Profil & Biografi Ginni Rometty

Loading...

Ginni Rometty adalah seorang eksekutif bisnis asal Amerika yang menjabat sebagai ketua, presiden, dan CEO IBM (International Business Machines Corporation) saat ini. Ginni menjadi wanita pertama yang memimpin perusahaan. Sebelum menjadi presiden dan CEO pada Januari 2012 lalu, dia memegang posisi wakil presiden senior dan eksekutif grup untuk penjualan, pemasaran, dan strategi di IBM. Dia lalu bergabung dengan IBM sebagai insinyur sistem di kantor Detroit-nya pada tahun 1981.

Biografi Ginni Rometty 1

Masa jabatan Ginni Rometty sebagai CEO telah ditandai dengan penghargaan bergengsi seperti oleh Bloomberg yang menamainya di antara 50 Orang Paling Berpengaruh di Dunia, termasuk Tim Cook dan Mark Zuckerberg. Fortune Magazine juga memasukkannya di antara “50 Wanita Paling Kuat dalam Bisnis” untuk 10 tahun berturut-turut.

Kehidupan Pribadi
Virgina Marie Rometty lahir pada tanggal 29 Juli 1957 di Chicago. Ia lulus dari Robert R. McCormick School of Engineering and Applied Science di Northwestern University pada tahun 1979 dengan penghargaan tinggi, serta menerima gelar sarjana teknik komputer dan teknik elektro. Ia juga termasuk anggota mahasiswi Kappa Kappa Gamma, yang akhirnya menjabat sebagai presidennya.

Biografi Ginni Rometty 2

Setelah lulus pada tahun 1979, Ginni Rometty lalu pergi bekerja untuk General Motors Institute yang selanjutnya di tahun 1981, ia bergabung dengan IBM sebagai insinyur sistem di kantor Detroit. Kemudian, ia bergabung dengan IBM Consulting Group pada tahun 1991. Salah satu upayanya yang berhasil adalah saat Ginni memperjuangkan pembelian perusahaan konsultan bisnis yang cukup besar, PricewaterhouseCoopers Consulting, senilai $ 3,5 miliar.

Perjalanan Karir
Hingga pada akhirnya, Ginni Rometty menjadi wakil presiden senior dan eksekutif grup untuk penjualan, pemasaran, dan strategi dalam 2009 dan ditunjuk untuk mempelopori strategi pertumbuhan IBM dengan mengajak perusahaan ke dalam bisnis komputasi awan dan analisis. Dia juga memimpin Watson, komputer bermain Jeopardy!, untuk penggunaan komersial.

Biografi Ginni Rometty 3

Pada tanggal 25 Oktober 2011, IBM mengumumkan bahwa dia akan menjadi presiden dan CEO perusahaan berikutnya, karena Sam Palmisano mengundurkan diri namun mempertahankan posisinya sebagai ketua. Dengan ditunjuknya Ginni Rometty, maka tercatat rekor untuk pertama kalinya seorang wanita menjadi CEO IBM.

Pada tanggal 26 September 2012, IBM mengumumkan bahwa Rometty telah mengambil alih peran ketua IBM, saat Samuel Palmisano bersiap untuk pensiun pada akhir tahun 2012. Karena itulah, Ginni Rometty memulai tugasnya sebagai ketua, presiden, dan CEO IBM pada tanggal 1 Oktober, 2012. Salah satu tujuannya adalah memfokuskan upaya perusahaan pada sistem komputasi awan dan kognitif, seperti Watson.

Selain menjadi CEO IBM, Ginni Rometty pernah bertugas di Dewan Hubungan Luar Negeri, Dewan Pengawas almamaternya Northwestern University, Dewan Pengawas dan Dewan Pengelola Pusat Kanker Peringatan Sloan-Kettering. Ia merupakan anggota dewan di Dewan Konservasi Amerika Latin, anak perusahaan The Nature Conservancy. Wanita berumur 60 tahun ini juga bertugas di Dewan Direksi AIG dari tahun 2006 sampai 2009.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 14 =