLAND - APRIL 26: George Clooney attends the Lost In Space event to celebrate the 60th anniversary of the OMEGA Speedmaster at the Tate Modern on April 26, 2017 in London, United Kingdom. The OMEGA Speedmaster Watch has been worn by every piloted NASA mission since 1965. (Photo by Karwai Tang/WireImage)

Awal Kehidupan
Bernama lengkap George Timothy Clooney, ia lahir di Lexington, Kentucky, pada tanggal 6 Mei 1962. Ibunya, Nina Bruce adalah seorang ratu kecantikan dan dewan kota. Ayahnya, Nick Clooney adalah mantan pembawa acara menjadi host AMC selama lima tahun di akhir tahun 1990-an. Ia memiliki keturunan Irlandia, Jerman, dan Inggris.

George Clooney dibesarkan sebagai seorang Katolik Roma yang ketat. Dia memulai pendidikannya di Blessed Sacrament School di Fort Mitchell, Kentucky. Kemudian, ia melanjutkan sekolahnya di St. Michael’s School di Columbus, Ohio dan Western Row Elementary School di Mason, Ohio, dari tahun 1968 sampai 1974.

Setelah orang tuanya pindah ke Augusta, Kentucky, George Clooney bersekolah di Augusta High School. Dia telah menyatakan bahwa dia mendapatkan semua As dan B di sekolah, dan merupakan pemain bisbol dan basket yang antusias. Dia mencoba bermain bola basket profesional bersama Cincinnati Reds pada tahun 1977, namun tidak bisa melewati putaran pertama sehingga tidak ditawari kontrak.

Setamat SMA, ia berkuliah di Northern Kentucky University dari tahun 1979 sampai 1981, dengan jurusan jurnalisme penyiaran, dan kuliah di Universitas Cincinnati, namun juga tidak lulus. Sebelum menjadi aktor, dia menghasilkan uang dengan menjual sepatu wanita, sales asuransi dari pintu ke pintu, rak stoking, kerja kontruksi, dan pemotongan tembakau.

Hubungan Asmara
Dalam kehidupan asmaranya, George Clooney pernah berkencan dengan aktris Kelly Preston (1987-1989). Namun akhirnya mereka berdua putus lalu Clooney menikahi aktris Talia Balsam dari tahun 1989 sampai 1993. Ia juga sempat menjalin hubungan dengan aktris Ginger Lynn Allen.

Biografi George Clooney 2

Pada bulan Juni 2007, ia mulai berkencan dengan Sarah Larson, namun pasangan tersebut bubar pada Mei 2008. Dua tahun kemudian, George Clooney menjalin hubungan dengan aktris Italia Elisabetta Canalis sampai mereka berpisah pada bulan Juni 2011. Di bulan Juli 2011, Clooney mulai berkencan dengan mantan WWE Diva Stacy Keibler, dan mereka mengakhiri hubungan mereka pada bulan Juli 2013.

George Clooney lalu bertunangan dengan pengacara hak asasi manusia Inggris-Lebanon bernama Amal Alamuddin pada tanggal 28 April 2014. Hingga tanggal 7 Agustus 2014, Clooney dan Alamuddin mengambil lisensi perkawinan di Royal Borough of Kensington and Chelsea dari Inggris.

Mereka berdua pun secara resmi menikah pada tanggal 27 September 2014, di Ca ‘Farsetti. Tiga tahun tanpa seorang anak, akhirnya pada tanggal 6 Juni 2017 lalu, Amal Alamuddin melahirkan anak kembar, seorang anak perempuan bernama Ella, dan seorang putra bernama Alexander.

Perjalanan Karir
George Clooney membuat debut aktingnya di televisi pada tahun 1978, dan kemudian mendapatkan perhatian publik untuk perannya sebagai dr Doug Ross dalam drama medis “ER” yang telah lama berjalan sejak tahun 1994 sampai 1999, dimana ia menerima dua nominasi Primetime Emmy Award.

Biografi George Clooney 3

Saat berakting di ER, ia mulai menarik beragam peran utama dalam film, termasuk film superhero “Batman & Robin” (1997) dan film komedi kriminal “Out of Sight” (1998), di mana ia pertama kali bekerja dengan sutradara Steven Soderbergh. Setahun kemudian, dia mengambil peran utama di film “Three Kings”.

Pada tahun 2001, ketenaran George Clooney semakin meroket dengan dirilisnya komedi remake komedi “Ocean’s Eleven”. Dia membuat debut sutradaranya setahun kemudian dengan komedi mata-mata biografi berjudul “Confessions of a Dangerous Mind”, dan sejak itulah, ia telah menyutradarai drama sejarah “Good Night, and Good Luck” (2005), komedian olahraga “Leatherheads” (2008), drama politik “The Ides of March” (2011), dan film perang “The Monuments Men” (2014).

George Clooney memenangkan Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk film thriller Timur Tengah, “Syriana” (2005), dan kemudian mendapatkan nominasi Aktor Terbaik untuk film thriller “Michael Clayton” (2007), serta drama komedi “Up in the Air” (2009) dan “The Descendants” tahun 2011. Dua tahun kemudian, ia menerima Academy Award for Best Picture untuk memproduksi thriller politik “Argo”. George Clooney adalah satu-satunya selebriti yang telah dinominasikan untuk Academy Awards dalam enam kategori yang berbeda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =