Profil & Biografi Jared Leto

Loading...

Bagi Anda yang pernah menonton Suicide Squad karya DC, pastinya Anda tidak akan melupakan aksi heroik Joker yang menyelamatkan kekasihnya bukan? Ya, tokoh Joker yang fenomenal itu diperankan oleh Jared Leto. Pria yang kini berusia 45 tahun tersebut juga ikut berperan dalam film “Blade Runner 2049” , juga diperankan oleh Ryan Gosling dan “The Outsider” yang akan tayang tahun 2017 ini. Berikut Profil & Biografi Jared Leto yang perlu Anda ketahui.

NEW YORK, NY - MAY 02: Actress Jared Leto attends the "Manus x Machina: Fashion In An Age Of Technology" Costume Institute Gala at Metropolitan Museum of Art on May 2, 2016 in New York City. (Photo by Dimitrios Kambouris/Getty Images)

Kehidupan Pribadi
Jared Joseph Leto lahir pada tanggal 26 Desember 1971, di Bossier City, Louisiana. Ia adalah seorang putra dari Anthony L. Bryant dan Constance Leto. Nama “Leto” adalah nama keluarga ayah tirinya. Orang tuanya bercerai saat masih kecil, sehingga dia dan kakaknya, Shannon Leto, tinggal bersama ibu mereka. Ayahnya juga menikah kembali, namun sayang, ia bunuh diri saat Jared berumur delapan tahun.

Ibunya, Constance bergabung dengan gerakan hippie dan mendorong anak-anaknya untuk terlibat dalam seni. Jared Leto pun pernah menyatakan bahwa dia dibesarkan di sekitar banyak seniman, pemusik, fotografer, pelukis dan orang-orang yang berada di teater. Ia juga mulai bermain musik dengan saudaranya sejak usia dini dan alat musik pertamanya ialah piano.

Setelah putus sekolah secara singkat di kelas 10, Jared Leto memutuskan untuk kembali dan fokus pada pendidikannya di Emerson Preparatory School di Washington, DC. Dia tertarik pada seni visual skala besar dan terdaftar di University of the Arts di Philadelphia. Setelah mengembangkan minat dalam pembuatan film, dia pun pindah ke School of Visual Arts di New York City. Sementara menjadi pelajar di sana, dia pun menulis dan membintangi film pendeknya sendiri berjudul Crying Joy.

Biografi Jared Leto 2

Perjalanan Karir
Setelah memulai karirnya di layar televisi awal 1990-an, Jared Leto mulai meraih pengakuan atas perannya sebagai Jordan Catalano dalam serial televisi “My So-Called Life” tahun 1994. Dia membuat debut filmnya di “How to Make a American Quilt” (1995) dan mendapat pujian kritis atas penampilannya di “Prefontaine” (1997).

Jared Leto juga memainkan sebagai peran pendukung dalam “The Thin Red Line” (1998), “Fight Club” (1999) dan “American Psycho” (2000). Namun, ia baru mendapatkan peran utama dalam “Urban Legend” di tahun 1998. Ia juga mendapat pujian kritis setelah menggambarkan pecandu heroin bernama Harry Goldfarb di “Requiem for a Dream” (2000).

Setelah berfokus pada karir musiknya, Jared Leto kembali berakting dalam “Panic Room” (2002), “Alexander” (2004), “Lord of War” (2005), “Lonely Hearts” (2006), “Chapter 27” (2007), dan “Mr. Nobody” (2009). Pada tahun 2012, ia menyutradarai film dokumenter berjudul “Artifact”. Dan peran paling eksentrik yang ia mainkan yakni menjadi joker dalam film berdasarkan DC Comics di “ Suicide Squad”.

Biografi Jared Leto 3

Penampilan Jared Leto sebagai wanita transgender di “Dallas Buyers Club” (2013) memberinya gelar Academy Award, Golden Globe Award, dan Screen Actors Guild Award untuk Aktor Pendukung Terbaik. Dia dikenal sebagai aktor profesional, bahkan sampai pada hal yang sangat mempengaruhi kesehatannya. Dia juga dikenal selektif tentang peran filmnya.

Jared Leto adalah vokalis utama, multi-instrumentalis dan penulis lagu utama untuk Thirty Seconds to Mars, sebuah band yang dia bentuk pada tahun 1998 di Los Angeles, California, dengan kakaknya, Shannon Leto. Album debut mereka, 30 Seconds to Mars (2002), dirilis dan mendapat ulasan positif namun hanya untuk sementara.

Band ini meraih ketenaran di seluruh dunia dengan merilis album kedua mereka berjudul “A Beautiful Lie” (2005). Rilisan berikutnya yaitu “This Is War” (2009) dan “Love, Lust, Faith and Dreams” (2013), menerima kesuksesan kritis dan secara komersial. Sampai bulan September 2014, band ini telah menjual lebih dari 15 juta album di seluruh dunia. Jared Leto juga telah menyutradarai video musik, termasuk pemenang MTV Video Music Award seperti “The Kill” (2006), “Kings and Queens” (2009), dan “Up in the Air” (2013).

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 6 =