Profil & Biografi Girls’ Generation

Loading...

Girls ‘Generation atau juga dikenal sebagai SNSD, adalah grup wanita Korea Selatan yang dibentuk oleh S.M. Entertainment. Kelompok ini terdiri dari delapan anggota yaitu Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Awalnya grup ini beranggotakan 9 orang namun Jessica memutuskan keluar bulan September 2014.

Biografi Girls' Generation 1

Girls ‘Generation memulai debutnya di tahun 2007 dengan album debut namanya sendiri. Meskipun album tersebut mendapat beberapa perhatian, ketenaran grup tersebut mulai melonjak berkat single “Gee”, yang menempati posisi teratas di KBS Music Bank dan memecahkan rekor karena bertahan selama 9 minggu berturut-turut dan dinobatkan sebagai lagu paling populer tahun 2000-an di Korea Selatan.

Formasi dan Debut
Sebelum debut menjadi grup kesatuan, beberapa anggota sudah terlibat dalam industri hiburan. Yoona telah melalui sekitar 200 audisi untuk video musik, drama, dan film sebelum menjadi penyanyi untuk Girls ‘Generation. Sooyoung tampil pada scene musik Jepang sebagai anggota duo pop bernama Route θ, yang dibubarkan satu tahun setelah debutnya di tahun 2002.

Anggota pertama SNSD kelompok tersebut bergabung sebagai trainee di S.M. Entertainment adalah Jessica pada tahun 2000, setelah dia dan saudara perempuannya, Krystal Jung, ditemukan dalam sebuah mall di Korea Selatan selama liburan keluarga. Pada tahun yang sama, Sooyoung dan Hyoyeon bergabung menjadi trainee berkat lolos di S.M. Open Audition.

Biografi Girls' Generation 2

Yuri adalah anggota Girls ‘Generation berikutnya untuk menjadi seorang trainee S.M. Yoona lalu bergabung setahun kemudian melalui S.M Saturday Open Casting Audition, di mana dia bernyanyi dan menari untuk penyanyi favoritnya, BoA dan Britney Spears. Seohyun, anggota termuda kelompok tersebut, ditemukan di kereta bawah tanah oleh seorang pencari bakat S.M sehingga ia mencoba mengikuti audisi pada tahun 2003 dan menyanyikan lagu anak-anak.

Pemimpin SNSD, Taeyeon, bergabung pada tahun 2004 setelah memenangkan tempat pertama di S.M. Youth Singing Competition. Pada tahun yang sama, anggota Tiffany mengikuti audisi di S.M. Starlight Casting System di Los Angeles, dan bergabung dengan perusahaan tersebut pada bulan Oktober 2004. Anggota terakhir kelompok adalah Sunny, yang telah menjadi trainee dari tahun 1998 dan dilatih selama lima tahun di Starworld. Di Starworld, dia dilatih untuk debut di duo bernama Sugar, namun tidak pernah memulai debutnya. Pada tahun 2007, atas rekomendasi penyanyi Jepang Ayumi Hamasaki, Sunny pindah kembali ke S.M. Entertainment dan menjadi anggota Girls ‘Generation.

Pada bulan Juli 2007, Girls ‘Generation menampilkan pertunjukan panggung pertama mereka di Mnet’s School of Rock, di mana grup tersebut menyanyikan single pertama mereka, “Into to New World”. Pada tanggal 5 Agustus 2007, mereka secara resmi memulai debut di SBS’s Inkigayo, di mana mereka membawakan lagu yang sama.

Biografi Girls' Generation 3

Girls ‘Generation kemudian merilis album debut mereka yang berjudul namanya sendiri pada bulan November 2007, yang didahului oleh single “Girls’ Generation”. Album ini menjadi album terlaris kedua belas tahun 2007 di Korea Selatan, menjual 56.804 eksemplar. Mereka juga telah menjual lebih dari 120.000 kopi di negara ini pada tahun 2009.

Karir Album
Pada pertengahan 2010, Girls ‘Generation menandatangani kontrak dengan Nayutawave Records (sekarang EMI Records Japan) untuk menjelajah ke industri musik Jepang. Album debut mereka di Jepang rilis bulan Juni dan langsung memuncak di Oricon Albums Chart Jepang dan menjadi album pertama oleh kelompok gadis non-Jepang yang mendapatkan sertifikat oleh Asosiasi Industri Rekaman Jepang.

Album studio ketiga grup mereka berjudul “The Boys” dirilis pada bulan Oktober 2011 dan menjadi album terlaris tahun 2011 di Korea Selatan dengan penjualan lebih dari 380.000 eksemplar. Versi bahasa Inggris dari single “The Boys” dirilis oleh Interscope Records dalam upaya untuk memperluas ketenaran SNSD ke dunia musik global.

Album keempat Korea Selatan grup SNSD bertajuk “I Got a Boy” didukung oleh single “I Got a Boy”, mendapat perhatian utama dari media Barat setelah memenangkan penghargaan Video of the Year di YouTube Music Awards. Album studio kelima mereka di Korea, “Lion Heart”, dirilis pada tahun 2015. Dan yang paling anyar, Girls ‘Generation kembali merilis album studio keenam Korea mereka berjudul “Holiday Night”, sekaligus untuk memperingati ulang tahun ke sepuluh grup tersebut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + nineteen =