Profil & Biografi Travis Kalanick

Loading...

Seiring berkembangnya zaman, manusia pun semakin dipermudah dalam berbagai aspek, salah satunya di bidang transportasi. Anda pasti tahu bukan aplikasi Gojek yang di dirikan oleh Nadiem Makarim? Layanan transportasi online lokal ini memiliki saingan dari luar negeri yaitu Uber dan sosok yang memprakarsai berdirinya Uber adalah Travis Kalanick.

Biografi Travis Kalanick 1

Kehidupan Pribadi
Travis Cordell Kalanick yang lahir pada tanggal 6 Agustus 1976 ini adalah seorang pengusaha Amerika yang menjabat sebagai co-founder perusahaan berbagi file peer-to-peer Red Swoosh dan mantan CEO perusahaan jaringan transportasi Uber. Namun sayangnya, Travis diminta untuk mengundurkan diri pada Juni 2017 lalu lantaran gugatan hukum yang menuduh Uber sebagai perusahaan seksis.

Travis Kalanick dilahirkan dan dibesarkan di Northridge, California, di mana dia lulus dari Granada Hills High School dan kemudian mendaftarkan kuliah di University of California, Los Angeles, untuk belajar teknik komputer. Saat belajar di UCLA, Travis nekat memulai bisnis pertamanya, sebuah layanan pertukaran file online bernama Scour. Pada tahun 1998, dia keluar dari UCLA untuk bekerja start up secara penuh.

Orang tua Travis Kalanick adalah Bonnie Renée Horowitz Kalanick dan Donald Edward Kalanick. Bonnie bekerja di periklanan ritel untuk Los Angeles Daily News, dan Donald adalah seorang insinyur sipil untuk kota Los Angeles. Ia juga memiliki dua saudara tiri, salah satunya adalah aktris Allisyn, ibu Ashley Arm, Anji, dan seorang saudara laki-laki, Cory, seorang pemadam kebakaran.

Biografi Travis Kalanick 2

Perjalanan Karir
Pada tahun 1998, Travis Kalanick bersama dengan Michael Todd dan Vince Busam, keluar dari UCLA untuk membantu Dan Rodrigues menemukan Scour Inc., mesin pencari multimedia, dan Scour Exchange, sebuah layanan berbagi file peer-to-peer. Pada tahun 2000, Motion Picture Association of America (MPAA), the Recording Industry Association of America (RIAA), and the National Music Publishers Association (NMPA) mengajukan tuntutan sebesar $ 250 miliar terhadap Scour atas pelanggaran hak cipta. Sehingga bulan September tahun 2000, Scour mengalami kebangkrutan untuk melindungi diri dari tuntutan hukum tersebut.

Pada tahun 2001, Travis Kalanick dan Michael Todd memulai sebuah perusahaan baru bernama Red Swoosh, perusahaan file sharing peer-to-peer lainnya. Perangkat lunak Red Swoosh memanfaatkan efisiensi bandwidth yang meningkat di Internet untuk memungkinkan pengguna mentransfer dan menukar file media berukuran besar, termasuk file musik dan video. Perusahaan ini juga mendapat banyak bantuan dari mantan karyawan Scour.

Pada tahun 2009, Travis Kalanick bergabung dengan Garrett Camp untuk menciptakan Uber, sebuah aplikasi mobile yang menghubungkan penumpang dengan pengemudi kendaraan untuk disewa dan layanan ridesharing. Setahun kemudian, Travis Kalanick menggantikan Ryan Graves sebagai CEO, yang telah memegang jabatan tersebut selama sepuluh bulan.

Biografi Travis Kalanick 3

Uber beroperasi di 66 negara dan di lebih dari 507 kota di seluruh dunia. Perusahaan Uber juga telah menghadapi beberapa kontroversi di beberapa kota di Amerika Utara, seperti Portland, Oregon, Washington, DC, Chicago, Toronto, dan New York City. Perusahaan ini menghadapi persaingan ketat dari layanan serupa dan “perusahaan kloning” di kota-kota seperti London.

Atas tuduhan investigasi kepolisian, Travis Kalanick mengundurkan diri sebagai CEO setelah beberapa pemegang saham dilaporkan menuntut pengunduran dirinya. Meski mengundurkan diri, ia akan mempertahankan jabatannya di dewan direksi Uber.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 10 =