Profil & Biografi Cate Blanchett

Loading...

Cate Blanchett merupakan salah satu artis yang banyak menerima penghargaan atas akting memukaunya di berbagai film Hollywood. Ia telah meramaikan layar kaca dan layar lebar sejak tahun 1990 hingga sekarang. Bahkan ia akan memerankan tiga film di tahun 2018 mendatang yaitu “Ocean’s Eight”, yang juga dibintangi oleh Sandra Bullock, “Jungle Book” dan “Where’d You Go, Bernadette”. Cate juga berperan sebagai antagonis ‘Hela’ di “Thor: Ragnarok”. Berikut ini Profil Cate Blanchett yang perlu Anda ketahui.

Biografi Cate Blanchett 1

Kehidupan Pribadi
Catherine Elise Blanchett lahir pada tanggal 14 Mei 1969 di Melbourne Ivanhoe. Dia adalah anak tengah dari tiga bersaudara. Kakaknya adalah seorang insinyur sistem komputer, dan adik perempuannya adalah seorang desainer teater. Ibu bernama June, bekerja sebagai pengembang properti dan guru, dan ayahnya bernama Robert DeWitt Blanchett, Jr., bekerja sebagai periklanan Eksekutif.

Cate Blanchett bersekolah di sekolah dasar di Melbourne, Ivanhoe East Primary School. Kemudian berlanjut di Ivanhoe Girls ‘Grammar School dan Methodist Ladies’ College, di mana dia mengeksplorasi hasratnya untuk seni pertunjukan. Pada akhir usia belasan dan awal dua puluhan, dia bekerja di sebuah panti jompo di Victoria.

Dia juga belajar ilmu ekonomi dan seni rupa di Universitas Melbourne namun keluar setelah satu tahun melakukan perjalanan ke luar negeri. Sekembalinya ke Australia, Cate pindah ke Sydney dan mendaftarkan diri di National Institute of Dramatic Art (NIDA) untuk melanjutkan karir akting. Dia pun lulus dari NIDA pada tahun 1992 dengan gelar Bachelor of Fine Arts.

Biografi Cate Blanchett 2

Suami Cate Blanchett adalah dramawan dan penulis naskah bernama Andrew Upton. Mereka bertemu pada tahun 1996 di lokasi acara TV dan menikah pada tanggal 29 Desember 1997. Mereka berdua memiliki empat anak yaitu putra biologis Dashiell John, Roman Robert dan Ignatius Martin dan anak angkat, Edith Vivian Patricia, yang diadopsinya pada bulan Maret 2015. Blanchett mengatakan bahwa dia dan suaminya telah lama ingin mengadopsi sejak kelahiran anak pertama mereka.

Perjalanan Karir
Cate Blanchett telah banyak menerima penghargaan internasional, termasuk dua Academy Awards, tiga Golden Globe Awards, tiga penghargaan BAFTA, enam AACTA Awards, dan tiga Screen Actors Guild Awards. Ia mendapat perhatian internasional untuk perannya sebagai Elizabeth I dalam film karya Shekhar Kapur pada tahun 1998, “Elizabeth”, yang dengannya dia memenangkan BAFTA Award untuk Best Actress, Golden Globe Award, dan mendapatkan nominasi Academy Award pertamanya untuk Best Actress.

Penampilannya sebagai Katharine Hepburn dalam film tahun 2004 berjudul “The Aviator” membawakannya banyak penghargaan, termasuk Academy Award untuk Aktris Terbaik dalam Peran Pendukung, menjadikannya satu-satunya aktor yang memenangkan Oscar karena menggambarkan aktor pemenang Oscar lainnya. Pada tahun 2013, ia membintangi “Blue Jasmine”, yang memenangkan berbagai penghargaan termasuk Academy Award for Best Actress.

Cate Blanchett

Cate Blanchett adalah satu-satunya aktris yang menerima tujuh kali nominasi Oscar dan juga menerima nominasi untuk film “Notes on a Scandal” (2006), “Elizabeth: The Golden Age” (2007), “I’m Not There” (2007) dan “Carol” (2015). Film terkenal lainnya yang pernah ia perankan termasuk “The Talented Mr. Ripley” (1999), “Babel” (2006), “Indiana Jones” and the Kingdom of the Crystal Skull” (2008), “The Curious Case of Benjamin Button” (2008), “Robin Hood” (2010), “How to Train Your Dragon 2” (2014), dan “Cinderella” (2015).

Peran utamanya dalam film anggaran besar adalah sebagai Galadriel dalam film trilogi “The Lord of the Rings” karya Peter Jackson tahun 2001-2003 dan trilogi “The Hobbit” tahun 2012-2014). Dia juga memerankan karakter sebagai Hela di film Marvel Studios “Thor: Ragnarok” (2017).

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =