Profil & Biografi Ellen DeGeneres

Loading...

Siapa yang tidak tahu dengan pembawa acara Ellen DeGeneres? Host fenomenal ini selalu berhasil membuat orang tertawa lewat ucapan dan tingkahnya di layar televisi hingga belasan tahun lamanya. Bukan hanya membawakan acara televisi saja, Ellen juga membawakan acara-acara besar dan megah seperti Oscars. Wanita berumur 59 tahun ini pun telah memenangkan lebih dari 60 penghargaan di sepanjang karirnya, termasuk mendapat medali kehormatan mantan Presiden AS, Barack Obama, atas perannya mendorong gerakan hak-hak kaum LGBT.

Biografi Ellen DeGeneres 1

Kehidupan Pribadi
Profil Ellen DeGeneres dimulai dari kehidupan pribadinya. Dengan nama lengkap Ellen Lee DeGeneres, ia lahir tanggal 26 Januari 1958 di Metairie, Louisiana dan seorang putri dari Betty DeGeneres, seorang terapis bicara, dan Elliott Everett DeGeneres, seorang agen asuransi. Dia memiliki satu saudara laki-laki, Vance, seorang musisi dan produser.

Pada tahun 1974, orang tuanya bercerai dan tak lama kemudian, ibu Ellen menikahi Roy Gruessendorf, seorang salesman. Betty Jane dan Ellen pindah bersama Gruessendorf dari daerah New Orleans ke Atlanta, Texas, sedangkan Vance tinggal bersama ayahnya.

Ellen DeGeneres lulus dari Atlanta High School pada bulan Mei 1976, setelah menyelesaikan tahun-tahun pertamanya di Grace King High School di Metairie, Louisiana. Dia kembali ke New Orleans untuk berkuliah di University of New Orleans, di mana dia mengambil jurusan studi komunikasi.

Biografi Ellen DeGeneres 2

Setelah satu semester, Ellen meninggalkan pendidikannya untuk melakukan pekerjaan di sebuah firma hukum dengan seorang sepupunya, Laura Gillen. Pekerjaan awalnya sebelum terkenal di industri hiburan yaitu bekerja di J. C. Penney, dan menjadi pelayan di T.G.I. Friday dan restoran lain, pelukis rumah, dan bartender. Dia menceritakan sebagian besar pengalaman masa kecil dan karirnya dalam karya komedi.

Perjalanan Karir
Ellen DeGeneres dikenal sebagai seorang komedian Amerika, pembawa acara televisi, aktris, penulis, dan produser. Ia pernah membintangi komedi sitkom populer berjudul “Ellen” dari tahun 1994 sampai 1998 dan telah menjadi pembawa acara talk show TV-nya sendiri, “The Ellen DeGeneres Show”, sejak tahun 2003 hingga saat ini.

Karir stand up komedinya dimulai pada awal 1980-an, termasuk penampilannya di tahun 1986 dalam “The Tonight Show”, yang juga dibintangi oleh Johnny Carson. Sebagai aktris film, wanita ini sempat membintangi “Mr. Wrong” (1996), muncul di EDtv (1999), dan “The Love Letter” (1999), dan mengisi suara film animasi Dory dalam “Finding Nemo” (2003) dan “Finding Dory” tahun 2016 lalu.

Ellen DeGeneres pun pernah dianugerahi Penghargaan Saturnus untuk Aktris Pendukung Terbaik yang mencatat rekor pertama kalinya bagi seorang aktris memenangkan Saturn Award untuk sebuah pertunjukan suara. Pada tahun 2010, dia adalah seorang juri di American Idol untuk musim ke sembilan.

Biografi Ellen DeGeneres 3

Dia membintangi dua komedi sitkom televisi, yaitu “Ellen” dari tahun 1994 sampai 1998, dan “The Ellen Show” dari tahun 2001 sampai 2002. Selama musim keempat Ellen pada tahun 1997, dia berperan sebagai seorang lesbian dalam penampilan di “The Oprah Winfrey Show”. Karakternya, Ellen Morgan, datang ke seorang terapis yang diperankan oleh Winfrey, dan serial ini terus mengeksplorasi berbagai isu LGBT. Hal ini membuatnya menjadi aktris lesbian pertama yang terbuka untuk memainkan karakter lesbian secara terbuka di televisi. Pada tahun 2008, dia menikahi pacarnya, Portia de Rossi.

Ellen DeGeneres telah membawakan acara Academy Awards, Grammy Awards, dan Primetime Emmy. Dia telah menulis empat buku dan memulai perusahaan rekamannya sendiri, “Eleveneleven”, dan juga perusahaan produksi, “A Very Good Production”. Dia juga meluncurkan brand lifestyle sendiri bertajuk “ED”. Ellen bahkan telah memenangkan 30 Emmy Awards, 20 penghargaan People’s Choice Awards dan sejumlah penghargaan lainnya untuk pekerjaan dan usaha amal. Pada tahun 2016, dia menerima Presidential Medal of Freedom oleh Presiden AS.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =