Profil & Biografi Susan Wojcicki

Loading...

Susan Wojcicki adalah seorang eksekutif teknologi asal Amerika yang menjabat sebagai CEO YouTube saat ini. Wanita cerdas satu ini adalah pemegang jabatan CEO sejak Februari 2014 di perusahaan yang di dirikan oleh Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim tersebut. Sebelumnya, Susan menjabat sebagai Senior Vice President di Youtube. Berikut profil Susan Wojcicki secara rinci dan jelas.

Biografi Susan Wojcicki 1

Kehidupan Pribadi
Susan Diane Wojcicki lahir pada tanggal 5 Juli 1968 di Santa Clara County, California. Dia adalah putri Esther Wojcicki, pendidik keturunan Yahudi Rusia, dan Stanley Wojcicki, seorang profesor fisika Amerika-Polandia di Stanford University. Dia memiliki 2 saudara perempuan yaitu Janet Wojcicki, dan Anne Wojcicki. Susan bersekolah di Gunn High School di Palo Alto, California, dan sering menulis untuk surat kabar sekolah.

Wanita yang kini berusia 49 tahun ini mempelajari sejarah dan sastra di Universitas Harvard dan lulus dengan nilai sempurna pada tahun 1990. Dia awalnya merencanakan untuk mendapatkan gelar PhD di bidang ekonomi dan melanjutkan karir di bidang akademis, namun ia mengubah rencananya ke bidang teknologi.

Susan juga menerima gelar Master of Science di bidang ekonomi dari University of California, Santa Cruz pada tahun 1993 dan seorang Master di bidang Administrasi Bisnis dari UCLA Anderson School of Management pada tahun 1998.

Biografi Susan Wojcicki 2

Dari hubungan asmaranya, Susan Wojcicki menikahi Dennis Troper pada tanggal 23 Agustus 1998 di Belmont, California. Mereka memiliki lima anak. Pada tanggal 16 Desember 2014, saat ingin mengambil cuti bersalin kelima, ia menulis sebuah op-ed di Wall Street Journal tentang pentingnya cuti melahirkan yang dibayar. Dia juga sering berbicara tentang pentingnya menemukan keseimbangan antara keluarga dan karir.

Perjalanan Karir
Pada bulan September 1998, bulan yang sama dengan Google didirikan, pendirinya Larry Page dan Sergey Brin mendirikan kantor di garasi Susan Wojcicki di Menlo Park.

Sebelum menjadi manajer pemasaran Google yang pertama di tahun 1999, Susan bekerja sebagai marketing pemasaran di Intel, Santa Clara, California dan merupakan konsultan manajemen di Bain & Company dan R.B. Webber & Company. Di Google, Susan mengerjakan program pemasaran viral awal dan juga doodles Google pertama. Ia juga mengambil bagian dalam pengembangan kontribusi yang berhasil ke Google seperti Google Images dan Google Books.

Biografi Susan Wojcicki 3

Karirnya di Google pun berkembang pesat sehingga Susan Wojcicki menjadi wakil presiden senior Periklanan dan Perdagangan, serta memimpin produk periklanan dan analisis termasuk AdWords, AdSense, DoubleClick, dan Google Analytics. Kemudian, YouTube, sebuah start up kecil yang berhasil bersaing dengan layanan Google Video milik Google yang terus menarik perhatian Wojcicki. Wanita ini pun berani mengajukan pembelian YouTube.

Susan Wojcicki menangani dua akuisisi terbesar Google yaitu pembelian YouTube sebesar $ 1,65 miliar pada tahun 2006 dan pembelian DoubleClick sebesar $ 3,1 miliar pada tahun 2007. Berkat kerja kerasnya itulah, di bulan Februari 2014, ia di angkat menjadi CEO YouTube.

Susan Wojcicki disebut “orang terpenting dalam periklanan” yang termasuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di Majalah Time pada tahun 2015 dan dijelaskan dalam edisi terakhir Time sebagai “wanita paling kuat di internet”. Ia juga menempati posisi 1 di daftar 50 Adweek pada tahun 2013 dan posisi 27 pada daftar Vanity Fair New Estabilishment di tahun 2015.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − 4 =