Profil & Biografi Idris Elba

Loading...

Idris Elba adalah seorang aktor, musisi dan DJ berkebangsaan Inggris. Pria berumur 44 tahun ini memerankan sebagai Roland Deschain, si Gunslinger di film “The Dark Tower” yang baru rilis akhir-akhir ini di Indonesia. Ia juga akan berperan dalam film “Thor:Ragnarok” sebagai Heimdall, yang di dalamnya juga diperankan oleh Chris Hemsworth, Tom Hiddleston, dan Cate Blanchett.

Biografi Idris Elba 1

Kehidupan Pribadi
Menjadi anak tunggal, Idrissa Akuna Elba lahir pada tanggal 6 September 1972 di Hackney. Ayahnya, Winston, di pabrik motor Ford di Dagenham, sementara ibunya, Eve, adalah orang Ghana. Orangtua Elba menikah di Sierra Leone dan kemudian pindah ke London. Ia dibesarkan di Hackney dan East Ham, serta mempersingkat nama depannya dari Idrissa ke “Idris” saat bersekolah di Canning Town, di mana dia pertama kali terlibat dalam akting.

Setelah melihat sebuah iklan untuk sebuah drama di surat kabar, Idris Elba mengikuti audisi dan bertemu dengan agen pertamanya saat tampil dalam peran tersebut. Selain itu, pada tahun 1986, ia mulai membantu pamannya dalam bisnis DJ pernikahan dan hanya dalam setahun, dia telah memulai perusahaan DJ-nya sendiri dengan beberapa temannya.

Biografi Idris Elba 2

Dalam kehidupan asmaranya, Idris Elba pernah menikah dua kali namun berakhir di penceraian. Dari pernikahannya itu, ia di anugerahi dua orang anak yaitu Isan Elba dan Winston Elba. Saat menjadi cover untuk sebuah majalah, Idris Elba menegaskan tidak ingin menikah lagi. Namun terakhir kali berita membicarakannya sedang menjalin hubungan bersama Madonna.

Karir
Idris Elba dikenal karena memerankan karakter Stringer Bell, dalam serial HBO berjudul “The Wire”, sebagai DCI John Luther di serial BBC One “Luther”, dan sebagai Nelson Mandela dalam film biografi “Mandela: Long Walk to Freedom” tahun 2013. Dia telah dinominasikan sebanyak empat kali untuk Golden Globe Award dalam kategoru Aktor Terbaik di Miniseri atau Television Film, memenangkan satu, dan dinominasikan lima kali untuk Primetime Emmy Award.

Biografi Idris Elba 3

Idris Elba muncul dalam film karya Ridley Scott berjudul “American Gangster” tahun 2007, “Takers” (2010), “Thor” (2011), “Prometheus” (2012), “Pacific Rim” (2013), “Thor: Dark World” (2013) dan “Beast of the Nation” tahun 2015.

Di film tersebut, ia menerima nominasi BAFTA dan Golden Globe sebagai Aktor Pendukung Terbaik. Pada tahun 2016, Idris Elba menyuarakan sebagai Chief Bogo di “Zootopia”, sebagai Shere Khan di “The Jungle Book”, sebagai Fluke di “Finding Dory” dan memainkan peran sebagai Krall di “Star Trek Beyond”. Dia akan membuat debut sutradaranya dari sebuah adaptasi dari novel tahun 1992 berjudul “Yardie” karya Victor Headley.

Selain karya aktingnya, Idris Elba adalah seorang DJ di bawah naungan DJ Big Driis (atau Big Driis the Londoner) dan seorang musisi hip hop dan soul. Pada tahun 2016 lalu, dia masuk dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =