Profil & Biografi Gwen Stefani

Loading...

Gwen Stefani adalah salah satu selebriti Hollywood paling terkenal dalam dunia traik suara maupun sebagai aktris, desainer, dan penulis lagu. Ia pernah menjadi juri acara The Voice tahun 2014, menggantikan Christina Aguilera. Cara bermusik Gwen Stefani pun menginspirasi penyanyi lainnya sampai saat ini mulai dari Katy Peru, Fergie, Jessie J, Karmin, dan lain-lain.

Biografi Gwen Stefani 1

Kehidupan Pribadi
Gwen Renée Stefani lahir pada tanggal 3 Oktober 1969, di Fullerton, California. Nama tengahnya, Renée, berasal dari cover The Four Tops tahun 1968 pada lagu The Left Banke pada 1966 “Walk Away Renée”. Ayahnya, Dennis Stefani, adalah orang Amerika Italia dan bekerja sebagai eksekutif pemasaran Yamaha. Ibunya, Patti Flynn bekerja sebagai akuntan sebelum menjadi ibu rumah tangga.

Orangtua Gwen adalah penggemar musik rakyat dari para seniman seperti Bob Dylan dan Emmylou Harris. Dia memiliki dua adik laki-laki, Jill dan Todd, dan seorang kakak bernama Eric. Eric adalah keyboardist untuk band No Doubt sebelum meninggalkan band demi mengejar karir dalam animasi di The Simpsons.

Setelah Gwen Stefani bergabung dengan band No Doubt, dia dan teman band-nya, Tony Kanal mulai berkencan. Namun sayangnya, mereka pun berpisah dan band ini hampir bubar karena hubungan yang gagal antara Stefani dan Kanal. Perpisahan mereka menginspirasi Gwen untuk merilis banyak lagu Tragis Kingdom, seperti “Do not Speak”, “Sunday Morning”, dan “Hey You!”.

Pada pertengahan 1995, band No Doubt dan band rock Goo Goo Dolls melakukan pembukaan tur untuk band rock alternatif Bush. Gwen Stefani bertemu dengan gitaris Bush sekaligus vokalisnya bernama Gavin Rossdale. Mereka lalu menikah pada tanggal 14 September 2002 di St Paul’s, Covent Garden, London. Sebuah pesta pernikahan kedua diadakan di Los Angeles dua minggu kemudian.

Biografi Gwen Stefani 2

Gwen Stefani memiliki tiga putra bersama Gavin Rossdale yaitu Kingston James McGregor Rossdale yang lahir pada tanggal 26 Mei 2006, Zuma Nesta Rock Rossdale yang lahir pada tanggal 21 Agustus 2008 dan Apollo Bowie Flynn Rossdale yang lahir 28 Februari 2014.

Namun, pada tanggal 3 Agustus 2015, Gwen Stefani mengajukan cerai dari Rossdale, dan perceraian mereka diselesaikan pada tanggal 8 April 2016. Setelah itu, Gwen dikabarkan berkencan dengan rekan juri di The Voice, artis musik country Blake Shelton.

Perjalanan Karir
Gwen Stefani adalah co-founder dan vokalis utama band No Doubt yang meraih kesuksesan besar setelah album studio terobosan mereka bertajuk “Tragic Kingdom” (1995) bersamaan dengan berbagai single sukses, termasuk “Just a Girl”, “Do not Speak”, “Hey Baby “, dan “It’s My Life “. Selama hiatus band ini, Gwen Stefani memulai karir solo pop pada tahun 2004 dengan merilis album debutnya berjudul “Love. Angel. Music. Baby”.

Terinspirasi oleh musik pop dari tahun 1980-an, album tersebut sukses secara komersial. Album ini pun melahirkan tiga single andalan yaitu “What You Waiting For?”, “Rich Girl”, dan “Hollaback Girl”, yang berhasil mencapai nomor satu di Billboard Hot 100 dan juga menjadi unduhan AS pertama yang terjual sebanyak satu juta kopi.

Biografi Gwen Stefani 3

Pada tahun 2006, Gwen Stefani merilis album studio keduanya berjudul “The Sweet Escape”. Album ini menghasilkan dua single sukses yaitu “Wind It Up” dan judul albumnya “The Sweet Escape”. Album solo ketiganya “This Is What the Truth Feels Like” dirilis pada bulan Maret 2016 dan menjadi album solo nomor satu pertamanya di Billboard 200.

Wanita cantik yang khas dengan rambut blonde-nya ini telah memenangkan tiga Grammy Awards. Sebagai artis solo, dia telah menerima berbagai penghargaan, termasuk American Music Award, Brit Award, World Music Award dan dua Billboard Music Awards.

Tahun 2003 lalu, Gwen Stefani pun memulai debutnya di bidang desainer dengan lini pakaian L.A.M.B. dan memperluas koleksinya dengan garis Harajuku Lovers tahun 2005, menarik inspirasi dari budaya dan mode Jepang. Ia tampil dan membuat penampilan publik dengan empat penari back-up yang dikenal sebagai Harajuku Girls.

Majalah Billboard pun pernah menempatkan Gwen Stefani sebagai artis paling sukses ke-54 dan artis Hot 100 yang paling sukses di dekade 2000-2009. VH1 juga menempatkannya pada peringkat ke-13 dalam daftar “100 Greatest Women in Music” mereka di tahun 2012. Termasuk karyanya dengan No Doubt, Gwen Stefani telah menjual lebih dari 30 juta album di seluruh dunia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + three =